Latest News

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap - Pernahkah anda makan keju? Bagaimana rasanya? Tentu anda akan menjawab enak. Ya, keju adalah makanan yang dihasilkan dari susu, dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui koagulasi (pengentalan), sehingga rasanya mirip dengan susu. Pengentalan dilakukan dengan bantuan dari bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Keju adalah makanan yang cukup digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang enak. Keju merupakan salah satu makanan yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, meskipun cara pembuatannya berbeda dengan saat ini.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, jika anda menyukai dan mengkonsumsi keju setiap hari anda adalah orang yang beruntung. Karena selain rasanya yang enak, keju juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Keju yang berbahan dasar susu secara umum memiliki kandungan seperi susu, tetapi ada beberapa kandungan lain yang dimiliki keju. Bagi anda yang belum mengetahui apa saja manfaat keju, berikut adalah manfaat keju bagi kesehatan tubuh :

1. Keju kaya akan vitamin A
Tahukah anda bahwa keju mengandung banyak vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata anda. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam keju membantu menjaga kesehatan kulit dan perlindungan dari infeksi. 

2.  Keju kaya akan kalsium
Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Keju yang mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga baik bila dikonsumsi anak-anak, misalnya untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang serta membekukan darah pada luka sehingga luka cepat kering. 

3. Keju kaya akan protein
Keju juga mengandung protein yang cukup tinggi, bahkan jika anda mengkonsumsi keju jenis cottage sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein anda. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, misalnya jenis BCAAs (isoleucine, leucine, dan valine) sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

4. Keju membuat tidur lebih nyenyak
Mengkonsumsi keju yang cukup akan membuat kualitas tidur anda menjadi lebih baik karena keju mengandung triptofan. Triptofan terbukti mampu mengurangi stres dan stabilisasi syaraf otak dan membantu anda berhenti mengkhawatirkan hal-hal aneh. Ini berarti bahwa jika anda mengkonsumsi keju sebelum tidur maka akan membuat anda lebih mudah tertidur dan menghilangkan pikiran-pikiran aneh penyebab susah tidur.

5. Keju kaya akan vitamin B2, B6, dan B12
Vitamin B2 yang terkandung dalam keju mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Jadi mengkonsumsi keju dapat membantu menjaga kesehatan anda dengan cara memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Keju juga mengandung vitamin B6 yang terkandung dalam keju membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta menjaga kesehatan kulit dan sistem syaraf. Sedangkan B12 (kobalamin) dalam keju adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem syaraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin B12 mampu membantu pematangan sel-sel darah merah, membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf.

Meskipun keju sangat baik bagi kesehatan manusia, namun jangan sampai anda mengkonsumsi keju terlalu banyak, karena bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. Oleh karena itu anda harus seimbang dalam mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Demikian sedikit informasi dari Constiti tentang Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini.
Baca juga artikel berikut : Cara Menghindari Radiasi HP Terlengkap.