Latest News

Bahaya Angin Malam Bagi Kesehatan

Bahaya Angin Malam Bagi Kesehatan- Bagi anda para remaja yang gemar keluar pada malam hari perlu mengetahui bahwasannya angin malam cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Banyak dari kalangan remaja yang gemar keluar di malam hari hanya untuk sekadar nongkrong (hang out) ataupun ngobrol dengan komunitasnya. Rutinitas yang seperti itu secara tidak sadar akan membahayakan kesehatan anda. Mengapa? Karena menurut berbagai penelitian angin malam sangat berbeda dengan angin di siang hari. Angin malam lebih berpotensi menggangu kesehatan tubuh manusia, baik lewat virus penyakit maupun gangguan pada pernafasan anda. 

Angin malam yang lebih dingin bisa membuat kesehatan anda menjadi menurun, apalagi jika anda tidak menggunakan pelindung ( jaket dan penutup wajah). Namun hal itu sering diabaikan oleh para "kelelawar" dengan alasan karena malam ari adalah waktu yang tepat untuk hang out setelah bekerja di siang hari. Kita tidak bisa memungkiri bahwa pergaulan juga penting untuk kelangsungan hidup kita, karena tanpa pergaulan kita akan merasa sendiri dan terkesan dijauhi oleh teman-teman kita. Meskipun demikian, keluar pada malam hari harus lebih ekstra hati-hati, misalnya dengan jadwal yang tidak terlalu sering ataupun menggunakan jaket pelindung tubuh agar tidak mudah terkena virus. Pada kesempatan kali ini Constiti akan memberikan sedikit informasi tentang Bahaya Angin Malam Bagi Kesehatan.

Berikut adalah bahaya angin malam bagi kesehatan anda :

1. Angin malam dapat memicu penyakit asma (pernafasan)
Hal ini disebabkan karena suhu di malam hari biasanya lebih dingin daripada di siang hari. Dengan begitu pernafasan akan terganggu dengan suhu yang dingin ditambah lagi dengan hembusan angin malam yang dingin pula. Asma dapat menjangkit siapa saja meskipun asma adalah penyakit turunan. Tubuh manusia sangat rentang terhadap cuaca dingin, sehingga bukan tidak mungkin pernafasan anda akan terganggu oleh dinginnya hembusan angin malam.

2. Menyebakan penyakit paru-paru basah
Angin malam yang dingin dapat memicu seseorang terjangkit penyakit paru-paru basah karena di malam hari embun terbawa oleh angin dan jika anda menghirupnya dalam waktu yang berkelanjutan maka anda akan lebih berpotensi terjangkit paru-paru basah. hal itu dikarenakan tingkat kelembababan di malam hari lebih tinggi dibandingkan dengan siang hari. Maka tidak jarang orang-orang yang sering keluar malam lebih mudah sakit dan pucat. Bagi anda yang sudah terjangkit penyakit paru-paru basah atau bronchitis lebih baik anda membatasi dan lebih baik lagi menghindari keluar malam, karena angin malam akan memperparah penyakit anda.

3. Angin malam disukai oleh nyamuk anopheles
Anopheles adalah nyamuk yang menyebabkan orang yang digigitnya akan terjangkit peyakit malaria. Nyamuk ini sangat gemar keluar di malam hari karena angin yang berhembus pada malam hari cenderung dingin sehingga nyamuk anopheles lebih sering keluar di malam hari. Apabila anda hendak keluar malam maka sangat dianjurkan untuk memakai lotion anti nyamuk untuk meminimalisir tergigit oleh nyamuk ini. Selain penyakit malaria, keluar di malam hari akan lebih besar berpotensi terjangkit kaki gajah. Hmmm, ternyata malam hari banyak berkeliaran hewan-hewan berbahaya.

4.Menyebabkan nyeri sendi dan rematik
Bagi anda yang mempunyai keluhan nyeri sendi ada baiknya anda tidak keluar di malam hari. Ya, angin malam dapat menyebabkan nyeri sendi dan rematik karena suhu yang cenderung dingin. Namun apabila anda terpaksa keluar malam jangan samnpai lupa untuk memakai jaket dan penutup tubuh agar terlindung dari dinginnya angin malam.

Berikut ini adalah tips-tips apabila anda keluar di malam hari :
1. Gunakan jaket tebal dan penutup wajah (masker). Hal ini dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit flu dan nyeri sendi.
2. Gunakan lotion anti nyamuk secara menyeluruh. Hal ini akan membantu anda terhindar dari gigitan nyamuk-nyamuk berbahaya seperti anopheles dan kaki gajah.
3. Usahakan menggunakan mobil agar tidak langsung terkena hembusan angin malam. Namun bagi anda yang tidak mempunyai mobil  cukup memakai jaket tebal dan penutup wajah.

Demikian sedikit informasi dari Constiti tentang Bahaya Angin Malam Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat selalu.!!!
Baca juga artikel berikut : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Terlengkap.