Latest News

CARA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK PALING EFEKTIF

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak - Orang tua adalah penanggung jawab bagi setiap anaknya, orang tua wajib mencukupi kebutuhan anaknya baik secara materi maupun psikologis. Orang tua diberikan amanat oleh Tuhan YME melalui anak, sehingga kita sebagai orang tua haruslah menjalankan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya. Pun demikian, pasti setiap orang tua mengalami masalah dan kendala dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya, baik masalah yang datang dari dalam maupun masalah akibat pergaulan di luar.

Pada zaman globalisasi yang serba modern ini tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya internet, yaitu kependekan dari interconnection-networking, yaitu seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya internet ini maka timbul masalah baru, khususnya bagi anak-anak kita, yaitu kecanduan game online.

CARA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK


Game online yang menawarkan berbagai fitur dan aneka macam permainan mernarik dan menghibur pasti membuat anak anda senang dan ketagihan untuk selalu memainkannya. Bahkan anak yang sudah addicted kepada game online rela mengorbankan waktu sekolah dan belajarnya untuk mendatangi warnet dan bermain game online. Ini tentu menjadi masalah serius bagi anak dan orang tua, karena dengan seperti itu maka akan membantuk karakter anak yang tidak wajar. Apalagi jika game online yang dimainkan adalah game kekerasan yang akan membuat anak anda menjadi agresif dan mengaplikasikan apa yang dimainkannya ke kehidupan nyata.

Meskipun tidak semua game online berdampak buruk, tetapi yang menjadi masalah lain adalah kecanduan yang dialami oleh anak-anak kita terhadap game online tersebut. Tentunya kita sebagai orang tua harus mencari solusi agar anak-anak kita bisa terlepas dari candu game online, atau setidaknya menguranginya. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi kecanduan game online pada anak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecanduan anak pada game online :

1. Memberikan perhatian yang lebih kepada anak
Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kecanduan anak pada game online adalah dengan cara memberikan perhatian lebih kepada anak anda. Perhatian orang tua sangat dibutuhkan oleh anak, dan tidak ada anak yang tidak ingin diperhatikan oleh orang tuanya. Perhatian orang tua kepada anak bisa dengan berbagai cara, misalnya melalui pendekatan komunikasi, pendekatan psikologis, atau dengan pemberian stimulus pada anak yang sebelumnya tidak pernah anda lakukan. Buatlah anak senyaman mungkin berada di dekat anda, sehingga berangsur-angsur ia akan melupakan bermain game. Namun untuk melakukan langkah ini tentunya anda sebagai orang tua harus menambah porsi waktu bercengkerama bersama anak anda, dan jika anda benar-benar sibuk maka buatlah jadwal tetap khusus untuk anak anda. Bisa jadi anak bermain game online karena kurangnya perhatian dari anda, atau suasana di rumah yang tidak nyaman. Memang ini membutuhkan proses dan kerja sama antarkedua orang tua, tetapi yakinlah bahwa dengan cara ini anak anda akan lebih mengutamakan keluarga daripada bermain game online.

2. Memahami kebutuhan anak
Anak memiliki kebutuhan baik dari segi materi atau dalam hal psikis. Setiap anak tentu ingin memiliki sesuatu yang disukainya, dan ini yang sulit dihindari orang tua. Jika selalu menuruti keinginan anak maka akan membuat anak menjadi manja, tetapi bila tidak dituruti tidak tega. Tetapi anda sebagai orang tua wajib mendidik anak, dan mendidik di sini bukan berarti menuruti dan memanjakan anak. Keingina anak yang sekiranya wajar boleh anda turuti, tetapi jika sudah melampaui batas maka jangan sampai anak turuti. Kebutuhan anak secara umum didominasi oleh kebutuhan psikologis, artinya di sini adalah kasih sayang tulus dari anda. Lihatlah bagaimana anak anda marah, tetapi jika anda berikan kasih sayang dan perhatian maka lambat laun anak juga akan memahami anda. Pada dasarnya ini adalah kewajiban orang tua untuk memahami kebutuhan anak, dan orang tua tidak boleh selalu menuruti keinginan anak, karena dalam peribahasa jawa disebut "welas tanpo alis" yang artinya kasihan tetapi justru menjerumuskan. Pahamilah apa kebutuhan anak anda dengan cara berkomunikasi dengan lembut dan sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar anak lebih bisa menyimpan apa yang telah dibicarakan. 

