Latest News

TANDA-TANDA POSITIF HIV

Tanda-Tanda Positif HIV - Apa yang anda tahu tentang HIV? HIV merupakan salah satu penyakit atau virus yang menyebabkan penderitanya mengidap aids. HIV adalah akronim dari "Human Immunodeficiency Virus" yang mana virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga membuat tubuh menjadi lemah dalam menangkal / melawan infeksi. Singkatnya, virus ini menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun dalam tubuh manusia. HIV menjadikan seseorang menjadi lemah, dan semakin lama penderita akan semakin kurus dan lemah.

Lalu bagaimana virus HIV dapat menyebabkan penderitanya menjadi rentan terhadap segala macam penyakit? Di dalam tubuh manusia terdapat sel darah putih yang berfungsi sebagai penangkal / melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jika HIV ini masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak, maka HIV akan menghancurkan sel darah putih tersebut sehingga tidak ada lagi pelindung tubuh untuk menangkal penyakit yang masuk. Selanjutnya, penderita akan rentan terhadap segala macam serangan penyakit. 

Tanda-Tanda Positif HIV

HIV menjadi salah satu momok bagi penderitanya, karena obat untuk virus ini masih sangat sulit ditemukan. Virus ini dapat menular kepada siapa saja, baik balita, anak-anak, remaja maupun orang tua. Adapun penularan HIV memalui berbagai macam cara, di antaranya adalah sebagai berikut : 
a. Pemakian jarum suntik yang tidak steril secara bergantian 
b. Hubungan seksual
c. Genetik ( dari ibu ke anak)
d. Transfusi darah
e. ASI
f. Transplantasi, dan masih banyak lagi. 

HIV jika sudah masuk dalam tubuh seseorang tidak akan langsung dapat dirasakan tanpa melakukan cek medis, sehingga banyak penderita yang baru merasakan dampaknya beberapa tahun kemudian. Penderita hanya akan mengalami Alangkah baiknya jika anda melakukan cek medis untuk mengetahui kondisi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. Namun demikian, terdapat tanda-tanda seseorang mengidap / positif HIV. Berikut adalah tanda-tandanya :

1. Demam terus-menerus
Salah satu tanda seseorang mengidap HIV adalah demam yang berlangsung lama, bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Karena umumnya demam biasa hanya berlangsung selama 3-5 hari. 

2. Kulit menjadi sangat sensitif
Kulit seorang yang positif HIV menjadi sangat sensitif, biasanya akan memerah atau bahkan terluka meskipun hanya bersentuhan atau tergores sedikit saja. Ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun karena HIV tersebut.

3. Cepat lelah
Tanda ketiga yang bisa menunjukkan seseorang positif HIV adalah mudah lelah meskipun telah beristirahat / tidur dengan cukup dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Bahkan penderita akan merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat.

4. Sering sakit kepala berlebihan
Sakit kepala yang dirasakan oleh pengidap HIV adalah sakit kepala yang konstan dan bahkan membuat penderita sampai menjadi lemah dan demam.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening 
Penderita HIV akan mengalami penyakit limfadenopati. Limfadenopati adalah penyakit pada kelenjar atau aliran getah bening (sistem limfatik) yang disebabkan karena virus (HIV) ini berkumpul di kelenjar getah bening ini. Biasanya, penyakit tersebut terlihat sebagai kelenjar getah bening menjadi bengkak, sering tanpa rasa sakit. Pembengkakan kelenjar itu disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai infeksi. 

6. Perubahan pada kuku
Orang yang positif mengidap HIV biasanya akan mengalami perubahan pada kukunya. Kuku penderita HIV akan menjadi tipis dan transparan, mudah patah, serta mengalami perubahan warna. Ini disebabkan oleh ragi dan infeksi jamur yang terjadi pada kuku penderita HIV.

7. Hilang nafsu makan dan semakin kurus
Penderita HIV mempunyai masalah dalam hal nafsu makan karena hilangnya bakteri "baik" sehingga ketika makan akan muntah dan bahkan tidak merasa lapar. Inilah yang akan berdampak pada berat badan, dan akan semakin kurus. Meskipun ada juga penderita yang tetap memiliki nafsu makan yang baik, tetapi tetap tidak bisa gemuk.

HIV adalah virus yang tidak bisa diketahui hanya dengan kasat mata dan dugaan semata, oleh karena itu jika anda mengalami gejala-gejala di atas alangkah baiknya anda periksa dan cek laborat untuk mengetahui hasil yang jelas. Jika memang anda terjangkit maka segeralah berobat agar tidak semakin parah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.