Latest News

Inggris Lecehkan Indonesia?

Inggris Lecehkan Indonesia? - Pemerintah Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dibuat kaget dengan berdirinya Kantor Perwakilan Papua Merdeka di inggris, tepatnya di Oxford. Berita ini bukan isapan jempol belaka, tetapi memang ini adalah kenyataan. Pada hari minggu tanggal 28 april 2013 Benny Wenda selaku koordinator Free West Papua Campaign (FWPC), Moh Niaz Abbasi (Walikota Oxford), Andrew Smith (Anggota Parlemen Inggris), dan Elise Benjamin (Mantan Walikota Oxford) secara resmi telah membuka kantor perwakilan papua merdeka di Oxford. Hal ini tentu menjadi pukulan telak bagi Indonesia, pasalnya papua sampai saat ini masih masuk dalam teritori Indonesia. Atas kejadian ini, Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI) menganggap bahwa diplomasi politik pemerintah indonesia di kancah internasional sangat lemah khususnya dalam kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM). Sikap lemah inilah yang membuat Benny Wenda cs bergerak leluasa di luar yang pada akhirnya berhasil mendirikan dan meresmikan kantor perwakilan papua merdeka. Kaitannya dengan sikap inggris yang ikut membantu benny wenda cs, inggris  dianggap telah melecehkan kedaulatan dan keutuhan NKRI. 

Inggris Lecehkan Indonesia?
Seperti yang kita ketahui bahwa OPM adalah gerakan separatis yang menginginkan papua melepaskan diri dari indonesia dan membentuk negara sendiri. Kejadian ini sungguh sangat memalukan pemerintah indonesia, pasalnya papua masih menjadi wilayah indonesia, dan indonesia adalah negara merdeka dan berdaulat. Dalam sebuah wawancara, Benny Wenda mengungkapkan kepuasannya yang telah berhasil mendirikan kantor perwakilan papua merdeka di oxford. “Kami sangat senang karena telah resmi membuka kantor perwakilan Papua Merdeka di Oxford. Ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan kampanye,” ujar benny wenda dalam situs FWPC. Benny juga mengungkapkan bahwa ia berharap akan terjalin kerjasama yang semakin kuat antara kantor perwakilan papua merdeka di inggris dengan kantor-kantor perwakilan lain, terutama yang ada di Port Moresby (Ibukota Papua Nugini). 

Anggota parlemen inggris, Andrew Smith juga menyatakan mendukung perjuangan papua merdeka melalui parlemen internasional. Dukungan tersebut tercermin ketika Smith memotong pita peresmian kantor perweakilan papua merdeka. Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI) lebih menitikberatkan pada lemahnya diplomasi pemerintah indonesia di kancah internasional atas gerakan papua merdeka ini. Bahkan karena lemahnya diplomasi pemerintah indonesia ini, benny wenda melalui International Parliamentarian for West Papua, International Lawyer for West Papua, dan juga Forum Melanesia yang didukung Vanuatu telah lebih jau menjalin kerjasama dengan pemerintah inggris di oxford. Saat ini gerakan papua merdeka telah banyak mendapat dukungan dari dunia internasional atas usaha kampanye yang dilakukan oleh para penggagas OPM, seperti Tentara Pembebasan Nasional OPM pimpinan Goliath Tabuni, Komite Nasional Papua Barat. Di antara negara yang mendukung gerakan ini adalah Papua Nugini, Vanuatu, dan beberapa politisi dari inggris, australia, dan selandia baru. 

Pemerintah indonesia diharapkan dapat segera menyelesaikan kasus ini dengan diplomasi yang lebih ofensif dan bijak. Selama ini pemerintah indonesia terkesan lembek dalam hal diplomasi internasional. Apabila pemerintah indonesia masih mempertahankan diplomasi yang lemah ini, maka bukan tidak mungkin akan ada papua merdeka-papua merdeka lain yang akan semakin menyulitkan pemerintah indonesia sendiri. Dalam kasus papua merdeka ini, indonesia harus bersikap tegas dan keras agar dapat mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI. 

Kita sebagai warga negara indonesia hendaknya selalu menjaga kedaulatan NKRI dan mencegah segala bentuk separatisme. Yang pasti pemerintah harus segera bangun dari "menutup mata" utamanya bagi kesejahteraan masyarakat papua, pembangunan infrastruktur dan ekonomi, serta dana otsus agar sampai kepada rakyat yang paling bawah. 

Demikian sedikit informasi dari Constiti mengenai Inggris Melecehkan Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua dan menambah rasa nasionalisme kita. 
Baca juga artikel berikut : Ayu Azhari Diperiksa KPK.