Latest News

Rahasia Atasi Rambut Bercabang

Rahasia Atasi Rambut Bercabang - Rambut bisa jadi adalah sebuah perwujudan dari kepribadian anda, dan setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Oleh karena itu jangan sampai anda melupakan kesehatan rambut agar tetap sehat dan bagus. Rambut mempunyai masalah dan penyakitnya sendiri, ada rambut yang nmudah rontok, rambut yang mudah patah, rambut yang susah diatur, dan juga rambut yang bercabang. Nah pada kesempatan ini Constiti akan membahas tentang rambut bercabang dan rahasia mengatasinya.

Pada dasarnya, rambut bercabang lebih sering dialami oleh jenis rambut yang lebat dan tebal. Karena biasanya kedua jenis rambut tersebut memiliki karakter yang kurang lentur dan susah diatur sehingga membuat struktur rambut mudah rusak. Selain itu, jenis rambut tebal dan lebat biasanya  saling bergesekan sehingga membuat kutikula menjadi mudah rusak. Berbeda dengan jenis rambut yang halus dan tipis, keduanya tidak mudah bercabang karena memang cenderung lentur dan mudah diatur. Rambut yang tipis dan halus jarang saling bergesekan sehingga kutikula rambut tidak terganggu. Selain disebabkan karena jenis rambut, masalah rambut bercabang juga bisa diakibatkan oleh ulah kita sendiri. Sebut saja mewarnai rambut, menata rambut dengan alat panas, semua itu dapat menyebabkan merusak rambut karena merusak kutikula. Kutikula adalah pelindung serat rambut yang sangat halus. Nah, apabila kutikula semakin lemah dan rusak maka kutikula tidak lagi bisa melindungi serat rambut sehingga serat rambut menjadi pecah dan bercabang.

Rahasia Atasi Rambut Bercabang

Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut bercabang, ikutilah tips-tips dari Constiti berikut ini :

1. Potong ujung rambut anda secara berkala
Untuk mengatasi rambut bercabang, anda bisa memotong ujung rambut anda secara berkala. Anda cukup memotong 2-3 cm dari ujung rambut anda, tujuannya adalah mencegah ujung rambut yang sudah rapuh agar tidak membelah poros dari rambut itu sendiri. Cara ini juga akan membuat ujung rambut anda menjadi tajam dan halus sehingga rambut anda akan menjadi indah. Pemotongan ujung rambut ini baik anda lakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali.

2. Merawat kesehatan rambut
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah gambaran bagi anda yang menginginkan rambut yang sehat dan bagus. Untuk menjaga kesehatan rambut anda, anda bisa memberikan perawatan rambut dari luar seperti dengan conditioner atau dengan produk yang mampu memulihkan dan memperbaiki kesehatan rambut anda. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan tersebut secara rutin mungkin dua hari sekali.

3. Menggunakan alat penata rambut panas dengan hati-hati
Bagi anda yang terbiasa menata rambut dengan alat panas, anda harus memperhatikan jenis rambut anda terlebih dahulu. Jika rambut anda adalah jenis rambut yang tipis, maka jangan sampai alat penata rambut berada di atas 300 derajat. Sedangkan jika rambut anda adalah jenis rambut tebal, jangan sampai alat penata rambutnya berada di atas 350 derajat. Anda lebih baik menyetel suhu panas pada tingkat medium saja. Bagi anda yang ingin blow-dry, sebelum melakukannya pastikan bahwa rambut anda sudah hampir kering ( 90%). Setelah kering barulah anda gerakkan pengering rambut ke arah bawah agar panasnya tidak mengenai satu titik. 

4. Membatasi highlight
Bagi anda yang ingin rambut tetap sehat dan tidak bercabang, sebaiknya anda mengurangi frekwensi highlight rambut anda. Biasanya highlight dilakukan dengan bleach, sehingga kutikula akan melemah dan mejadikan lebih berpori. Hmmm, sepertinya anda harus benar-benar membatasinya.

5. Hati-hati saat rambut dalam keadaan bash
Setelah anda keramas dan memberikan conditioner, rambut yang masih basah sangat rentan terhadap kerusakan. Sebaiknya anda menggunakan sisir dengan gigi lebar atau bisa dengan tusuk rambut dan menggerakkannya ke seluruh bagian rambut anda. Yang perlu anda ketahui adalah, pada saat kondisi rambut basah maka akan mudah rusak dan ujung rambut akan mudah bercabang jika anda tidak hati-hati.

Nah, itulah sedikit tips dari Constiti tentang Rahasia Atasi Rambut Bercabang. Anda bisa mempraktikkannya sesegera mungkin agar anda lebih percaya diri. 
Baca juga artikel berikut : Inilah Rahasia Wanita Agar Tampil Menarik.