Latest News

CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU PALING AKURAT

Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu Paling Akurat - Madu merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu dan serangga lain dari nektar bunga. Madu memiliki rasa yang manis karena kandungan monosakarida fruktosa dan glukosa, sehingga madu memiliki rasa yang hampir sama dengan pemanis. Tetapi kandungan madu jauh lebih bermanfaat dan beragam daripada pemanis biasa. 

Madu yang asli dapat mengobati berbagai jenis penyakit, dan madu adalah salah satu obat herbal yang sering digunakan oleh hampir setiap pengobatan alternatif. Madu dapat mencegah tumbunya bakteri di dalam tubuh, sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada usus besar, mengobati sakit tenggorokan dan batuk, mengurangi bau badan, mengobati luka, serta manfaat lainnya. Karena manfaatnya itulah madu saat ini menjadi primadona dan diminati oleh banyak orang. Menurut penelitian, madu memiliki kandungan yang beragam, yaitu sebagai berikut :

  • Fruktosa : 38.2%
  • Glukosa : 31.3%
  • Maltosa : 7.1%
  • Sukrosa : 1.3%
  • Air : 17.2%
  • Gula paling tinggi : 1.5%
  • Abu (analisis kimia) :0.2%
  • Lain-lain : 3.2%


Madu asli adalah madu yang benar-benar murni diambil dari lebah madu di hutan, tanpa campuran apa pun. Tetapi saat ini banyak beredar madu palsu yang dikalim sebagai madu murni, demi mendapatkan keuntungan yang berlipat. Ini tentunya merugikan anda sebagai konsumen, karena bukan manfaat yang anda dapatkan tetapi justru madharat. 

Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu Paling Akurat


Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips untuk anda semua tentang bagaimana cara membedakan madu yang asli / murni dengan madu palsu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan dan mengetahui mana madu asli, dan mana madu palsu :

1. Teteskan pada kertas
Cara yang pertama untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan meneteskan madu di atas secarik kertas. Madu asli yang diteteskan di atas kertas tidak akan banyak meresap ke dalam kertas karena kandungan airnya sangat sedikit. Tetapi madu yang palsu akan meresap ke dalam kertas karena mengandung air yang tinggi. Ini bisa anda praktikkan langsung di toko madu agar anda tidak tertipu. 

2. Tuangkan ke dalam air putih dalam gelas
Cara selanjutnya adalah dengan cara menuangkan beberapa tetes madu ke dalam air putih tersebut. Madu asli yang dimasukkan ke dalam air akan mengendap tanpa mengeruhkan air putih tersebut dan tidak tercampur dengan air. Sedangkan madu palsu jika diteteskan ke dalam air maka akan mengeruhkan air karena bercampur dengan air tersebut. 

3. Madu asli tidak akan kadaluarsa
Madu asli tidak akan kadaluarsa / expired, dan bisa bertahan 10 tahun bahkan 100 tahun. Mengapa bisa demikian? Dilansir dari Honey.com, madu asli tidak bisa expired karena madu asli mengandung Ph yang tinggi, yaitu sekitar 3.5 sampai 4.2 , serta kandungan airnya sangat sedikit (17.2%) sehingga mikroorganisme / bakteri tidak bisa berkembang biak. Simpanlah madu pada botol yang tertutup rapat dan amatilah apakah ada perbedaan rasa dan warna, jika berubah warna dan rasa maka itu adalah madu palsu.

4. Campurkan dengan kuning telur
Cara lainnya adalah campurkan beberapa tetes madu dengan kuning telur. Kuning telur yang tercampur dengan madu asli akan terkoagulasi sehingga telur terlihat seperti matang. Hal ini disebabkan karena madu asli mengandung Ph yang tinggi, sedangkan kuning telur mengandung protein yang bila dicampur akan menggumpal dan terlihat seperti matang.

5. Mengocok madu
Madu dalam botol bisa anda cek keasliannya dengan cara dikocok. Caranya dengan mengocok botol tersebut beberapa saat, dan lihatlah reaksinya. Jika madu itu asli maka setelah anda kocok akan berbusa dan mengeluarkan letupan uap saat anda membuka tutup botolnya. Cukup mudah bukan?

6. Tuang ke dalam piring
Cara lain adalah dengan menuangkan madu sebanyak 2 sendok teh ke dalam piring berwarna putih dan campur dengan air secukupnya. Kemudia goyanglah piring tersebut ke kanan dan ke kiri dan lihatlah hasilnya. Madu asli akan membentuk kotak-kotak seperti sarang lebah, sedangkan madu palsu akan bercampur dengan air. 

7. Simpan dalam freezer / pendingin
Madu yang asli jika disimpan dalam freezer dalam beberapa hari tidak akan membeku, tetapi akan menjadi seperti gel. Sedangkan madu palsu akan membeku seperti es. 

8. Dipanaskan
Cara ini juga bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah madu tersebut asli atau palsu. Tuangkan madu ke atas sendok teh, kemudian panaskan sendok tersebut dengan korek api / lilin dari bawah. Madu yang asli akan berbusa dan tumpah, sedangkan madu palsu tidak akan berbusa banyak.

9. Tuangkan di tempat terbuka
Cara yan terakhir adalah dengan menuangkan satu tetes madu pada tempat terbuka yang ada semutnya. Madu yang asli tidak dikerumuni semut karena mengandung Ph (asam) yang tinggi, sedangkan madu palsu akan dikerubuti semut karena sudah dicampur dengan pemanis buatan. 

Nah agar anda tidak tertipu oleh para penjual madu palsu, anda bisa mempraktikkan beberapa tips di atas untuk memastikan madu yang anda beli adalah madu asli. Ingat, madu yang bermanfaat bagi kesehatan adalah madu yang asli. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.