Latest News

Cara Sehat Mengecilkan Perut Terlengkap

Cara Sehat Mengecilkan Perut Terlengkap - Perut buncit bisa jadi mengurangi rasa percaya diri setiap orang. Perut yang tidak atletis ini sering dialami oleh kebanyakan orang yang kurang berolahraga dan pola makan yang tidak teratur. Apalagi bagi anda seorang wanita, tentunya perut buncit menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Perut buncit akan membuat anda kesulitan dalam mengenakan pakaian, terutama celana. Perut menjadi salah satu bagian yang banyak menumpuk lemak, sehingga perut buncit lebih berpotensi terkena serangan penyakit. Lemak yang menumpuk di lingkar perut selain membuat tidak nyaman juga menjadi sarang penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda. 

Bagi anda kaum pria, perut yang buncit akan mengurangi penampilan anda di depan para wanita. Karena menurut berbagai penelitian, wanita lebih menyukai pria dengan bentuk badan yang atletis dan sixpacks. Anda bisa melihat orang-orang yang berbadan atletis dan perut sixpacks lebih pede dalam berpenampilan dan beraktivitas atau sekadar memperlihatkan bentuk tubuhnya. Mengecilkan perut mungkin adalah hal yang cukup sulit, tetapi asalkan ada kemauan dan niat yang kuat maka akan menjadi mudah. 


Nah, bagi anda yang memiliki masalah dengan perut yang buncit atau lemak yang menumpuk di lingkar perut, ikutilah tips-tips mengecilkan perut dari Constiti berikut ini :

1. Olahraga teratur
Olahraga merupakan kewajiban bagi anda yang ingin mengecilkan perut. Olahraga dilakukan untuk mendorong cairan yang ada dalam perut agar keluar melalui keringat atau melalui urine. Cairan dalam perut bisa menyebabkan penggelembungan perut sehingga anda wajib berolahraga untuk menguangi cairan tersebut. Olahraga yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut adalah joging atau lari-lari kecil. Joging bisa anda lakukan secara rutin di pagi dan sore hari. Cara ini cukup efektif untuk mengeluarkan cairan dalam perut melalui keringat. Anda juga bisa melakukan sit up setiap pagi dan sore secara rutin. Sit up dilakukan secara bertahap, artinya untuk pemula cukup dengan sit up 5-10 kali setiap pagi dan sore dan diperbanyak hitungannya dari hari ke hari. Sit up sangat baik untuk membentuk otot perut agar perut kencang dan mengurangi lemak. Bagi anda yang mempunyai alat treadmill, anda cukup melakukannya setiap pagi dan sore. Olahraga-olahraga tersebut tidak banyak membutuhkan waktu. Asal ada kemauan yang kuat maka semua akan menjadi mudah.

2.Mengatur pola makan
Pola makan yang teratur sangat dianjurkan bagi anda yang ingin mengecilkan perut. Makanan yang dianjurkan bagi anda yang sedang dalam proses mengecilkan perut adalah makanan yang rendah kalori dan lemak. Perbanyaklah makanan yang mengandung serat dan nutrisi agar tidak cepat lapar. 
Berikut adalah porsi makan yang tepat agar perut tidak buncit :
a. Sarapan pagi sebanyak 200 kalori. Untuk mencukupi kalori tersebut anda bisa makan sepotong roti panggang + sedikit selai + satu butir telur dadar + setengah gelas air susu.

b. Makan siang sebanyak 400 kalori. Nah, untuk mencukupi kebutuhan  kalori tersebut anda bisa makan nasi dengan separuh porsi dari biasanya. Namun apabila 2-3 jam kemudian anda merasa lapar maka jangan makan nasi lagi, tetapi cukup dengan makan buah-buahan untuk menunda rasa lapar.

c. Makan malam sebanyak 400 kalori. Sama halnya dengan makan siang, makan malam anda sebaiknya separuh dari porsi makan besar. Hal ini untuk menghindari penumpukan lemak yang dapat membuat perut buncit. Namun yang wajib diketahui adalah, makan malam sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum anda tidur. Jadi misalnya anda tidur pada jam 11, maka waktu makan malam anda adalah paling lambat jam 8 malam. Hal ini dimaksudkan agar lemak tidak menumpuk saat anda tidur, karena lemak yang menumpuk dalam waktu yang cukup lama sangat berpotensi menimbulkan penyakit dan penggelembungan perut. 

3. Minum air putih yang banyak
Air putih sangat baik bagi kelancaran metabolisme anda, sehingga anda harus minum air putih setiap hari setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Air putih dapat mencairkan sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Dengan minum air putih yang banyak akan membuat empedu bekerja dengan lancar untuk membuang sampah dalam tubuh anda. Bagi anda yang diet, jangan sampai menghindari minum air putih, karena air putih berfungsi untuk membantu proses pencernaan. 

4. Kurangi konsumsi garam
Garam apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat memperlambat proses pencernaan. Garam biasanya terdapat dalam makanan yang kita konsumsi, untuk itu pilihlah makanan yang tidak terlalu asin.

5. Makan dengan pelan-pelan
Makan dengan perlahan dengan dikunyah akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh perut anda. Sebaliknya, jika anda makan dengan cepat maka akan ada udara yang tertahan dalam usus sehingga menjadi gas dan mengakibatkan penggelembungan pada perut. Selain itu, makan terlalu cepat dan tidak dikunyah secara baik akan membuat makanan tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang menghasilkan gas dalam perut. Gas yang terlalu banyak dalam perut akan membuat buncit. Makan sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan dilakukan dengan cara duduk. 

6. Hindari minum alkohol
Alkohol akan menghambat proses oksidasi lemak dalam tubuh. Hal ini menyebabkan proses pembakaran kalori dari lemak dan gula terhambat. Alkohol apabila masuk ke dalam tubuh maka akan menjadi zat asetat dan tubuh akan mendahulukan membakar asetat tersebut daripada zat lainnya. Kesimpulannya, alkohol dapat memperlambat proses pencernaan  yang menyebabkan perut menjadi buncit.

7. Berpuasa dan istirahat teratur
Berpuasa atau tidak makan selama setengah hari ( dari pagi sampai petang) sangat membantu anda untuk mengecilkan perut. Logikanya adalah nutrisi dan lemak dalam tubuh akan dijadikan sebagai tenaga ketika anda tidak makan. Istirahat teratur juga berperan dalam mengecilkan perut, karena dengan istirahat teratur maka metabolisme tubuh juga akan teratur dalam membakar lemak.

Demikian adalah Cara Sehat Mengecilkan Perut Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Bagi anda yang ingin mengecilkan perut, silahkan mencoba untuk medapatkan hasil yang maksimal.
Baca juga artikel berikut : Cara Begadang Sehat Terlengkap.