Latest News

CARA MENGATASI MENDENGKUR SAAT TIDUR TERMUDAH

Cara Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Termudah - Tidur adalah salah satu aktivitas penting yang dilakukan oleh manusia dan hewan, karena tidur adalah kegiatan istirahat alami. Saat tertidur maka kesadaran dan daya tanggap kita akan berkurang, serta cenderung diam tak bergerak. Hal ini disebabkan karena fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade.

Tetapi apakah anda pernah mengalami mendengkur saat tidur? Atau anda menjumpai orang yang mendengkur saat tidur? Mendengkur atau sering disebut dengan ngorok adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Mendengkur disebabkan oleh henti napas saat tidur akibat jalan napas yang tersumbat. Gejala ini disebut dengan gejala sindrom obstruktif apnea, yaitu gangguan tidur karena kesulitan bernapas.

Cara Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Termudah


Nah tentu anda akan risih dan terganggu jika di samping anda mendengkur, karena suaranya yang keras dan terus-menerus. Tetapi jangan khawatir karena pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi mendengkur saat tidur. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mendengkur saaat tidur : 

1. Senam tenggorokan 
Mungki terdengar aneh di telinga anda, tetapi senam tenggorokan dapat mengatasi masalah mendengkur saat tidur. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka mulut lebar-lebar dengan lidah yang menjulur keluar, kemudian meregangkan rahang ke kanan dengan cara dipegang. Lakukan selama 30 detik saja dan regangkan rahang ke sebelah kiri. Senam ini akan membantu anda dalam mengendorkan otot tenggorokan anda sehingga tidak mendengkur.

2. Hindari makan sebelum tidur
Makan malam beberapa saat sebelum tidur membuat potensi mendengkur semakin besar. Untuk itu hindarilah makan besar sebelum tidur, karena idealnya makan besar adalah 3 jam sebelum tidur. Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak dan susu, karena susu dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut anda yang akan mengganggu pernapasan anda.

3. Posisi tidur
Saat tidur telentang maka potensi mendengkur akan meningkat karena lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan, maka cobalah untuk merubah posisi anda ke posisi miring. Pada dasarnya, mendengkur disebabkan karena langit-langit rongga mulut, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, dan menimbulkan suara getar selama tidur. Selain itu posisi kepala saat tidur juga berpengaruh, biasanya letak kepala terlalu jaug ke belakang dari bantal. Maka dari itu cobalah untuk menopang kepala anda agar lebih tinggi sekitar 4 inchi dari badan anda.

4. Membersihkan rongga hidung
Membersihkan rongga hidung sebelum tidur bisa mengatasi masalah mendengkur saat tidur. Caranya dengan membasahi handuk dengan air hangat kemudian hiruplah uapnya. Hal ini dapat menghilangkan lendir yang menyumbat hidung anda, dan juga dapat mencegah udara kering masuk ke rongga hidung. Cara ini bisa anda lakukan selama sekitar 10-15 menit. 

5. Membersihkan sinus
Sinus adalah rongga bagian dalam hidung yang menghasilkan lendir. Nah agar anda terhindar dari mendengkur saat tidur, bersihkanlah sinus dengan cara menekan salah satu bagian hidung kemudian keluarkan udara lewat hidung dengan tekanan yang kuat, sama seperti anda mengeluarkan ingus. Dengan begitu akan mengurangi risiko mendengkur saat tidur karena pernapasan lancar.

6. Hindari minuman beralkohol dan obat penenang
Minuman beralkohol dan obat penenang adalah pemicu terjadinya dengkuran saat tidur, karena keduanya dapat menekan saluran pernapasan dan menghambat relaksasi otot anda. Tidurlah saat anda mengantuk sehingga tidak perlu menggunakan obat untuk membuat tidur.

7. Menjaga berat badan ideal
Berat badan ideal tentu baik bagi kesehatan anda, tetapi jika kelbihan berat badan (obesitas) tentu tidak baik bagi kesehatan anda. Berat badan yang berlebihan juga dapat meningkatkan potensi mendengkur saat tidur, karena pada orang gemuk terjadi penyempitan pembuluh darah dan gangguan pernapasan karena penumpukan lemak. Jagalah berat badan anda agar ideal, bisa dengan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan teratur. 

Mendengkur sangat mengganggu anda, bisa menyebabkan tiduranda tidak pulas dan mengganggu orang di sekitar anda. Cobalah lakukan tips-tips di atas untuk mengatasi mendengkur saat tidur. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Mengkonsumsi Daging Sapi Yang Sehat.