Latest News

Cara Sehat Membersihkan Telinga Terlengkap

Cara Sehat Membersihkan Telinga Terlengkap - Telinga merupakan salah satu dari panca indra manusia selain mata, lidah, hidung, dan kulit. telinga menjadi alat utama untuk mendengarkan bunyi dan suara yang ada di sekitar kita. Telinga mempunyai bentuk yang kaku dan organ di dalam telinga disebut dengan gendang telinga. Telinga mempunyai tingkat sensitivitas yang tinggi, itu artinya telinga mudah rusak dan dapat mengganggu pendengaran anda. Telinga sebagai alat indra utama wajib anda jaga dengan baik, misalnya dengan menjaga kebersihan telinga. Tetapi sekali lagi anda harus berhati-hati dalam membersihakan telinga. 

Banyak orang telah merwat telinga mereka dengan cara dibersihkan dari kotoran yang biasanya berwarna coklat. Kotoran yang berwarna coklat tersebut pada dasarnya adalah hasil dari debu yang masuk ke dalam telinga dan telah disaring oleh telinga itu sendiri. Oleh karena itu kita hanya boleh membersihkan telinga bagian luarnya saja. namun demikian, masih banyak orang yang membersihkan telinga dengan alat-alat yang keras dan tidak steril, seperti peniti, pentol korek dan lain-lain. Hal semacam itu bisa mengakibatkan kerusakan pada telinga dan menyebabkan infeksi atau bengkak sehingga kinerja pendengaran telinga akan terganggu. Memang terkadang telinga akan terasa gatal, namun anda tidak boleh mengunakan benda-benda keras untuk membersihkannya. Mengorek telinga terlalu dalam dan menggunakan benda keras bisa mengakibatkan pembengkakan, infeksi, dan merusak gendang telinga.



Nah, untuk membersihkan telinga dengan benar dan sehat, ikutilah tips-tips dari Constiti berikut ini :

1. Gunakan Cutton Bud yang bersih
Cutton bud adalah salah satu alat pembersih telinga yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang, mengingat sangat mudah sekali mendapatkannya. Cutton bud banyak di jual di toko-toko dan perlengkapan bayi. Namun demikian, dianjurkan untuk menggunakan cutton bud yang berdiameter kecil dengan tujuan agar tidak menekan telinga terlalu kuat. Para dokter THT ( Telinga Hidung dan Tenggorokan) menyarankan agar memilih cutton bud yang lapisan kapasnya kuat dan merekat. Hal ini bertujuan agar kapas tidak tertinggal di dalam telinga. Selain itu, sebelum menggunakan cutton bud periksalah terlebih dahulu apakah cutton bud tersebut steril dan bersih. 

2. Gunakan Air Hangat
Air hangat bisa digunakan untuk membersihkan telinga. Caranya adalah gunakan kapas lembut kemudian celupkan ke dalam air hangat tersebut lalu diperas kemudian diplintir sampai mengerucut. Setelah itu masukkan kapas itu ke dalam telinga namun jangan terlalu dalam. Bersihkanlah telinga hanya sebatas luarnya saja, tidak boleh dalam-dalam apalagi sampai menyentuh gendang telinga.

3. Gunakan Baby Oil
Baby oil dibuat untuk bayi, namun bisa juga digunakan sebagai alat pembersih telinga. Baby oil tidak terlalu panas sehingga diperbolehkan untuk digunakan sebagai pembersih telinga. Caranya cukup mudah, sebelum anda tidur malam teteskan baby oil ke dalam telinga sebanyak 2 tetes kemudian diamkan sampai anda bangun tidur di pagi hari. Segera bersihkan telinga anda dengan menggunakan cutton bud di bagian lubang telinga luar. Baby oil bisa mengurai kotoran di dalam telinga. 

4. Tidak boleh membersihkan telinga terlalu dalam
Tembersihkan telinga dengan cutton bud sekalipun masih berisiko apabila anda mengorek teling sampai bagian yang terlalu dalam. Salah satu indikasi mengorek terlalu dalam adalah anda akan merasa geli dan batuk-batuk. Membersihkan telinga terlalu dalam dapat mengurangi pendengaran dan berpotensi menyebabkan tuli. 

5. Jangan terlalu sering membersihkan telinga
Telinga adalah indar yang sangat sensitif, sehingga anda tidak boleh membersihkannya terlalu sering. Frekwensi membersihkan telinga yang ideal adalah 1-2 kali seminggu, itu pun dengan catatan anda terganggu dengan kotoran atau gatal di telinga. Jadi selama anda tidak merasakan gatal atau berkurang pendengarannya      maka anda tidak perlu membersihkan telinga. 

Demikian sedikit informasi dari Constiti tentang Cara Sehat Membersihkan Telinga Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan tetap sehat. 
Baca juga artikel berikut : Salat Itu Sehat.