Latest News

MAKANAN PENAMBAH DARAH TERBAIK

Makanan Penambah Darah Terbaik - Pernahkah anda merasakan lemas, letih, dan lesu meskipun tidak melakukan aktivitas berat? Bisa jadi anda mengalami anemia (kekurangan darah). Kekurangan darah atau biasa disebut dengan anemia adalah gejala dimana sel darah merah (hemboglobin / hb) berada pada batas normal. Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah mempunyai peran penting untuk mengangkut nutrisi (makanan) dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika anda mengalami anemia biasanya akan merasakan lemas, letih, dan lesu sebagai gejala awal. Itu berarti bahwa orang yang mengalami anemia tubuhnya kekurangan oksigen dan nutrisi yang disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam tubuh. 

Lalu berapa batas normal sel darah merah (hemboglobin) dalam tubuh? Menurut medis, batas normal sel darah merah antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan. Pada laki-laki,  batas normal hemoglobinnya adalah 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41%. Sedangkan untuk perempuan batas normal hemoglobinnya adalah 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36%. Jadi jika sel darah merah anda kurang dari batas normal tersebut maka anda mengalami gejala anemia. Gejala anemia sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya pendarahan secara terus-menerus (berlebihan), rusaknya sel darah merah, kurangnya asupan nutrisi, dan lain sebagainya.

Makanan Penambah Darah Terbaik

Nah, jika anda mengalami gejala anemia anda jangan langsung mengkonsumsi suplemen penambah darah, tetapi mulailah mengkonsumsi makanan-makanan penambah darah. Walau bagaimanapun, makanan alami lebih direkomendasikan dan lebih tidak berisiko untuk dikonsumsi daripada suplemen penambah darah. Pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa makanan yang baik untuk menambah darah. Berikut adalah beberapa makanan penambah darah terbaik : 

1. Kuning telur
Kuning telur adalah salah satu makanan yang dapat menambah darah dalam tubuh anda karena di dalam kuning telur mengandung banyak kandungan seperti protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin B20, vitamin B 10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng, dan sulfat. Zat besi dalam kuning telur sangat baik untuk merangsang sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi anemia. Anda cukup mengkonsumsi 1 kuning telur dalam sehari dengan penyajian sesuai selera anda.

2. Buah-buahan
Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain mengandung vitamin yang beraneka ragam, buah-buahan juga dapat mengatasi anemia (kekurangan darah). Buah-buahan juga terbukti dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh anda karena mengandung zat besi, sehingga anda sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Buah-buahan yang dapat menambah darah di antaranya adalah apel, anggur, kismis, plum, melon, jeruk, dan masih banyak lagi. 

3. Sayur-sayuran
Sayuran adalah salah satu bagian dalam makanan empat sehat lima sempurna karena memang sayuran mempunyai kandungan serat dan gizi yang baik untuk tubuh anda. Meskipun tidak semua sayuran dapat menambah dara, namun tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi sayuran dalam menu makan anda setiap hari. Di antara sayuran yang mampu menambah darah adalah bayam, daun ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Di antara makanan tersebut yang paling baik untuk menambah darah adalah daun ubi, karena ubi mengandung zat besi yang dapat merangsang sel darah merah untuk aktif dan menambah oksigen ke dalam darah.

4. Daging
Daging merupakan salah satu makanan yang dapat menambah sel darah merah dalam tubuh anda, serta mengandung zat besi yang cukup tinggi. Meskipun banyak orang yang anti mengkonsumsi daging karena khawatir akan kolesterol / lemak tetapi daging juga berfungsi untuk menambah darah. Daging mudah diserap oleh usus sehingg tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Di antara daging yang disarankan untuk menambah darah adalah daging ayam dan itik yang lebih rendah kolesterolnya. Tetapi yang harus anda ingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging untuk menghindari penumpukan kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu serangan jantung.

5. Kacang almond
Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh anda. Di dalam 1 ons kacang almond dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Jadi apa salahnya anda mengkonsumsi kacang almond jika anda merasakan gejala anemia.

6. Roti dan sereal
Makanan yang berbahan dasar gandum sangat baik untuk menambah darah dalam tubuh anda karena mengandung zat besi yang cukup tinggi dan mencukupi 20% kebutuhan zat besi tubuh anda. Di antara makanan yang berbahan dasar gandum adalah sereal, roti, havermut yang sebaiknya anda konsumsi setiap hari dalam porsi yang tepat untuk mencegah gejala anemia.

Anemia dapat dialami oleh siapa saja yang kekurangan asupan nutrisi khususnya zat besi, jadi alangkah baiknya anda selalu menjaga pola makan teratur dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.