Latest News

Tips Belajar Mudah Dan Efektif

Advertisement
Tips Belajar Mudah Dan Efektif - Belajar berasal dari kata ajar yang berarti petunjuk yang diberikan kepada seseorang supaya diketahui. Dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, belajar menjadi komponen utama bagi siapa saja yang ingin menjadi lebih baik. Di sekolah, para siswa dituntut untuk belajar agar mampu memahami dan menerapkan pelajaran yang diberikan di sekolah, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Sedangkan bagi anda para pekerja / karyawan dituntut untuk belajar memahami pekerjaan anda agar tidak terjadi kesalahan dalam bekerja. Belajar wajib dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak, usia muda, maupun orang tua. Tujuan dari belajar adalah menjadikan yang belum tahu menjadi tahu, yang bodoh menjadi pintar, dan yang pintar menjadi semakin pintar. Belajar wajib dilakukan dalam semua bidang karena pada dasarnya tujuan belajar adalah menggali potensi yang ada dalam diri seseorang.

Mungkin terlihat gampang ketika kita mengatakan belajar, tetapi menjadi sulit saat dilakukan. Kesulitan belajar yang sering dialami oleh setiap orang adalah kesulitan dalam memahami pelajaran ( bagi siswa) dan memahami permasalahan ( bagi para karyawan / pekerja ). Nah, untuk membantu anda dalam mengatasi kesulitan belajar, Constiti akan memberikan Tips Belajar Mudah Dan Efektif untuk anda semua. 

tips belajar mudah dan efektifBerikut ini adalah tips-tips belajar yang wajib anda ketahui.

1. Belajar dengan santai dan tanpa tekanan
Bagi anda yang mengalami kesulitan dalam belajar (khususnya para pelajar), biasanya akan lebih sulit memahami materi ketika anda berada di bawah tekanan. Arti tekanan di sini adalah perintah atau paksaan dari orang lain kepada anda. Misalnya saja paksaan orang tua kepada anda untuk belajar sambil didampingi. Hal itu bisa jadi justru menjadi penghambat dalam belajar karena anda akan merasa tertekan sehingga mengganggu kinerja otak anda. Nah untuk mengatasinya, usahakan anda belajar dalam keadaan yang santai dan kondusif serta tanpa tekanan dari siapa pun. Dengan suasana hati dan pikiran yang kondusif, maka kinerja otak akan lebih maksimal dalam memahami / menyelesaikan suatu masalah. Namun yang patut diingat adalah jika anda ingin belajar dengan santai dan tanpa tekanan, berarti anda harus rajin belajar sebelum disuruh oleh orang lain. 

2. Belajar memahami, bukan menghafal.
Menghafal belum tentu memahami, tetapi jika memahami pasti akan hafal. Itulah gambaran metode belajar yang bertolak belakang. Bagi anda yang masih belajar dengan metode menghafal, cobalah untuk merubahnya kepada metode belajar dengan memahami. Ini akan bermanfaat dan sangat berguna untuk anda. Pahamilah materi dengan saksama, mulai dari apa, mengapa, bagaimana, dan solusinya. Dengan cara memahami konsep-konsepnya anda akan lebih "dalam" memahami materi dan tidak cepat hilang. Jika anda hanya belajar dengan menghafal saja, maka akan lebih cepat hilang, meskipun lebih menyingkat waktu.

3. Belajar di tempat yang disukai dan nyaman
Secara psikologi, kesesuaian dengan lingkungan akan mempengaruhi kerja otak anda. Perasaan nyaman yang anda rasakan akan membuat anda lebih cepat dan mudah untuk memahami materi. Misalnya saja anda lebih suka belajar di bawah pohon yang rindang, maka lakukanlah di tempat tersebut. Itulah alasan kenapa guru menyuruh siswanya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kelas. 

4. Belajar dengan niat untuk berubah, bukan karena mood.
Saat ini para siswa semakin pintar saja, bukan pintar dalam ilmu pengetahuan tetapi pintar dalam mengelak (ngeles) jika disuruh belajar. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang bilang belum saatnya belajarlah, lagi ga mood lah, pokoknya bermacam alasan dikeluarkan. Inilah yang menjadi titik lemah dalam dunia pendidikan dari pihak siswa, karena jika anda hanya belajar dengan mengandalkan saat mood bagus, maka ilmu yang anda pelajari akan cepat hilang. Belajarlah dengan kesungguhan dan keinginan untuk menjadi lebih baik, maka anda akan punya motivasi yang tinggi dan membuat otak terangsang dan bekerja dengan baik.

5. Menyukai materi yang dipelajari
Menyukai materi / pelajaran yang anda sukai akan membuat anda lebih mudah dalam belajar dan memahami. Misalnya anda menyukai bahasa inggris meskipun anda tidak bisa sama sekali. Nah, dengan kecintaan dan kesukaan pada obyek tersebut maka anda akan selalu bersemangat dan rajin dalam mempelajarinya sehingga anda akan lebih mudah memahaminya. Segala sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati dan motivasi dari diri sendiri akan mendapatkan hasil yang maksimal / memuaskan.

6. Belajar dengan berdiskusi
Berdikusi atau diskusi mempunyai arti pertemuan untuk bertukar pikiran. Inilah salah satu cara belajar yang efektif dan mudah. Berdiskusi sering digunakan sebagai metode pilihan bagi para guru untuk siswa / mahasiswanya, karena memang metode ini sangat efektif. Bagi anda yang belum memahami maka akan menjadi paham dengan adanya saling memberi informasi, apalagi disampaikan oleh teman anda sendiri dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

7. Belajar dengan iringan musik
Mungkin tidak semua orang cocok dengan metode ini karena justru akan mengganggu konsentrasi. Padahal dengan mendengarkan musik yang anda sukai mampu merangsang kerja otak dan merelaksasikan syaraf-syaraf sehingga akan lebih mudah memahami suau materi. Menurut Ahli sayraf dari Harvard University, Mark Tramo, M.D., getaran musik yang masuk melalui telinga dapat mempengaruhi kejiwaan, Ini terjadi karena di dalam otak manusia, terdapat jutaan neuron dari sirkuit secara unik menjadi aktif ketika kita mendengar musik. Neuron-neuron ini menyebar ke berbagai daerah di otak, termasuk pusat auditori di belahan kiri dan belahan kanan. Mulai dari sinilah kaitan antara musik dan kecerdasan terjadi. Makanya tidak salah pada abad 19 seorang penulis di Inggris pernah berkata “Musik itu adalah nyanyian para malaikat”.

Setiap orang mempunyai karakter dan kesukaan yang berbeda-beda dalam belajar, itulah alasan kenapa diciptakan banyak metode belajar. Pada dasarnya belajar bisa dilakukan dimana saja dan sepanjang masa    ( lifetime education). Maka jangan sampai anda menyesal di kemudian hari karena enggan untuk belajar. 

Demikian Tips Belajar Mudah Dan Efektif dari Constiti, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Baca juga artikel berikut : Cara Alami Meluruskan Rambut Terlengkap.

Advertisement