Latest News

Salat Itu Sehat

Salat Itu Sehat - Salat merupakan gerakan yang diawali dengan salam dan diakhiri salam untuk berdoa kepada Allah SWT. Salat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim dan tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apa pun. Meskipun dalam keadaan sakit seorang muslim harus tetap melaksanakan salat lima waktu. Barang siapa yang mennggalkannya maka ia akan mendapatkan dosa. Bagi anda yang beragama islam dan rutin melaksanakan salat lima waktu serta salat-salat sunah lainnya, berbahagialah karena selain anda mendapatkan pahala dari Allah SWT anda juga akan memperoleh nikmat dunia yaitu berupa kesehatan. Itu artinya selain salat itu baik, salat itu sehat. 

Salat Itu SehatSalat mempunyai gerakan yang unik dan tidak biasa. Namun perlu anda ketahui bahwa setiap gerakan salat masing-masing mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Misalnya, melancarkan peredaran darah, mencegah keungkukan, melancarkan metabolisme, dan lain-lain. Menurut berbagai penelitian ilmiah, bahwa gerakan salat yang benar ternyata menyehatkan lho. Dari gerakan awal salat sampai akhir adalah gerakan-gerakan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Selain salat puasa juga baik bagi kesehatan terutama lambung. 


Pada kesempatan ini Constiti akan memberikan informasi tentang manfaat gerakan-gerakan salat bagi kesehatan.

1. Takbiratul Ihram
Gerakan takbiratul ihram dalam salat adalah mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan telinga kemudian menyedekapkan di bawah dada. Dari geakan tersebut manfaatnya bagi kesehatan adalah melancarkan aliran darah, melancarkan getah bening serta melatih kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan otot bahu meregang sehingga aliran darah menjadi lancar. Sedangkan saat tangan bersedekap di bawah dada maka akan mengurangi risiko gangguan persendian, khususnya bagian atas.

2. Rukuk
Rukuk adalah gerakan salat kedua yang mana kedua tangan berpegang pada lutut sedangkan punggung dan kepala lurus ke depan. Salah satu tanda rukuk yang benar adalah tulang punggung harus lurus, sehingga apabila di atas punggung ditaruh gelas maka gelas tersebut tidak akan miring atau tumpah. Dalam gerakan rukuk ini manfaatnya bagi kesehatan adalah tulang belakang menjadi lurus dan melatih fungsi tulang belakang sebagai penopang tubuh dan pusat syarat manusia. Kepala dan jantung dalam keadaan sejajar membuat darah mengalir ke arah tubuh bagian tengah dengan maksimal dan lancar. Kandung kemih juga akan terlatih dan mampu menghindari penyakit prostat. Sedangkan kedua tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi untuk melatih relaksasi otot lengan. 

3. Iktidal
Iktidal adalah mengangkat kedua tangan lalu turun sejajar. Posisi badan berdiri lurus memberikan manfaat bagi pencernaan manusia, karena organ-organ dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Dengan begitu pencernaan kita akan lebih lancar.

4. Sujud
Sujud adalah gerakan menungging dimana ujung kaki, lutut, kedua telapak tangan, hidung, dan dahi menempel pada lantai. Gerakan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, karena gerakan ini akan mampu memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Bukan hanya itu, posisi jantung yang berada di atas otak membuat aliran darah mengalir lancar ke otak sehingga akan berpengaruh positif bagi kerja otak. Sujud juga mampu menghindarkan diri dari gangguan penyakit wasir. Untuk perempuan, gerakan sujud yang benar akan membantu kesuburan dan kesehatan organ vital.
Sujud bila dilakukan secara kontinyu akan membantu pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Posisi jantung yang berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan begitu kecerdasan otak akan semakin terasah baik.
Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidak akan memasuki urat syaraf di dalam otak kecuali ketika seseorang sujud dalam salat. Urat syaraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu salat. Masih banyak sekali kebaikan dan manfaat gerakan sujud bagi kita, terutama untuk organ-organ tubuh bagian tengah dan perut. Sujud dapat meningkatkan kesuburan alat reproduksi dan kesehatan organ-organ penting dalam tubuh.

5. Duduk di antara dua sujud
Duduk di antara dua sujud dibedakan menjadi dua maam, yaitu duduk iftirosy (tahiyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyat akhir). Pada duduk iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang berhubungan dengan syaraf nervus lsciadius. Posisi ini membantu anda terhindar dari penyakit nyeri paha yang biasanya menyebabkan orang tidak bisa berjalan. Sedangkan dalam gerakan duduk tawarruk, sangat bermanfaat bagi kesehatan organ dalam pria. Dalam posisi tawarruk, tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostat), dan saluran vas deferens. Posisi telapak kaki pada duduk iftirosy dan tawarruk membuat seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita. Bagi kaum pria, gerakan ini dapat mencegah impotensi.

6. Salam
Salam adalah gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaat dari gerakan ini adalah membuat aliran darah ke kepala dan otak menjadi lancar sehingga mampu mencegah sakit kepala dan mampu mengencangkan kulit wajah. Hmmm, ternyata gerakan-gerakan dalam salat sangat baik bagi kesehatan manusia ya.

Nah, sudah tahukan apa saja manfaat gerakan-gerakan dalam salat? Di balik kewajiban dan banyaknya pahala yang kita terima ternyata kesehatan juga menjadi salah satu tujuan dari salat. Bagi anda yang muslim jangan sampai anda meninggalkan dunia, karena anda akan merugi di akhirat dan dunia nyata. Semoga artikel dari Constiti ini menambag wawasan anda dan bermanfaat bagi semua. Salam sehat dari selalu.!!!
Baca juga artikel berikut : Bahaya Celana Ketat Bagi Kesehatan.