Latest News

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Anda



Rokok adalah salah satu penyumbang pajak terbesar di Indonesia. Oleh karena itu rokok menjadi komoditas yang sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia menjadi negara ketiga setelah china dan india dalam hal konsumsi rokok. Sekitar 65 juta penduduk indonesia adalah perokok (tahun 2008) dan besar kemungkinan semakin meningkat pada tahun 2013 ini.

Banyaknya iklan rokok di indonesia menjadi salah satu pemicu bertambahnya perokok aktif dan pasif di indonesia. Entah iklan di media cetak, elektronik, maupun dalam bentuk sponsor secara tidak langsung akan membentuk pola pikir yang menggiring bahwa rokok bukanlah suatu hal yang buruk. Jenis-jenis rokok yang ditawarkan pun sangat bervariasi, seperti rokok kretek dan rokok filter.

Tahukah anda tentang bahaya rokok bagi kesehatan Anda? Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahaya nyata rokok bagi kesehatan manusia namun banyak pula yang mengabaikan tentang hal itu. Berikut ini adalah zat-zat yang terkandung dalam rokok dan bahayanya :

1. Nikotin
Nikotin adalah zat adiktif yang terdapat dalam rokok dan cara kerjanya sangat cepat yaitu dalam hitungan        detik. Nikotin adalah pemicu pelepasan dopamin, yaitu semacam unsur kimia pada otak yang berfungsi untuk menciptakan mood dan nafsu makan manusia. sehingga nikotin dapat mengganggu fungsi syaraf otak dan menyumbat pembuluh darah.

2. Tar
Tar adalah hirokarbon yang berbahaya bagi kesehatan manusia, khususnya masalah paru-paru. Zat hirokarbon ini menempel di paru-paru sehingga menyebabkan siapa saja yang menghirupnya menjadi sesak nafas atau nafas pendek.

3. Karbon Monoksida
Karbon monoksida adalah sejenis gas beracun yang berbahaya bagi manusia. karbon monoksida ini biasanya dikeluarkan pada knalpot kendaraan bermotor dan limbah pabrik. jadi betapa bahayanya gas ini bagi kesehatan Anda.

Adapun bahaya rokok bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut ini. 

1.Sesak Nafas
Rokok sangat berbahaya bagi paru-paru karena asap yang ditimbulkan rokok dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas atau sulit bernafas karena suplai oksigen yang kurang. apabila ini terjadi berkelanjutan maka bisa mengakibatkan kematian.

2. Serangan  Jantung dan Stroke
Zat Karbon monoksida yang ada dalam asap rokok yang kita hirup akan menyerap oksigen pada darah manusia, sehingga kolesterol akan menumpuk pada dinding arteri. peristiwa ini dapat menyebabkan Anda terkena seranga jantung dan stroke.

3. Kanker
Bagi para perokok aktif maupun aktif berhati-hatilah karena asap rokok dapat menyebabkan kanker. baik kanker lidah, kanker paru-paru, maupun kanker lambung. Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang masuk ke tubuh manusia akan merusak sel-sel di dalam tubuh dan berubah menjadi sel kanker. 

4. Impotensi / Mandul
Rokok dapat menyebabkan impotensi dan ternyata itu sangat logis. Bagi Anda yang merokok maupun yang menghirup asap rokok dapat terganggu produtivitasnya karena zat-zat berbahaya dalam asap rokok dapat merusak sel sperma dalam tubuh, kanker testis, bahkan juga dapat mengurangi jumlah sperma yang diproduksi. apabila ini terjadi maka bisa mengakibatkan kemandulan / tidak bisa menghasilkan keturunan.

5. Mempercepat penuaan dan merusak kulit
Kulit manusia membuthkan oksigen dan asap rokok dapat mengurangi jumlah oksigen ke kulit. Hal ini menyebabkan seseorang menjadi terlihat lebih tua dan kulit akan rusak (terlihat kusam dan hitam).

6. Kerusakan pada gigi dan tulang
Gigi dan tulang merupakan benda yang padat dan keras. Namun tahuan Anda, ternyata kedua benda tersebut akan lebih cepat rapuh dan keropos apabila terkontaminasi oleh asap rokok. Para perokok biasanya memiliki gigi yang berwarna coklat kekuningan, itu menandakan nikotin dan zat berbahaya lain dalam rokok menempel di gigi dan mempercepat kerusakan gigi. untuk tulang, asap rokok dapat mengakibatkan pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis.

Sekarang, Apakah Anda masih ingin merokok? Tentu jawabannya tidak. Mulailah berhenti merokok dari sekarang. Apabila masih sulit, segeralah datang ke lembaga rehabilitasi untuk mempermudah melepaskan diri dari ketergantungan terhadap rokok. 
Semoga bermanfaat dan salam sehat.!!!