Latest News

MAKANAN PENCEGAH PIKUN TERBAIK

Makanan Pencegah Pikun - Di antara anda, siapakah yang menderita penyakit pikun? Jika anda masih berusia muda / paruh baya, mungkin hanya sebagian kecil saja yang mengalaminya.Ya, pikun memang kebanyakan dialami oleh orang yang telah lanjut usia (lansia) karena semakin tua seseorang maka akan semakin menurun pula kemampuan berpikirnya. Tetapi pikun bisa menjangkit anda di usia muda / usia produktif karena beberapa faktor yang telah kami utarakan pada pembahasan sebelumnya. 

Makanan Pencegah Pikun

Pikun akan membuat pekerjaan anda menjadi kacau dan tentunya berdampak buruk pada karir anda. Pekerjaan yang menumpuk akan menjadi semakin kacau jika anda lupa dengan apa yang anda kerjakan. Misalnya anda seharusnya mengerjakan tugas hari ini, tetapi karena anda lupa maka pekerjaan itu belum anda kerjakan. Selain urusan pekerjaan, pikun juga akan mengganggu urusan-urusan lain misalnya urusan keluarga. Bagi anda yang tidak mau menjadi pikun maka cegahlah dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak anda. Berikut ini adalah beberapa makanan pencegah pikun :

1. Ikan
Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit pikun karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk otak, yaitu asam lemak omega 3. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi, sehingga perkembangan otaknya menjadi lancar. Kaitannya dengan pikun, omega 3 dapat membalikkan perubahan otak yang disebabkan oleh gen yang meningkatkan risiko demensia / pikun. Dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 tersebut maka risiko anda terjangkit pikun akan semakin menurun. Ikan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon.
Selain omega 3, ikan juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang sangat baik bagi kesehatan anda. Di antara kandungan ikan adalah sebagai berikut : 
a. Vitamin A untuk mencegah kebutaan pada anak
b. Vitamin D untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
c. Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
d. Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
e. Asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
f. Zat besi
g. Serat protein
h. Fluor untuk meguatkan dan menyehatkan gigi anak
i. Seng untuk membantu kerja enzim dan hormon
j. Yodium untuk mencegah gondok 
2. Kacang-kacangan
Kacang memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bawha vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit . Selain mengandung vitamin E, kacang juga mengandung asam folat, mineral dan asam amino orginine. Kacang adalah salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit pikun karena mampu menghambat sinyal penyebab kerusakan pada otak, karena dalam kacang mengandung aplha-linolenic acid (ALA) dan polifenol (antioksidan). Kacang yang direkomendasikan untuk mencegah kepikunan adalah kacang jenis kenari dan almond. Kacang-kacangan juga kaya akan gamma-tosoferol, yaitu vitamin E yang bekerja bekerja untuk mencegah lemak jahat (LDL) agar tidak menggumpal sehingga tidak menyumbat arteri dalam tubuh.

3. Buah apel
Buah apel adalah buah yang cukup digemari oleh setiap orang karena rasanya yang manis dan segar. Tahukah anda bahwa apel juga termasuk makanan yang dapat mencegah penyakit pikun. Kandungan quercetin pada buah apel dapat melindungi otak dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit alzheimer. Apel juga dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia karena mengandung asetikolin. 

Pikun merupakan penyakit yanbg sebenarnya wajar dialami oleh setiap orang karena memang organ-organ manusia pasti akan mengalami masa aus / rusak, termasuk otak manusia. Pikun sangat erat kaitannya dengan otak manusia, untuk itu jagalah otak anda dari segala sesuatu yang dapat menrusaknya. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang baik bagi otak sehingga mencegah pikun atau setidaknya memperlambat kepikunan menjangkit anda. Mulailah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga pola hidup sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.