Latest News

TIPS MEMULAI USAHA AGAR SUKSES TERMUDAH

Tips Memulai Usaha Agar Sukses Termudah - Anda mau menjadi orang sukses? Atau anda mau menjadi milyarder dengan penghasilan tak terhingga? Mungkin banyak di antara kita yang tidak percaya, atau bahkan memmimpikannya saja takut. Memang bagi sebagian orang, membayangkan hal seperti itu rasanya tidak mungkin karena saat ini mungkin mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tetapi apakah demikian cara berpikir orang sukses? Tentu tidak demikian, karena orang yang mau sukses tidak boleh takut bermimpi dan harus mempunyai kemauan yang sangat kuat.

Banyak anak muda yang sudah menjadi orang sukses (berpenghasilan banyak, bahkan sangat banyak) dan bahkan orang sukses tidak perlu gelar sarjana. Semangat kewirausahaan dan enterpreneurship bukan datang dari apa gelarnya dan berapa usianya, tetapi seberapa besar kemauan dan kerja keras yang dilakukan. 

TIPS MEMULAI USAHA AGAR SUKSES TERMUDAH


Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikt berbagi kepada anda semua tentang bagaimana cara memulai usaha, langkah apa saja yang harus dilakukan dan hal penunjang lain. Simaklah beberapa tips memulai usaha berikut ini :

1. Mimpi dan Motivasi
Di antara beberapa syarat memulai usaha, mimpi dan motivasi merupakan yang paling pertama dan utama yang harus anda miliki. Keduanya bagaikan dua sisi yang tidak boleh dipisahkan. Di saat anda punya mimpi, maka anda harus punya motivasi untuk mewujudkannya. Misalnya anda punya mimpi memiliki restoran yang ramai pengunjung dan memiliki cabang di setiap kota, maka anda harus mempunyai kemauan yang kuat untuk mencapainya.

2. Sesuaikan dengan hobi dan kesukaan anda
Hobi adalah kesukaan kita terhadap sesuatu yang menurut kita menyenangkan. Berawal dari hobi inilah anda bisa memulai usaha bisnis anda. Dalam dunia kewirausahaan, banyak milyarder yang kaya raya hanya karena hobi dan itu nyata. Dengan menggeluti bidang yang menjadi hobi anda, tentu anda akan mempunyai semangat atau passsion yang tinggi untuk melakukannya. Hal positif lainnya adalah anda memahami tentang bidang yang anda geluti sehingga anda lebih mudah melakukannya.

3. Yakin
Pernahkah anda mendengar sebuah pepatah "You can if you think you can?." Anda bisa jika anda berpikir anda bisa. Jika ditafsirkan lebih luas adalah anda pasti bisa menjalankan usaha anda jika anda memiliki keyakinan dan optimisme yang tinggi akan hal itu. Ini adalah hubungan antara otak kanan dan psikomotorik anda. Jadi yakinlah bahwa anda bisa melakukannya dan tidak boleh pesimis.

4. Hilangkan pesimisme anda
Jika anda pesimis saat akan melakukan usaha anda, maka yang anda dapatkan adalah kegagalan dan kegagalan. Ini merupakan refleksi dari cara berpikir anda, karena apa yang ada di pikiran anda akan banyak mempengaruhi kerja anda. Jadi buanglah jauh-jauh pesimisme itu dari pikiran anda dan simpanlah optimisme dalam diri anda.

5. Mau belajar
Belajar tidak hanya di sekolah, tetapi belajar bisa di mana saja termasuk saat anda menjalankan usaha anda. Tidak mungkin orang tidakmengalami kegagalan, hanya saja orang yang sukses adalah orang yang mau belajar dari kegagalan dan menyempurnakannya di kemudian hari. Bob Sadino malah merasa senang dengan gagal / rugi, karena dengan kegagalan itu dia bisa belajar lebih banyak dan sadar akan ia lakukan. Belajarlah dari kegagalan anda, jangan menyerah ketika gagal tetapi carilah sumber kegagalannya, dan koreksilah.

6. Siap sukses dan tidak siap gagal
Mengapa siap sukses dan tidak siap gagal, bukan siap sukses dan siap gagal? Karena jika anda siap sukses dan siap gagal, berarti anda seolah mendahului kehendak Tuhan. Dengan tidak siap gagal tersebut anda justru akan selalu berhati-hati dan teliti dengan apa yang anda kerjakan sehingga mengurangi risiko kegagalan. Kegagalan itu pasti tetapi usahakan kegagalan itu bukan karena kesalahan anda. Lakukan usaha anda dengan benar, teliti, agar tidak gagal. 

7. Perencanaan yang sederhana
Merencanakan sesuatu dalam memulai usaha memang perlu dilakukan, tetapi jangan sampai itu menjadi menakuti anda untuk memulai usaha tersebut. Jika anda hanya memikirkan dan tidak melakukan maka itu sia-sia. Lakukanlah sesederhana mungkin terlebih dahulu, barulah kemudian anda merencanakan kelanjutannya dengan perencanaan yang lebih matang. Bagaimanapun, perencanaan yang disusun berdasar pengalaman akan lebih baik dan matang. Jadi jangan hanya merencanakan sesuatu dengan muluk-muluk tetapi tidak praktik, tetapi rencanakanlah dengan sederhana dulu dan lakukanlah, baru kemudian anda menyusun rencana selanjutnya.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan, meskipun masih banyak hal-hal lain yang harus diperhatikan untuk memulai usaha. Tetapi milikilah tujuh aspek di atas saat hendak memulai usaha. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Para pembaca yang kami cintai, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi semua silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.