Latest News

TIPS SEHAT SAAT BERPUASA

Tips Sehat Saat Berpuasa - Puasa adalah salah satu rukun islam yang ketiga dan harus dilaksanakan oleh umat islam yang telah balig. Puasa wajib dilaksanakan selama 30 hari saat bulan ramadhan, dan hanya boleh ditinggalkan jika anda dalam keadaan sakit, menstruasi, dan dalam perjalanan jauh (musafir). Itu pun dengan catatan anda harus menggantinya di luar bulan ramadahan sesuai dengan jumlah yang anda tinggalkan. Ini menunjukkan bahwa puasa ramadhan adalah salah satu kewajiban yang mengikat namun mempunyai toleransi bagi yang berhalangan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan akan segera tiba, dan tentunya kita harus menyambutnya dengan penuh rasa syukur dan suka cita karena di bulan inilah limpahan rahmat, nikmat, dan pahala akan diberikan kepada kita semua. Puasa memerlukan kekuatan hati (niat) dan tubuh yang prima karena saat berpuasa kita tidak diperbolehkan memasukkan segala sesuatu (makanan dan minuman) ke dalam tenggorokan, sehingga anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh anda.


Pengertian puasa secara bahasa adalah menahan makan dan minum dan segala yang membatalkannya dari mulai terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari, serta menjaga hati, pikiran, dan perbuatan dari segala kemaksiatan. Nah, berdasarkan pengertian tersebut maka anda harus selalu menjaga diri dari perbuatan maksiat dan harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar saat berpuasa. Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips agar tetap sehat saat berpuasa. Berikut adalah tips-tips sehat saat berpuasa.

1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur
Sebelum berpuasa umat islam dianjurkan untuk makan sahur sebelum imsak sebagai bekal berpuasa pada pagi hari sampai maghrib. Jika anda ingin puasa anda tetap lancar dan tidak lemas, saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan. Makanan yang berserat mampu menahan lapar lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu makanlah nasi (karbohidrat) namun dalam porsi yang sedang saja, jangan sampai terlalu kenyang. 

2. Minum yang cukup
Kebutuhan tubuh akan air adalah 2 liter air dalam satu hari. Itu artinya anda setidaknya harus minum air  putih sebanyak 2 liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air (dehidrasi) maka tubuh akan menjadi lemas dan aliran oksigen ke tubuh tidak lancar. Begitu juga sebaliknya jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka anda akan tetap bugar saat berpuasa dan tidak mengganggu aktivitas anda.

3. Jangan langsung tidur setelah sahur
Setelah sahur mungkin anda masih merasakan kantuk yang sangat, dan biasanya orang akan langsung tidur setelah sahur. Sebaiknya jangan langsung tidur setalah sahur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya anda mengaji terlebih dahulu, dan kemudian melaksanakan salat subuh (berjamaah lebih utama). 

4. Hindari penggunaan tenaga secara berlebihan
Saat berpuasa tubuh kita mengkonsumsi makanan lebih sedikit dibandingkan saat tidak berpuasa. Itu artinya tenaga yang kita punyai saat puasa lebih sedikit dari orang yang tidak berpuasa. Untuk itu hindarilah aktivitas yang nmenguras tenaga untuk menjaga tenaga anda cukup sampai berbuka. Lakukanlah aktivitas yang ringan-ringan saja, misalnya jalan-jalan di sore hari. 

5. Tidur di awal siang
Mengapa saat berpuasa kita sering merasa kantuk? Karena kalori dalam tubuh berkurang saat berpuasa sehingga tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Tetapi tidur siang saat berpuasa selain sunah juga mempunyai manfaat bagi anda. Dengan tidur di awal siang (setelah zuhur) selama 1-2 jam akan mampu mengumpulkan tenaga/energi dalam tubuh. Namun jangan sampai anda tidur secara berlebihan karena justru akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.

6. Konsumsilah makanan yang hangat dan manis saat berbuka
Saat berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Namun yang harus diperhatikan adalah sebaiknya anda meminum minuman hangat dan manis, misalnya teh hangat manis dan beberapa biji kurma. Minuman yang hangat sangat baik bagi lambung anda, karena mampu menetralisir asama lambung setelah seharian berpuasa. Sedangkan makanan yang manis mampu menghasilkan energi/tenaga bagi tubuh anda. Hindarilah minuman dingin saat berbuka meskipun anda sangat haus karena minuman dingin justru meningkatkan asam lambung yang dapat memicu penyakit maag. Minuman dingin sebaiknya dikonsumsi beberapa saat setelah berbuka.

7. Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa
Yang dimaksud makanan besar di sini adalah nasi (karbohidrat). Saat berbuka puasa anda sebaiknya jangan langsung makan besar, karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih.

Untuk menjalani puasa dengan lancar dan khidmat diperlukan kondisi tubuh yang sehat dan prima, dan untuk menjaga kesehatan tubuh, anda bisa menerapkan tips-tips di atas. Insyaallah puasa anda akan lancar dan tubuh anda tetap sehat. Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat.