Latest News

MANFAAT MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF BAGI IBU

Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Bagi Ibu - Setelah sebelumnya kita berbagi informasi mengenai manfaat ASI Eksklusif bagi bayi, maka dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang manfaat ASI eksklusif bagi ibu yang menyusui. Hmmm, ternyata menyusui tidak hanya bermanfaat bagi si bayi saja tetapi juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui. 

Kebutuhan bayi akan ASI berbanding lurus dengan kebutuhan sang ibu untuk menyusui, karena ibu juga tentu sangat ingin menyusui bayinya dan bayinya pun secara alamiah akan menyusu kepada ibunya. Setelah satu jam bayi lahir di dunia, bayi ditengkrapkan ke dada ibu sampai dia menemukan puting sang ibu dan kemudian menyusu. Hal ini disebut dengan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). 

Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Bagi Ibu


Bagi anda para ibu jangan sampai anda melewatkan kesempatan emas untuk menyusui buah hati anda, karena dijamin hubungan psikologi anda dan anak anda akan semakin kuat. Berbicara soal menyusui, anda para ibu akan mendapatkan keuntungan dari proses pemberian ASI Eksklusif kepada bayi anda. 

Berikut ini beberapa Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Bagi Ibu : 

1. Mengurangi risiko pendarahan setalah melahirkan
Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bermanfaat bagi bayi dan sang ibu. Ketika sang ibu memberikan ASI pertamanya, maka di saat itulah mampu memacu terjadinya kontraksi rahim dan dapat mencegah pendarahan. Dengan kontraksi tersebut pula dapat membantu mengembalikan posisi rahim seperti semula setelah berubah karena persalinan (post partum).

2. Menurunkan berat badan
Bagi anda para ibu yang berat badannya naik drastis saat mengandung si jabang bayi, tidak perlu khawatir. Karena dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi dapat menurunkan berat badan anda. Menurut beberapa penelitina, pemberian ASI eksklusif mampu membakar sekitar 200-500 kalori setiap hari sesuai dengan berapa banyak si bayi menyusu. Jika dianalogikan, 200-500 kalori tersebut sama dengan anda bersepeda selama satu jam atau berenang selama beberapa jam. Hmmm, sangat bermanfaat bukan?

3. Sebagai alat kontrasepsi ilmiah
Setelah ibu melahirkan dan memberikan ASI eksklusif maka juga akan berfungsi sebagai alat kontrasepsi ilmiah, artinya dapat menunda kehamilan, meskipun hanya berlaku selama 4 bulan pertama setelah melahirkan (dengan catatan harus ASI eksklusif). Hisapan bayi pada puting payudara ibu dapat merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin adalah hormon yang mencegah / menghambat pematangan sel telur sehingga dapat menunda kesuburan.

4. Membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara
Menurut beberapa penelitian, ibu yang meberikan ASI eksklusif akan terkurangi risiko terkena kanker payudara, yaitu sekitar 59%. Hal ini dikarenakan saat ibu yang telah melahirkan tidak menyusui bayinya maka jaringan di payudaranya akan kembali seperti pada saat sebelum hamil dan hal ini dapat menyebabkan peradangan pada payudara. Seperti yang kita tahu bahwa peradangan payudara dapat memicu kanker payudara. 

5. Mempererat ikatan kasih sayang antara ibu dan anak
Ketiak sang ibu menyusui bayinya, maka secara otomatis kulit ibu dan bayi akan saling bersentuhan. Hal ini akan berdampak bagus bagi perkembangan psikologi anak, karena dengan kontak kulit tersebut sang bayi akan dapat merasakan hangatnya dekapan dan kasih sayang ibu dan tidak akan dilupakan sampai ia besar nanti. Anak yang mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya langsung akan mempunyai kasih sayang yang lebih kepada ibunya karena telah terjalin ikatan batin yang kuat antara keduanya.

Sekali lagi, bagi anda para ibu jagan sampai melewatkan kesempatan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi anda karena mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi bayi dan anda sendiri. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Jika anda para pembaca menilai artikel ini bermanfaat, silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih