Latest News

CARA MENGATASI KULIT KERING TERMUDAH TERLENGKAP

Cara Mengatasi Kulit Kering Termudah Terlengkap - Apakah anda mempunyai masalah dengan kulit kering? Apa yang anda rasakan saat musim panas? Tentu anda merasakan kulit begitu kaku dan terlihat putih seperti bersisik. Itulah beberapa keluhan yang sering dialami oleh orang yang mempunyai jenis kulit kering. Kulit kering atau dikenal dengan xerosis merupakan gejala dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga pecah-pecah dan cenderung gatal.

Jenis kulit manusia berbeda-beda, misalnya ada jenis kulit kering dan kulit berminyak. Kulit kering akan semakin parah saat terjadi musim kemarau, karena cuaca panas itulah kulit akan mudah sekali pecah-pecah dan rasanya gatal. Kulit pada dasarnya membutuhkan nutrisi yang berfungsi untuk mearawat dan menjaga kelembabannya, maka dari itu jika anda menginginkan kulit yang segar dan tidak bersisik maka anda harus mengkonsumsi asupan untuk kesehatan kulit tersebut.

Cara Mengatasi Kulit Kering Termudah Terlengkap


Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat kulit kering, baik secara alami maupun dengan cara modern (skin care). Berikut ini beberapa cara merawat kulit kering :

1. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit
Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam lemak, beta carotene, magnesium sangat bagus untuk kesehatan kulit kering anda. Karena dengan nutrisi tersebut mampu menjaga kelembaban kulit anda sehingga tidak mudah pecah-pecah meskipun saat musim panas. Makanan yang baik dikonsumsi untuk jenis kulit kering di antaranya mangga, jeruk, jambu, ikan salmon, cokelat dan masih banyak lagi.

2. Minum air mineral / air putih
Air putih sangat baik bagi kesehatan anda, dan juga bagi kesehatan kulit anda. Karena dalam tubuh manusia  mengandung lebih dari 60% cairan, maka anda harus mencukupi kebutuhan cairan tersebut salah satunya dengan cara minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari. Jika aktivitas anda cukup padat dan mengeluarkan banyak keringat, maka tambahlah porsi menjadi 10-12 gelas sehari. Dengan minum air putih yang cukup maka kulit akan terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering, pecah-pecah, dan bersisik.

3. Menggunakan pelembab
Pelembab atau biasa disebut dengan lotion bisa juga digunakan sebagai perawatan kulit kering anda, apalagi di saat anda menjalankan aktivitas di luar ruangan yang langsung berada di bawah terik matahari. Anda cukup mengoleskan pelembab setiap habis mandi dan sebelum keluar ruangan agar kelembaban kulit terjaga. 

4. Mengoleskan madu dan minyak zaitun
Madu mengandung antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit anda, begitu juga untuk jenis kulit kering. Anda bisa mengkonsumsi mada atau dengan cara mengoleskannya ke kulit anda. Minyak zaitu selain baik bagi kesehatan tubuh, bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk merawat kulit kering.

5. Jangan terlalu sering berada di ruangan ber-AC
Ruangan ber-AC memang sangat sejuk dan tidak panas tetapi berdampak kurang baik bagi jenis kulit kering. Kulit akan mudah kering saat berada di ruangan ber-AC, untuk itu anda sebaiknya menggunakan pelembab untuk melindungi kulit anda dari efek AC tersebut. 

6. Jangan mandi terlalu lama
Mandi dalam waktu yang lama saat musim panas memang menyegarkan sehingga anda betah di kamar mandi. Tetapi jangan salah, mandi terlalu lama saat musim panas tidak baik untuk jenis kulit kering. Mandilah sekadarnya saja dan jangan lama-lama. Akan lebih baik lagi jika anda mandi menggunakan air hangat.

7. Rajin membersihkan kulit
Membersihkan kulit bisa dilakukan dengan pelbagai cara, di antaranya memakai sabun mandi dan pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit anda. Bersihkan kulit kering anda dengan masker dari bahan-bahan alami seperti pepaya, yogurt, atau labu. 

Menjaga kesehatan kulit akan terasa ringan jika diawali dengan niat yang kuat, toh saat kulit kita segar dan tidak kering maka kita jugalah yang merasakan keuntungannya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak merawat kulit anda, apa pun jenis kulitnya. 

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik. 

Para pembaca yang kami cintai, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi semua silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.