Latest News

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat - Bagi anda yang mempunyai keluhan dan masalah dengan jerawat tentu anda harus membaca tips-tips dari Constiti berikut ini. Jerawat muncul akibat dari penyumbatan pada pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya kantung nanah. Oleh karena itu kita sering menjumpai jerawat yang berwarna kekuning-kuningan dan kemerah-merahan. Masa remaja adalah masa yang paling sering mengalami masalah dengan jerawat. Hal ini dikarenakan pada masa remaja mengalami perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.
Kendatipun begitu, ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat, yaitu sebagai berikut :

1. Minyak yang berlebih
Produksi minyak yang terlalu banyak menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit sehingga apabila terdapat bakteri akan menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Bakteri (acne)
Bakteri atau acne adalah bakteri yang gemar berada di pori-pori kulit yang tersumbat karena penumpukan minyak. Bakteri ini akan berkembangbiak dan mengakibatkan iritasi pada kulit dan biasanya kulit akan bengkak. Itulah mengapa jerawat biasanya sakit bila disentuh.

3.Sel kulit mati
Sel kulit mati ternyata juga berperan dalam timbulnya jerawat. Hal ini terjadi apabila sel kulit mati bercampur dengan minyak berlebih dan debu, sehingga akan membentuk sumbatan. Jerawat yang disebabkan oleh sel kulit mati ini tidak hanya terjadi di wajah saja, tetapi bisa juga muncul di lengan dan punggung.

4. Stres
Orang yang sedang dalam masalah biasanya melampiaskan kemarahannya dalam bentuk makan yang banyak dan cenderung berlemak. Hal inilah yang sering dilakukan oleh orang yang sedang stres. Oleh karena itu lemak yang dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Kosmetik
Kosmetik bisa menyebabkan timbulnya jerawat apabila kosmetik tersebut bercampur dengan foundation sehingga menyebabkan sumbatan pada pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi anda harus segera membersihkan kosmetik sesegera mungkin agar tidak menyumbat pori-pori kulit.

6. Telepon seluler (HP)
Hp menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada hp kemudian ditempelkan di kulit. Untuk menghindarinya, usahakan jangan sampai hp menempel di kulit pada saat menggunakan telepon. Atau, bersihkanlah hp dari bakteri dengan menggunakan alkohol secara rutin.
Cara Menghilangkan Jerawat
Untuk menghindari munculnya jerawat anda harus selalu menjaga kebersihan kulit dan menghindari makanan berlemak secara berlebihan, serta mengkonsumsi makanan berserat. Adapun cara menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut :

1. Mentimun
Mentimun sangat baik untuk kulit, karena dalam mentimun mengandung zat yang mampu menyejukkan kulit. Oleh karena itu mentimun dapat mengurangi iritasi pada kulit termasuk jerawat. Cara melakukannya cukup mudah, anda tinggal mengiris mentimun agak tipis kemudian tempelkan pada bagian yang berjerawat. lakukan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Madu
Madu mempunyai manfaat sangat baik bagi kulit. Salah satu manfaatnya adalah madu dapat menghilangkan jerawat pada kulit. Anda tinggal mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat dengan kapas dan diamkan selama 15 menit. Setelah selesai bilas dengan air bersih.

3. Putih telur
Putih telur juga bisa menghilangkan jerawat, caranya adalah dengan mengoleskan putih telur pada jerawat atau bisa juga digunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Pepaya
Buah pepaya diblender kemudian dioleskan pada jerawat. Diamkan selama 20 menit untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Daun pepaya
Daun pepaya yang sudah tua baik untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan memetik daun pepaya tua (berwarna hijau gelap) kemudian dijemur. Setelah dijemur campur daun pepaya dengan sedikit air kemudian ditumbuk. Setelah itu ambil sarinya dan dioleskan pada jerawat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nah, demikian Cara Menghilangkan Jerawat  secara alami. Selain itu jagalah kebersihan diri sendiri dan lingkungan agar kuman dan bakteri tidak berkeliaran di sekitar kita.
Baca juga artikel berikut : Bahaya Angin Malam Bagi Kesehatan.