Latest News

Kriteria Rumah Sehat Terlengkap

Kriteria Rumah Sehat Terlengkap - Rumah merupakan salah satu komponen utama dalam membangun sebuah keluarga sejahtera selain pakaian dan pangan. Rumah hendaknya menjadi tempat untuk berkumpul bersama dan bercengkrama bersama anggota keluarga. Kondisi rumah yang bersih, nyaman dan bersih akan membuat kita betah untuk menempatinya. Rumahku adalah surgaku, begitulah kata pepatah. Rumah yang dianalogikan sebagai surga tentu mempunyai syarat dan kriteria tertentu, dan bukan sembarang rumah. Rumah yang ideal mempunyai syarat yang sederhana namun tidak mudah melakukannya, yaitu rumah yang sehat.

Kriteria Rumah Sehat

Rumah yang sehat tidak harus dibangun di atas tanah yang luas, bangunan yang tinggi, ataupun menghabiskan banyak biaya, tetapi bisa diterapkan di dalam rumah yang sederhana dan biasa-biasa saja. Kesehatan rumah pada dasarnya bisa diterapkan di rumah mana saja, asalkan penghuni rumah tersebut sadar akan kesehatan lingkungan. Nah, bagi anda yang baru akan / sedang membangun rumah, ada baiknya anda memperhatikan tips-tips tentang rumah sehat berikut ini :

1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah
Nah inilah syarat utama bagi anda jika ingin memiliki rumah yang sehat dari penyakit dan virus. Anda harus rajin membersihkan rumah, baik menyapu halaman, menyapu dan mengepel lantai dan membersihkan sisa-sisa makanan agar tidak mengundang lalat yang bisa membawa kuman ke dalam rumah. Kuman dan bakteri yang dibawa oleh lalat bisa jadi membuat anda sekeluarga terjangkit berbagai macam penyakit karena lalat adalah hewan yang suka berdomisili di tempat yang kotor.

2. Sirkulasi udara yang cukup di setiap ruangan
Udara adalah sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa udara kita tidak akan bisa bernapas. Udara yang segar dan cukup di dalam rumah akan membuat pernapasan menjadi segar dan sehat. Untuk itu ventilasi udara di setiap ruangan akan sangat berguna bagi kesehatan anda, karena dengan sirkulasi udara yang lancar maka anda bisa menghirup udara segar sehingga pernapasan menjadi sehat dan kesehatan anda terjaga dengan baik. Anda bisa memasang jendela konvensional atau dengan jaring-jaring yang tidak terlalu lebar. Untuk menjaga kebersihan udara bersihkanlah jendela agar debu tidak menempel yang dapat mengkontaminasi udara yang masuk ke rumah anda.

3. Sinar matahari yang cukup
Sinar matahari sangat penting untuk menjaga kesehatan rumah anda. USahakan sinar matahari dapat masuk ke setiap ruangan rumah anda, bisa menggunakan genteng kaca atau atap terbuka. Sinar matahari akan mengurangi kelembaban ruangan rumah anda. Kondisi rumah yang terlalu lembab tidak baik bagi kesehatan karena ruangan yang lembab akan menyebabkan tumbuhnya kuman dan bakteri yang mengganggu kesehatan anda sekeluarga.

4. Lampu penerangan yang cukup
Lampu sebagai alat penerangan mampu menjaga kesehatan rumah dan penghuninya, terutama bagi kesehatan mata anda. Jika terlalu gelap atau terlalu terang maka tidak begitu baik bagi kesehatan mata. Oleh karena itu aturlah agar penerangan di rumah anda cukup.

5. Ketinggian plafon ideal
Nah, untuk hal ketinggian plafon rumah mungkin ada ketinggian ideal yang berbeda-beda disesuaikan dengan iklim di lingkungan rumah anda. Di daerah pegunungan atau di negara-negara yang beriklim dingin seperti di jepang dan eropa biasanya mendesain ketinggian plafon rumah sekitar 2,4 meter - 2,5 meter saja. Tujuannya adalah menghemat energi, karena semakin tinggi plafon maka semakin tinggi pula pemanasan yang diperlukan. Namun bagi anda yang tinggal di daerah panas (pesisir) anda lebih baik mendesain tinggi plafon antara 2,8 meter - 3,2 meter. Hal ini bertujuan agar suhu di dalam rumah tidak terlalu panas sehingga nyaman saat ditinggali.

6. Jarak septictank ideal
Septictank wajib ada dalam sebuah rumah untuk menampung kotoran / tinja. Hal yang harus anda perhatikan adalah letak septictank dari sumur atau sumber air rumah anda. Jarak ideal septictank dari sumur / sumber air adalah minimal 10 meter - 30 meter. Hal itu dilakukan agar air yang anda konsumsi tidak tercemar oleh air septictank yang kotor dan banyak mengandung bakteri berbahaya bagi kesehatan anda sekeluarga.

7. Buatlaah taman di sekitar rumah anda
Taman yang ditumbuhi pepohonan sangat baik bagi kesehatan rumah anda, terutama untuk menghasilkan oksigen sehingga udara di rumah anda akan selalu segar dan sehat bagi pernapasan anda. Anda bisa membuat taman di halaman depan atau halaman belakang rumah anda, dan rawatlah tanaman di rumah anda dengan baik agar tetap hidup.

Rumah yang sehat akan terasa nyaman dan membuat penghuninya menjadi sehat pula. Desain rumah yang benar dan selalu menjaga kebersihan rumah anda adalah hal utama yang harus anda lakukan agar anda sekeluarga tetap sehat dan betah tinggal di rumah.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan tentang Kriteria Rumah Sehat Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel kami.
Baca juga artikel berikut ini : Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap.