Latest News

Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus - Mungkin anda sering mendengar tentang diabetes mellitus. Ya, diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang berpotensi menyebabkan kematian. Tetapi tahukah anda tentang penyakit diabetes mellitus? Bagaimana penyakit diabetes mellitus bisa menyerang anda? Berikut ini sedikit ulasan tentang penyakit diabetes mellitus.

Diabetes mellitus berasal dari bahasa Yunani, yaitu "diabetes" yang berarti pancuran dan "mellitus" yang berarti madu atau gula. Jadi diabetes mellitus menganalogikan tentang banyak keluar air seni yang manis karena mengandung gula. Oleh karena itu penyakit ini disebut dengan diabetes mellitus. Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan kenaikan kadar gula di dalam darah yang terjadi karena penurunan produksi dan penurunan kepekaan sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya. Bagi anda yang masih belum memahami, beginilah logika dan analoginya :

Diabetes MellitusPembuluh darah diibaratkan sebagai pipa, glukosa diibaratkan sebagai batu-batuan yang ada di dalam pipa dan harus diantarkan ke dalam sel tabung. Sel tabung diibaratkan sebagai sel tubuh, sedangkan reseptor insulin diibaratkan sebagai corong pengantar batu tersebut. tanpa corong, batu tidak akan bisa masuk ke dalam tabung. Nah, pada kondisi normal pipa akan mengantarkan batu-batuan melalui corong (reseptor insulin). Apabila corong tersebut mengalami gangguan atau kerusakan maka batu-batuan tersebut tidak dapat sampai ke tabung dan mengendap di pipa (pembuluh darah). Apabila keadaan ini berkelanjutan maka akan semakin banyak batu-batuan yang mengendap di dalam pipa.. 

Apabila analogi di atas diterapkan pada manusia, maka dalam keadaan normal glukosa darah dapat diantarkan ke dalam sel melalui reseptor insulin. Namun apabila reseptor insulin mengalami gangguan, maka glukosa darah tidak dapat disampaikan ke dalam sel tubuh dan mengendap pada pembuluh darah. sel-sel tubuh akan merespon hal tersebut dengan mengirimkan tanda bahwa sel belum memperoleh glukosa, sehingga glukosa akan terus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sel. Namun karena glukosa darah tidak dapat masuk ke dalam sel maka lama-kelamaan akan terjadi peningkatan glukosa dalam darah. Dengan demikian maka seseorang dapat terjangkit Diabetes Mellitus

Adapun gejala-gejala Diabetes Mellitus dibagi menjadi dua yaitu gejala utama (gejala klasik) dan gejala penyerta (gejala tidak khas). 
Yang termasuk dalam gejala utama (khas) adalah sebagai berikut.
1. Poliuri ( banyak berkemih). Poliuri terjadi karena banyaknya zat gula dalam darah yang mengganggu proses filtrasi ginjal, frekuensi buang air kecil yang berlebihan pada malam hari, yaitu bisa mencapai 4-6 kali dalam semalam.
2. Polidopsi (banyak minum). Polidopsi ini akan terjadi pada penderita diabetes mellitus, yaitu dengan ciri-ciri penderita akan selalu merasa haus karena banyak berkemih.
3. Polifagi (banyak makan). Para penderita diabetes mellitus akan merasa selalu lapar walaupun sudah makan banyak. Hal ini disebabkan oleh kegagalan zat gula untuk masuk ke dalam sel dan menghasilkan energi.

Sedangkan yang termasuk gejala penyerta (gejala tidak khas) adalah sebagai berikut.
1. Penglihatan kabur.
2. Gatal di kemaluan.
3. Cepat lelah, kurang bertenaga, dan mengantuk.
4. Luka sulit sembuh.
5. kaki sering kesemutan.
6. Penurunan fungsi seksual.
7. Apabila penderita DM melahirkan, maka kondisi bayi yang dilahirkan cenderung besar.
8. Keputihan yang berkepanjangan.

Nah setelah membaca artikel di atas, apakah anda sudah memahami tentang Diabetes Mellitus dan gejala-gejalanya?  Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Mulailah pola hidup sehat dari sekarang, karena penyakit hanya datang apabila kita lengah. Salam sehat.!!!