3. Membuat jadwal liburan / rekreasi bersama anak dan keluarga
bagaimanapun setiap orang membutuhkan penyegaran, begitu juga dengan anak anda. Anak bisa jadi merasa jenuh dengan rutinitasnya setiap hari, dan anda harus memperhatikan aspek ini dengan bijak. Untuk mengurangi dan menghilangkan rasa jenuh anak anda, cobalah untuk membuat jadwal liburan bersama keluarga, misalnya berenang bersama, makan bersama, piknik, atau sekadar berkebun. Cara ini akan efektif diterapkan pada anak anda, karena setiap anak akan membutuhkan penyegaran dan hal yang menyenangkan bersama keluarga. Buatlah jadwal liburan bersama anak anda, mungkin setiap bulan atau setiap selesai ujian. Ini akan membuat anak menjadi lebih mementingkan acara keluarga daripada bermain game online.

4. Masuk ke dalam dunia anak
Mungkin terdengar aneh dan mustahil, tetapi pernahkah anda mendengar bahwa orang yang pintar adalah orang yang paham dengan apa yang digelutinya. Ini berarti, sebelum anda menyelesaikan masalah kecanduan anak pada game online tentunya anda harus tahu dulu apa yang dilakukan oleh anak anda. Caranya adalah dengan masuk ke dalam dunianya, tetapi tidak perlu sepenuhnya. Cukup mengetahui dasar dan inti dari dunia anak, misalnya tahu tentang game apa yang dimainkan, bagaimana cara memainkannya, atau sekadar mengetahui tokoh mana yang disukai anak anda. Dengan pendekatan seperti ini anak akan lebih terbuka kepada anda karena ia merasa anda sudah masuk dalam dunianya, sehingga anda bisa menentukan langkah untuk bertindak. Bisa saja anda menasihati anak dengan bijak soal game yang dimainkan, dan memintanya secara halus untuk berhenti dengan alasan yang masuk akal. Tingkatkan komunikasi yang baik dengan anak anda, dan cobalah untuk masuk ke dalam dunianya. Karena ini akan mempermudah anda dalam mencari solusi yang tepat.

5. Membuat kesepakatan dengan anak
Sebagai orang tua, cobalah mengajari anak anda untuk bertanggung jawab dan menjaga amanah. Ini bisa anda lakukan sedini mungkin  dengan tujuan anak akan memahami bahwa ia telah diberi kepercayaan oleh anda sehingga ia akan menjaga kepercayaan tersrbut dengan penuh tanggung jawab. Sebagai contoh, buatlah kesepakatan dengan anak anda bahwa ia harus izin / memberitahu anda dimana ia akan bermain game, berapa lama waktu bermain game, dan itu harus sesuai dengan kesepakatan. Jika anak menepati janjinya, maka berikanlah sedikit kejutan agar ia mempertahankan tindakan baiknya. Dan berikanlah sanksi kepada anak jika ia melanggar kesepakatan, misalnya dengan mengurangi uang jajan, atau membatasi kesenangan-kesenangan lainnya. Cara ini bisa anda lakukan kepada anak anda, mungkin dengan kesepakatan lain yang lebih bisa diterima anak anda. 

Anak adalah penerus anda dan penerus bangsa, sehingga sudah seharusnya kita sebagai orang tua membimbingnya, mendidiknya, dan mengajarinya sesuatu yang baik agar kelak ia menjadi pribadi yang baik, santun, lurus, dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Jangan sampai anak anda terjerumus ke dalam dunia yang salah. Sayangi anak anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Menjaga Kesehatan Mata Termudah Terlengkap.