Latest News

CARA TERBAIK MENGHILANGKAN MUAL SAAT HAMIL

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil - Saat seorang ibu sedang hamil, maka ia tidak hanya membutuhkan nutrisi untuk dirinya sendiri, tetapi juga nutrisi untuk janin yang dikandungnya. Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil lebih banyak karena janin dalam kandungan juga sangat membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan tumbuh normal. Itulah sebabnya wanita yang hamil "diwajibkan" untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya dan mencukupi kebutuhan nutrisi. 

Tetapi bagaimana jika ibu yang hamil justru mual atau bahkan muntah saat melihat makanan? Belum memakannya saja sudah muntah, apalagi memakannya. Inilah yang harus menjadi perhatian khusus, karena jika anda sedang hamil dan tidak mau makan, maka secara otomatis janin dalam kandungannya juga akan kekurangan nutrisi. 

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

Rasa mual dan muntah memang wajar dialami oleh ibu yang sedang hamil muda, yaitu pada trisemester awal (1-3 bulan kehamilan awal) yang dikarenakan meningkatnya hormon estrogen. Jika ibu hamil sudah merasakan mual biasanya dibarengi dengan pusing, dan hal yang paling diinginkan adalah istirahat / tiduran saja dan tidak ingin melakukan aktivitas lain, karena memang tubuh akan menjadi lemas dan lelah. Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus maka anda dan calon bayi anda akan kekurangan nutrisi. Selain itu pekerjaan yang seharusnya bisa anda kerjakan menjadi terbengkalai. Pada kesempatan ini kami akan memberikan solusi untuk menghilangkan rasa mual saat hamil yaitu sebagai berikut :

1. Olahraga ringan
Anda sering menjumpai wanita yang sedang hamil biasanya gemar jalan-jalan di pagi dan sore hari. Ternyata aktivitas itu sangat penting karena selain baik bagi kesehatan anda dan janin, juga bisa menghindari rasa mual. Untuk itu lakukanlah olahraga ringan secara rutin khususnya saat masa kehamilan untuk menjaga kondisi fisik anda agar selalu sehat dan bugar.

2. Konsumsi buah-buahan dingin
Buah-buahan sangat baik bagi kesehatan anda dan janin dalam perut, karena mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Selain itu, buah-buahan yang dingin juga dapat menghilangkan rasa mual saat hamil. Simpanlah buah-buahan segar di dalam lemari es agar tetap dingin. Nah, jika anda merasa mual secara tiba-tiba maka cobalah untuk memakan buah-buahan yang dingin. Yang harus diingat adalah jangan sampai anda makan buah-buahan yang dilarang saat hamil, seperti nanas, anggur, pepaya, durian, dan lain-lain. Konsumsilah buah lain yang aman, misalnya jeruk, mangga, apel agar janin anda tetap sehat.

3. Akupuntur dan akupresur
Kedua metode ini pada dasarnya bertujuan untuk menstimulasi titik-titik tertentu dalam tubuh hingga mengenai sistem syaraf. Bagi ibu hamil yang sering mual, anda bisa mencoba terapi ini untuk menghilangkan rasa mual tersebut. Hanya saja anda harus benar-benar teliti untuk memilih klinik akupuntur yang terpercaya agar tidak membahayakan anda dan janin dalam kandungan. 

4. Konsumsi jahe
Jahe adalah salah satu obat tradisional yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk menghilangkan rasa mual saat hamil. Anda bisa mencampurkan jahe dalam segelas teh untuk menambah kenikmatan. Rasa hangat dari jahe akan menghilangkan rasa mual sedikti demi sedikit, tetapi jangan sampai anda mengkonsumsi jahe secara berlebihan. Sedikit jahe saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa mual.

5. Berada di ruangan yang dingin
Ibu hamil biasanya akan mudah gerah karena suhu tubuh meningkat, maka tidak heran jika banyak ibu hamil yang mengeluh karena panas. Di saat tubuh terasa panas maka rasa mual lebih mudah datang, sehingga panas dalam tubuh akan semakin meningkat dan memperburuk kondisi ibu hamil. Sebagai solusi, anda bisa tinggal / istirahat di tempat yang dingin agar suhu tubuh tetap seimbang. Jika anda tidak menemukan tempat yang dingin, anda bisa menggunakan kipas angin untuk mendinginkan suhu tubuh anda. 

Rasa mual memang sering menyebabkan ibu hamil menjadi malas dan lemas, dan menghalangi anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi. Maka dari itu hilangkanlah dengan melakukan beberapa tips di atas agar anda terhindar dari rasa mual. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.

Bagi anda yang tidak hamil tetapi juga mengalami perut kembung, mual, dan begah, anda bisa menggunakan Bantal Kesehatan Surya Medya yang mengandung rempah-rempah alami. Sangat cocok untuk menghilangkan perut kembung, mual, pegal-pegal, linu, nyeri sendi, sakit gigi, dan masih banyak lagi manfaatnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat Bantal Kesehatan Surya Medya, silakan anda membacanya di sini.