Latest News

Tipe-Tipe Diabetes Mellitus

Tipe-Tipe Diabetes Mellitus - Masyarakat indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya tentu telah mengenal penyakit diabetes mellitus. Penyakit ini adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian kepada diri seseorang. Diabetes mellitus atau sering dikenal dengan kencing manis ternyata bukan hanya satu tipe saja, tetapi terdiri dari beberapa tipe / golongan. Tahukah anda apa saja tipe diabetes mellitus? Constiti akan menjelaskan tentang berbagai tipe diabetes mellitus. 

Tipe-Tipe Diabetes Mellitus
Berikut adalah Tipe-Tipe Diabetes Mellitus :
1. DM Tipe 1
Diabetes mellitus tipe 1 ini terjadi radang pada kelenjar pankreas yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah virus. Pada tipe ini sel beta pankreas mengalami kerusakan dikarenakan reaksi autoimun. Oleh karena kerusakan tersebut pankreas gagal untuk menghasilkan hormon insulin. Inilah alasan mengapa diabetes mellitus tipe ini disebut dengan " Diabetes mellitus tergantung Insulin ataua dalam bahasa inggris disebut IDDM ( Insulin Dependent Diabetes Mellitus). Biasanya, DM tipe 1 ini terjadi pada anak-anak dan remaja.

2. DM Tipe 2
DM tipe 2 ini terjadi dengan beberapa tahapan berikut : 
- Fase Pertama : sel tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin sehingga dibutuhkan lebih banyak insulin untuk dapat memasukkan glukosa ke dalam sel. Kondisi ini kemudian dikenal dengan sebutan "Resistensi Insulin." Dengan keadaan seperti itu, maka pankreas akan dipacu untuk bekerja lebih keras dalam mengeluarkan insulin. Nah, pada kondisi ini kadar insulin dalam darah akan mengalami peningkatan sampai tiga kali lipat dari keadaan normal. DM tipe ini disebut juga dengan "Hiperinsulinemia."
- Fase Kedua : Pada fase ini kadar insulin tinggi namun belum tentu kadar glukosa darah ikut tinggi. Seiring dengan ketidakpekaan sel terhadap insulin yang bertambah parah, sebagian orang akan berhasil untuk meningkatkan produksi insulin sehingga kadar gula darah akan tetap normal. Namun orang yang memiliki keterbatasan pankreas akan mengalami keterbatasan dalam produksi insulin, biasanya disebabkan oleh faktor usia. Pankreas akan terlambat mengeluarkan insulin saat makan, sehingga kadar glukosa darah setelah makan akan meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai Toleransi Glukosa Terganggu (TGT). Pada fase ini penderita biasanya akan mengalami kenaikan berat badan seiring dengan bertambahnya usia. Untuk itu bagi anda penderita maupun yang tidak menderita DM disarankan untuk melakukan pola hidup sehat, baik dalam konsumsi maupun kegiatan.
- Fase Ketiga : Pada fase ini kadar glukosa darah hampir selalu tinggi karena kondisi resistensi insulin yang semakin parah, atau produksi insulin pankreas yang berkurang. Pada saat inilah diagnosis tipe 2 dapat ditegakkan melalui pemeriksaan penunjang laboratorium. Biasanya keluhan yang muncul tidak terlalu dihiraukan oleh penderita sampai terjadi komplikasi.

3. DM Tipe Lain
Tipe ini berhubungan dengan kelainan genetik pada sel beta pankreas, defek genetik dari kerja insulin, penyakit eksokrin pankreas, kelainan hormonal, akibat obatn-obatan, infeksi, akibat imunologi, dan lain sebagainya.

4. DM Kehamilan
DM ini terjadi ketika penderita sedang hamil. DM tipe ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan kehamilan. DM tipe ini berisiko terhadap perkembangan janin yang sedang dikandung oleh seorang ibu. Dalam proses persalinan disarankan kepada penderita agar bersalin dengan seksio sesaria (cesar). Faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah usia ibu yang hamil di atas 30 tahun, obesitas, mempunyai riwayat keturunan DM dalam keluarga, riwayat keguguran berulang.

Setelah membaca artikel tentang Tipe-Tipe Diabetes Mellitus di atas maka biasakanlah pola hidup sehat setiap hari agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengintai kita. Penyakit bisa dihindari dengan kehati-hatian dan pola hidup sehat. 

Demikian sedikit informasi dari Constiti tentang Tipe-Tipe Diabetes Mellitus. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat selalu.!!!
Baca juga artikel berikut : Cara Diet Sehat Dan Alami.