Latest News

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS YANG AMAN TERLENGKAP

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman Terlengkap - Apakah anda ingin membeli mobil bekas yang berkualitas dan aman? Saat modern seperti ini moda transportasi sangat dibutuhkan, mengingat dengan alat transportasi tersebut anda bisa bekerja, berlibur bersama teman-teman, atau bertamasya bersama keluarga. Nah salah satu alat transportasi pilihan masyarakat adalah mobil, karena mobil tidak hanya bisa muat satu atau dua orang saja tetapi bisa lebih tergantung dari ukuran mobilnya. Hanya saja tidak semua orang bisa memiliki mobil meskipun bekas / 2nd karena harga mobil juga tidaklah murah.

Mobil merupakan alat transportasi yang mempunyai 4 buah roda dan dikendalikan dengan steer / setir. Jika anda ingin memiliki mobil, tentunya anda menginginkan mobil yang bagus, berkualitas, dan harganya murah. Nah untuk itu anda harus pandai-pandai memilih saat membeli mobil, terutama mobil bekas / sudah dipakai. Karena memilih mobil bekas tidak mudah karena anda harus teliti dan jeli dalam memahami kondisi mobil tersebut dan sesuai dengan budget anda. 

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS YANG AMAN


Bursa mobil bekas sudah banyak di showroom mobil, tetapi tentu dengan harga masing-masing. Selain soal harga mobil bekas tentunya mempunyai kelemahan di salah satu bagiannya, karena mobil itu mungkin sudah pernah menabrak, atau kondisi mesinnya yang bermasalah. '
Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips kepada anda semua tentang cara membeli mobil bekas yang aman, berkualitas, dan harga terjangkau. Berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas yang aman :

1. Cek kondisi fisik mobil
Mobil yang telah dipakai apalagi yang sudah berusia uzur biasanya memiliki kelemahan di bagian body, misalnya mody keropos atau cat yang telah mengelupas. Untuk itu saat anda hendak membelinya ceklah terlebih dahulu body mobil secara menyeluruh dari depan sampai belakang, bagasi, dan bagian dalam mobil.  Jika lapisannya masih bagus dan kokoh di beberapa sudut maka anda punya alasan untuk membelinya. Pasalnya mobil yang sudah tua / bekas biasanya memiliki fisik yang kurang bagus. Untuk itu cermatilah setiap detil bagian fisik mobil tersebut. Ketika anda sudah mengetahui kondisi fisiknya bagus, maka anda sudah mendapatkan poin pertama dalam seleksi mobil bekas tersebut.

2. Cek kondisi mesin
Mesin mobil tidak bisa dipastikan jika hanya dilihat dan diamati saja, tetapi anda harus mengeceknya dengan cara menjalankan mobil tersebut. Ketika anda menjalankan mobil tersebut, perhatikan dengan teliti mesin mobil tersebut mulai dari suara mesin, getaran mesin, hentakan kopling saat melaju, perpindahan presnelingnya, engine mounting, dan yang berhubungan dengan mesin. 

Salah satu masalah yang sering dialami oleh mobil bekas adalah soal kelistrikan. Pada bagian ini, jika pengaturan kelistrikan mobil tidak sempurna maka mesin akan ngadat. Untuk itu anda juga harus mengecek bagian-bagian lain seperti lampu utama, lampu rem, AC, kontak engine, dan lain-lain.

3. Ajaklah rekan yang ahli dalam hal mobil bekas
Jika anda ragu dan belum mengetahui dengan detil mobil yang hendak anda beli, maka tidak ada salahnya jika anda mengajak rekan atau teman anda yang paham betul tentang seluk-beluk mobil. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dan tentunya sebagai bahan pertimbangan anda sebelum terlanjur membelinya. 

4. Cek berkas penjualan dan surat-surat
Setelah melakukan dua tahapan di atas, maka selanjutnya anda harus mengecek keaslian dan kebenaran dari surat-surat mobil tersebut. Karena jika anda tidak teliti dalam hal administrasi ini, maka bisa jadi anda akan merugi dan akan gigit jari. Periksalah surat-surat mobil tersebut, dan jika sudah maka pilihlah mobil yang mempunyai surat-menyurat yang sah, misaalnya nomor rangka, nomor mesin, masa pajak, dan faktur jual belinya. Jika anda tidak teliti dalam hal riwayat pajak misalnya, maka anda harus mengelurakan budget / uang tambahan untuk mengurusnya. Tentu anda tidak menginginkan itu terjadi. 

Mintalah faktur jual beli, dan jika tidak ada maka mintalah potongan harga dari yang dispakati. Faktur jual beli sangat penting, karena dengan faktur tersebut bisa sebagai syarat penjamin asuransi kendaraan serta catatan kepolisian bahwa kendaraan yang Anda beli memang benar-benar telah dipindah tangankan alias dijual secara sah.

5. Cek tahun pembuatan mobil
Mobil bekas yang sudah berusia uzur biasanya mempunyai harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan mobil yang masih muda. Tahun pembuatan mobil wajib anda ketahui untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda, khususnya dalam hal harganya.

6. Cek harga mobil di pasaran
Bagaimanapun, setiap tempat penjualan mobil / delaer mempunyai harga yang bervariasi meskipun mobilnya sama. Untuk itu anda wajib mengecek terlebih dahulu harga pasaran dari mobil yang akan anda beli tersebut. Dan jika sudah cocok, maka anda bisa membelinya. Keuntungan dari mengecek harga mobil di pasaran adalah anda tidak akan tertipu dengan harga yang lebih mahal. 

7. Jangan mudah tergiur dengan harga miring
Semua pembeli tentu menginginkan mobil dengan harga yang miring / lebih murah dari pasaran, tetapi anda harus berhati-hati dalam menyikapinya. Bisa-bisa anda menjadi korban penipuan, karena mungkin mobil tersebut adalah mobil curian atau mobil rampasan. Anda wajib berhati-hati dalam mengambil keputusan, khususnya dalam jual beli mobil bekas.

8. Mengurus kelengkapan surat kendaraan
Dalam hal ini, anda bisa mendatangi langsung kantor TU Samsat setempat untuk mengecek kembali STNK dan BPKB, apakah mobil yang anda beli masuk dalam daftar mobil hilang atau sedang bermasalah.

9. Mintalah tanda pengenal penjual
Jangan sampai anda tertipu setelah anda membeli sebuah mobil dan anda tidak mengetahui seluk-beluk penjualnya. Mintalah tanda pengenal penjual mobil tersebut (KTP) atau nomor telponnya, kemudian catatlah atau salinlah. Ini sangat penting agar jika suatu saat anda membutuhkan bantuan untuk mengurus administrasi mobil tersebut akan lebih mudah.

Sekali lagi, jangan gegabah saat hendak membeli mobil bekas agar anda bisa memiliki mobil bekas namun berkualitas. Telitilah sebelum anda membelinya, baik fisik maupun surat-suratnya agar anda tidak menyesal di kemudian hari. 

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik. 

Jika anda menilai artikel ini bermanfaat maka silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.