Latest News

Cara Menghindari Radiasi HP Terlengkap

Cara Menghindari Radiasi HP Terlengkap -  Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang bahaya radiasi hp, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara menghindarinya. Di zaman modern seperti ini penggunaan ponsel / hp sudah sangat lazim bagi sebagian besar orang. Kebutuhan akan komunikasi dan interaksi dengan keluarga dan teman-teman membuat kita harus memiliki hp agar menjadi mudah dan tidak terpengaruh oleh jarak yang jauh. Bahkan saat ini anak kecil sudah sangat mahir menggunakan ponsel yang dari waktu ke waktu semakin canggih dan dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang canggih pula. Jika bagi remaja sampai dewasa, umumnya menggunakan hp untuk berkomunikasi dan bekerja, maka bagi anak-anak hanya biasanya sekadar untuk memainkan game dalam hp.

Cara Menghindari Radiasi HP

Anda tentu telah mengetahui bahwa hp dapat menimbulkan radiasi dan membahayakan kesehatan manusia, khususnya organ-organ vital seperti otak atau alat reproduksi. Untuk itu dibutuhkan perhatian dan cara untuk mengurangi dan menghindari radiasi, dan itu bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah. Untuk mengetahui  apa saja tindakan untuk mengurangi radiasi hp bagi kesehatan anda, simaklah artikel tentang cara menghindari radiasi hp berikut ini :

1. Biasakan untuk tidak menaruh hp menempel pada tubuh
Anda sering melihat orang yang mengantongi hp di saku celana atau di saku baju, atau mungkin anda juga demikian. Untuk kebaikan anda, biasakanlah tidak menaruh hp menempel pada anggota tubuh untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan hp anda. Jika anda sedang bekerja di kantor, anda bisa meletakkan hp di meja atau rak, jika anda sedang di jalan anda bisa menaruh hp di tas bagian  terluar yang tidak terlalu dekat dengan tubuh anda. Jangan menaruh hp di saku celana atau saku baju yang menempel dengan tubuh anda, karena radiasinya akan semakin besar.

2. Gunakan handset atau loudspeaker pada saat telepon
Pada umumnya orang yang sedang menelepon menempelkan hp di telinga agar mendengar suara dengan jelas. Tetapi untuk kebaikan anda, biasakanlah ketika menelepon atau menerima telepon anda menggunakan handset atau loudspeaker. Tujuannya adalah agar hp tidak terlalu dekat dengan tubuh anda, karena pada saat telepon tingkat radiasinya semakin besar karena hp akan mencari sinyal agar bisa terhubung dengan operator. Jika anda menggunakan handset atau loudspeaker anda bisa menaruh hp di meja yang jauh dari anda, sehingga mengurangi tingkat radiasi kepada anda.  

3. Jangan menelepon terlalu lama
Pada saat anda menelepon atau menerima telepon, radiasi hp akan semakin besar. Maka dari itu usahakan anda tidak menelepon terlalu lama, karena apabila anda terlalu lama biasanya hp akan menjadi hangat / panas. Untuk itu jika anda menelepon atau menerima telepon usahakan tidak lebih dari 15 menit, tetapi apabila sangat penting anda bisa menggunakan handset atau loudspeaker. 

4. Hindari penggunaan bluetooth terlalu sering
Bluetooth dalam hp biasanya dipakai untuk memindah atau memberikan data dari hp satu ke hp yang lain. Namun ternyata bluetooth juga bisa menyebabkan radiasi bagi tubuh anda. Lebih baik, jika anda ingin meminta atau memberi data dari hp anda menggunakan perangkat komputer atau laptop melalui cardreader/ kabel data. 

5. Menggunakan hp dengan RF Specific Absorption Rate atau SAR rendah di bawah 1,6 watt/kg
Tingkat penyerapan spesifik (SAR) adalah ukuran tingkat dimana energi yang diserap oleh tubuh saat terkena frekuensi radio (RF) medan elektromagnetik , meskipun, itu juga dapat merujuk kepada penyerapan bentuk energi lainnya oleh jaringan, termasuk USG . Untuk itu lebih baik anda menggunakan hp dengan RF Specific Absorption Rate atau SAR di bawah 1,6 watt/kg untuk mengurangi tingkat radiasinya terhadap anda. 

Menggunakan hp secara terus-menerus dapat mengakibatkan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan anda dan baru anda sadari dampaknya setelah terjadi. Untuk itu anda harus mengantisipasinya salah satunya dengan cara-cara di atas, agar tubuh tetap sehat dan mengurangi radiasi hp yang anda gunakan.

Demikian sedikit informasi dari kami mengenai Cara Menghindari Radiasi HP. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel kami.
Baca juga artikel berikut : Gejala Autisme.