Latest News

Proses Pengolahan Kadar Gula Dalam Tubuh Manusia

Pengolahan Kadar Gula Dalam Tubuh Manusia - Tubuh manusia tersusun dari jutaan sel-sel yang membutuhkan energi untuk hidup. Energi tersebut berasal dari makanan yang kita makan, khususnya dari makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang dikonsumsi tersebut kemudian diolah menjadi gula. Proses pengolahan tersebut disebut dengan metabolisme.

Gula yang dihasilkan dari proses metabolisme tersebut kemudian diserap oleh usus dan masuk ke dalam aliran darah. Namun untuk dapat masuk ke dalam sel, gula membutuhkan zat yang dapat membawanya masuk ke dalam sel. Zat yang berfungsi membawa gula ke dalam sel disebut dengan insulin. Insulin sendiri diproduksi oleh kelenjar pankreas. Sel dalam tubuh manusia mempunyai bagian khusus untuk menerima insulin yang disebut dengan reseptor insulin. Nah, setelah insulin masuk ke dalam reseptor insulin maka terjadilah reaksi kimia yang menyebabkan pintu sel terbuka sehingga glukosa dapat masuk ke dalam sel untukdiubah menjadi energi/tenaga.

Kadar Gula Pada kondisi normal, jumlah insulin dan reseptor insulin cukup dan respon  yang terjadi setelah insulin masuk ke dalam reseptor merupakan respon yang normal dan diharapkan. Pada keadaan ini, jumlah produksi insulin dan kepekaan reseptor adalah normal. Setelah Anda makan, maka pankreas akan mendeteksi kenaikan kadar gula dalam darah, yang akan menyebabkan meningkatnya produksi insulin.

Sebagian dari glukosa yang berada di dalam aliran darah akan tersimpan di hati dan kemudian akan dilepaskan pada saat tubuh tidak mendapatkan makanan. Tubuh membutuhkan insulin dalam kadar rendah untuk dapat mempertahankan keseimbangan glukosa darah saat terjadi pelepasan glukosa oleh hati. Dan apabila itu tidak berjalan baik maka kadar glukosa darah akan meningkat yang pada akhirnya menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes mellitus. Demikian  Pengolahan Kadar Gula Dalam Tubuh Manusia.

Nah, apakah anda sudah memahami proses pengolahan kadar gula dalam tubuh setelah membaca artikel tersebut? Semoga dengan membaca artikel tersebut dapat menambah wawasan anda. Salam sehat.!!!
Baca juga artikel berikut : Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Anda