Latest News

Inilah Akibat Duduk Terlalu Lama

Inilah Akibat Duduk Terlalu Lama - Bagi para karyawan dan pekerja kantoran, mungkin akan lebih memilih bekerja di dalam kantor daripada harus bekerja di lapangan yang panas dan melelahkan. Sepertinya bekerja di belakang meja lebih mengenakkan anda karena anda tidak kepanasan, tidak kehujanan, dan tidak terlalu lelah. Tetapi apakah duduk terus menerus itu sehat? Sepertinya anda harus membaca artikel ini. Ternyata tidak semua yang bekerja dengan duduk dan di belakang meja itu enak dan bagus buat kesehatan anda.

 Duduk Terlalu Lama

Duduk adalah meletakkan tubuh dan bertumpu pada pantat. Duduk dapat dilakukan di atas kursi, duduk dengan bersila, atau duduk degan bersimpuh. Bagi anda mungkin duduk tidak terasa melelahkan karena tubuh sudah ditopang oleh pantat. Berbeda apabila anda berdiri, maka tubuh akan ditopang oleh kaki sehingga jika terlalu lama berdiri kaki akan terasa capek dan pegal. Namun tahukah anda bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama dan dengan posisi yang sama sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Pada kesempatan ini Constiti akan memberikan sedikit informasi tentang akibat buruk duduk terlalu lama. 

Berikut ini adalah akibat duduk terlalu lama bagi kesehatan anda :

1. Dapat memicu serangan jantung
Duduk yang dikategorikan sebagai duduk terlalu lama adalah duduk selama berjam-jam ( 3-4 jam). Lalu bagaimana bisa mengakibatkan serangan jantung? Menurut para dokter ahli, duduk yang dilakukan terlalu lama dapat mengakibatkan pembekuan darah di bagian kaki (biasanya di tungkai). Jika duduk terlalu lama akan menghambat sirkulasi darah. Jika darah berkumpul di satu tempat di kaki, trombosit cenderung menempel satu sama lain dan membentuk bekuan, ungkap Dr Bansal. Pembekuan / penggumpalan darah bagian vena dalam disebut dengan DVT (Deep Vein Thrombosis). DVT sendiri bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu terlalu lama duduk dan terlalu lama tidur. Kedua aktivitas ini dapat memperlambat aliran darah melalui pembuluh darah. Hal ini menjadi sangat berbahaya apabila gumpalan / bekuan darah tersebut bergerak karena terbawa oleh aliran darah maka akan sangat membahayakan organ-organ vital seperti jantung, paru-paru dan otak manusia. Nah, apabila gumpalan darah tersebut sampai ke paru-paru maka akan menyumbat aliran darah dan aliran oksigen ke jantung. Apabila jantung sampai terlambat mendapatkan pasokan darah maka bisa disimpulkan akan menjadi serangan jantung. Hmmm, serem juga ya.

2. Dapat menyebabkan obesitas
Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan di dalam badan. Obesitas bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah pola makan yang tidak sesuai dengan aktivitasnya. Ketika anda duduk maka enzim yang bertugas membakar lemak cenderung melambat dan bahkan berhenti bekerja. Akibatnya makanan yang anda konsumsi terutama lemak tidak dapat terurai dengan normal dan akan mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh yang disebut obesitas. Obesitas tersebut juga sangat mungkin meningkatkan kolesterol (lemak jahat) dalam tubuh sehingga akan sangat mengganggu kesehatan anda. Kolesterol bisa menyebabkan stroke dan tekanan darah tinggi.

Lalu bagaimana cara menghindari kemungkinan-kemungkinan bahaya tersebut? 

Jika memang anda harus beraktivitas atau bekerja dengan duduk maka anda wajib melakukan tips-tips berikut ini :

1. Minum air putih untuk mencegah dehidrasi
Jika anda akan melakukan perjalanan jauh dalam posisi duduk, maka lebih baik anda persiapkan air minum yang cukup agar anda tidak mengalami dehidrasi.

2. Gerakkan kaki sesering mungkin
Ketika duduk kaki sangat berpotensi menjadi tempat pembekuan darah, jadi usahakan anda menggerak-gerakkan kaki sesering mungkin terutama di bagian sendi pergelangan kaki (tungkai) ke atas dan ke bawah.

3. Lakukan stretching / peregangan
Jika anda bekerja di kantor dan duduk maka jangan lupa untuk selalu bangun dari duduk anda dan jalan-jalan atau sekadar stretching untuk menggerakkan otot-otot anda terutama kaki. Cara ini bisa anda lakukan setiap 30 menit sekali. Dengan begitu akan mengurangi risiko pembekuan darah di kaki anda.

4. Konsultasi ke dokter
Bagi anda yang sudah memiliki masalah dengan jantung dan paru-paru, disarankan agar berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukan perjalanan jauh serta membawa obat-obat yang dibutuhkan.

Nah, demikian sedikit informasi dan tips dari Constiti. Semoga dapat menambah pengetahuan dan kewaspadaan anda terhadap kesehatan.
Baca juga artikel berikut : Rahasia Atasi Rambut Bercabang.