Latest News

Pantangan-Pantangan Bagi Ibu Hamil

Pantangan-Pantangan Bagi Ibu Hamil - Seorang ibu yang sedang mengandung memiliki kewajiban yang harus dilakukan dan pantangan yang harus dihindari selama masa kehamilan. Hal itu untuk menjaga keselamatan janin yang ada di dalam kandungan agar tetap sehat dan tidak membahayakannya. Pada umumnya kita sering menjumpai banyak tradis di setiap daerah yang melarang ibu hamil untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu, tetapi banyak pula yang menggunakan dasar yang tidak logis sehingga sulit diterima oleh akal sehat manusia.

Pantangan-Pantangan Bagi Ibu Hamil
Dalam ilmu kedokteran (kandungan) memiliki dasar-dasar dan teori yang jelas mengenai kewajiban dan pantangan bagi ibu hamil dan bisa diterima oleh akal sehat manusia. Misalnya ibu yang yang sedang hamil diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak nutrisi agar janin berkembang dengan baik dan sang ibu juga tetap sehat. Ilmu pengetahuan dan ilmiah sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat indonesia pada khususnya untuk menghindari pembodohan-pembodohan yang dibungkus dengan tradisi. Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini Constiti akan memberikan informasi yang ilmiah dan logis, yaitu tentang Pantangan-Pantangan Bagi Ibu Hamil

Berikut adalah pantangan-pantangan bagi anda yang sedang hamil :

1. Memakai pakaian ketat
Pakaian ketat memang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini, entah pria atau wanita, muda atau tua. Tetapi bagi anda serang ibu yang sedang hamil, hindarilah memakai pakaian yang ketat, utamanya di bagian perut dan lingkar perut. Jika anda mengenakan pakaian ketat di bagian perut maka akan mengganggu pertumbuhan janin dan menghambat pertumbuhannya. Untuk itu usahakan memakai pakaian yang longgar dan tidak ada ikatan ketat pada daerah perut. Itu semua untuk kesehatan dan kebaikan janin dalam perut anda.

2. Memakai sepatu hak tinggi (high heel)
High heel memang cukup menunjang penampilan wanita, terutama yang berprofesi sebagai model atau publik figur, cocok juga dipakai oleh anda yang berpostur pendek agar terlihat lebih tinggi. Namun bagi seorang ibu yang sedang hamil, hindarilah pemakaian sepatu berhak tinggi. Alasannya adalah karena sepatu hak tinggi akan membuat anda berisiko terjatuh dan terpeleset dan dikhawatirkan akan membuat janin dalam kandungan menjadi cacat, dan bahkan bisa mengalami keguguran. Selain itu, sepatu hak tinggi dapat membuat peregangan pada otot-otot kaki (khususnya di daerah pinggang) sehingga rasa nyeri, pegal atau sakit di bagian tersebut. 

3. Mandi air hangat
Pada dasarnya mandi air hangat bagi ibu hamil tidak berbahaya, hanya saja besar kemungkinan akan mengganggu pertumbuhan janin jika dilakukan terlalu sering. Terkadang ibu hamil tidak mengetahui berapa suhu air tersebut karena mungkin cuaca dingin. Nah, bila tidak berhati-hati, suhu air yang terlalu panas dapat membahayakan janin dan bisa mengakibatkan cacat pada janin, apalagi saat usia kandungan masih muda. Untuk itu hindarilah mandi dengan air hangat.

4. Makan terlalu banyak
Ibu hamil sangat membutuhkan asupan makanan sehat yang mengandung vitamin dan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan janin. Kendati pun demikian, seorang ibu yang sedang hamil harus menjaga pola makan yang teratur agar tidak mengalami obesitas (kelebihan lemak dalam tubuh). Jika ibu hamil mengalami obesitas maka berpotensi kekurangan vitamin D, dan berpotensi melahirkan anak obesitas pula. Sementara ibu hamil yang kelebihan vitamin D berpotensi melahirkan anak yang rakitis. Rakitis adalah pelunakan tulang pada anak-anak berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Dan rakitis adalah salah satu penyakit anak yang paling sering di banyak negara berkembang. Untuk itu bagi anda yang sedang hamil jangan sampai  kurang asupan makanan tetapi jangan pula terlalu banyak makan. Jagalah keseimbangan dalam makan agar bayi anda terlahir normal dan sehat.

5. Konsumsi kafein secara belebih
Kafein biasanya terkandung dalam kopi yang sudah sering anda jumpai atau anda sukai. Yang perlu anda ketahui adalah kafein dapat mempengaruhi hormon stres pada ibu hamil yang menyebabkan mudah gelisah, insomnia, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan denyut jantung. Oleh karena itu jika anda mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan, maka anda berpotensi melahirkan anak yang mempunyai masalah dengan detak jantung dan bisa membuat anda keguguran. Untuk itu hindarilah minum kopi, tetapi bagi yang sudah terbiasa jangan sampai lebih dari 1 cangkir kopi dalam sehari.

6. Berolahraga terlalu berat
Olahraga memang sangat baik bagi kebugaran dan kesehatan tubuh, apalgi bagi anda yang sedang hamil. Olahraga bagi ibu hamil akan membuat janin tumbuh sehat dan bugar. Tetapi karena setiap ibu hamil mempunyai karakteristik masing-masing, maka jenis olahraganya pun harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga yang tidak banyak menguras energi, misalnya jalan-jalan, yoga, senam hamil dan lain-lain. Itu pun dengan catatan jika anda sedang berolahraga kemudian merasakan mual, maka anda harus berhenti dan istirahat untuk menghindari kemungkinan yang buruk bagi janin anda. Begitu juga saat anda bekerja, pilihlah pekerjaan yang ringan-ringan saja agar tidak menguras banyak tenaga.

7. Merokok dan minum alkohol
Racun dalam rokok dan alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi bagi anda yang sedang hamil. Racun-racun dalam rokok akan menyebabkan keguguran dan mengalami kelainan kehamilan, berisiko mengalami kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), kelahiran prematur, dan kematian bayi saat melahirkan atau masih dalam kandungan. Sedangkan bahaya alkohol bagi janin sangat banyak sekali, di antaranya adalah gangguan mental, gangguan belajar, masalah pernapasan, gangguan daya ingat, lahir dengan berat badan rendah, kepala abnormal (kepala kecil atau besar), dan masih banyak lagi. Hindarilah makanan yang berbahaya bagi kesehatan anda dan janin anda. Jadkanlah janin dalam kandungan anda lahir dengan sehat, kuat, dan cerdas.

Ibu hamil mempunyai tugas-tugas yang berat karena bertanggungjawab atas janin yang dikandungnya, tetapi kehamilan merupakan anugerah yang sangat indah dari Tuhan YME.

Demikian sedikit informasi dari Constiti tentang Pantangan-Pantangan Bagi Ibu Hamil. Semoga bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan anda semua.
Baca juga artikel berikut : Rahasia Agar Otak Menjadi Jenius.