Latest News

Grup Band Nirvana

Grup Band Nirvana - Bagi anda pecinta musik, mungkin sudah tidak asing lagi dengan grup band nirvana. Ya, nirvana adalah salah satu grup band legendaris yang mendunia dengan beberapa hits dan kontroversinya. Nirvana adalah grup band asal Aberdeen, Washington, Amerika Serikat yang membawa genre grunge sebagai aliran musik yang mereka bawakan. Nirvana digawangi oleh Kurt Cobain (vocal),  Krist Novoselic (bass) dan Dave Grohl (drum). Album pertama nirvana yang dirilis secara profesional berjudul "Nevermind" yang bekerjasama dengan major label DGC pada tahun 1991. Pada album pertama ini, pihak label tidak begitu optimistis untuk bisa menjual lebih dari 250 ribu kopi. Tetapi faktanya tidak demikian, karena di album pertama ini terjual 400 ribu kopi hanya dalam waktu satu minggu saja.

Kesuksesan album pertama tersebut tidak bisa dilepaskan dari peran hits "Smells Like Teen Spirit". Pasalnya hits tersebut sangat meledak di pasaran sehingga mendongkrak angka penjualan kaset. Dengan aliran musik yang dibawa, nirvana mudah diterima oleh orang-orang. Meskipun Nirvana dibentuk di Washington, namun kesuksesan mereka justru didapatkan di Seattle, Amerika Serikat. Pada tahun 1993 atau 2 tahun setelah album Nevermind, Nirvana kembali merilis album yang berjudul "In Utero". Namun sayangnya, album kedua ini tidak semeledak album sebelumnya.

NirvanaNirvana adalah grup band yang sering diexpose oleh media. Bukan hanya karena lagu-lagunya yang hits, namun juga karena tingkah polah sang vokalis Kurt Cobain. Ya, Kurt Cobain yang menjadi icon Nirvana adalah sosk yang kontroversial. Ia adalah seorang pecandu obat-obatan (heroin) yang parah. Saking parahnya, pernah suatu ketika dalam sesi pemotretan ia hanya duduk di kursi tanpa bisa berdiri karena konsumsi obat-obatan. Kurt Cobain yang sempat direhabilitasi akhirnya melarikan diri dan pulang ke rumahnya karena kecanduan yang sudah sangat parah. Pada tanggal 5 April 1994, ia ditemukan tidak bernyawa di ruang tamu rumahnya. Menurut kabar yang beredar, cobain meninggal karena bunuh diri dengan cara menembakkan pistol ke dalam mulutnya. Namun ada juga yang mengindikasikan bahwa ia telah dibunuh oleh Courtney Love vokalis band post punk Hole. Indikasi tersebut muncul setelah ada seseorang yang menggunakan kartu kredit cobain pada saat cobain sudah meninggal.

Terlepas dari kontroversi dan "contoh buruk" cobain, ia adalah seorang yang jenius dan mahir dalam berkarya dalam musik. Terbukti beberapa karyanya menjadi hits dan mendunia. 
 Demikian sedikit info dari kami tentang Grup Band Nirvana. Semoga bisa menambah wawasan Anda dalam dunia musik.