Latest News

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK TERMUDAH TERLENGKAP

Cara Mengatasi Rambut Rontok Termudah Terlengkap - Rambut manusia adalah mahkota yang tentunya memerlukan perawatan agar selalu tampak indah dan menawan. Rambut yang sehat adalah rambut yang kuat, baik akar maupun batang rambutnya. Namun tidak semua rambut itu sehat dan kuat, karena ada beberapa masalah rambut yang sering kita hadapi, di antaranya rambut bercabang, rambut rontok, atau ketombe. Hal inilah yang membuat kita gusar karena kulit kepala akan terasa gatal.

Rambut rontok pada dasarnya sangat berkaitan dengan akar rambut, artinya jika akar rambut anda kuat maka rambut anda tidak akan rontok. Penyebab rambut rontok pun sangat beragam, bisa karena faktor luar maupun faktor dari dalam diri anda sendiri. Biasanya rambut rontok terjadi pada saat-saat tertentu, misalnya saat kita tertidur, saat keramas, atau di saat memakai helm / topi. Namun anda jangan khawatir karena kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Termudah Terlengkap


Alam sebenarnya menyediakan kita berbagai obat dan penawar, hanya saja kita sendiri yang kurang menyadari dan mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok yang bisa anda lakukan di rumah :

1. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda, dan juga sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Teh hijau mengandung antioksidan dan panthenol, yang mana keduanya sangat baik untuk perawatan rambut. Panthenol adalah sumber provitamin B5 yang sering digunakan dalam perawatan rambut, karena bisa menguatkan akar rambut agar tidak rontok. Teh hijau mampu mencegah kerontokan rambut, karena kandungan dalam teh hijau dapat menghambat 5 alpha reductase, yaitu jalur kulit kepala yang mengkonversi testosteron menjadi DHT yang menyebabkan rambut rontok. Caranya seduh teh hijau dengan air panas, kemudian endapkan selama semalam. Paginya anda bisa menggunakannya dengan mengosok-gosokkan teh hijau tersebut ke kulit kepala secara merata. Lalu diamkan sampai kering kemudian keramaslah agar bersih kembali. 

2. Lidah buaya
Tanaman yang dikenal dengan aloevera ini sangat bagus untuk perawatan rambut, dan juga untuk mengatasi masalah-masalah rambut termasuk rambut rontok. Kenapa lidah buaya baik untuk rambut? Karena dalam lidah buaya terkandung vitamin, mineral dan nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya dapat menyuburkan rambut, menebalkan rambut, dan juga mencegah kerontokan rambut. Pemakaiannya pun sangat mudah, cukup ambil gel / daging lidah buaya tersebut kemudian oleskan pada kulit kepala secara merata dan dipijat-pijat. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan cara keramas atau dengan air bersih saja.

3. Kemiri
Tentu anda sering mendengar dan melihat kemiri di dalam bumbu-bumbu dapur, karena memang kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam bumbu masakan. Tapi tahukah anda bahwa kemiri juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, karena kemiri mengandung fosfor dan magnesium yang berfungsi menguatkan akar rambut sehingga sangat bagus untuk mencegah rambut rontok. Caranya sangat mudah, yaitu kemiri ditumbuk sampai agak halus, lalu digoreng tanpa minyak. Aduk-aduklah agar tidak gosong, lalu tiriskan. Kemudian tumbuklah kemiri yang sudah digoreng tadi sampai mengeluarkan minyak. Minyak itulah yang anda oleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat. Diamkan sampai minyak meresap ke kulit kepala, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya dua hari sekali agar hasilnya maksimal.

4. Daun seledri
Daun seledri yang biasa digunakan dalam masakan bisa mengatasi kerontokan rambut karena seledri mengandung kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Oleh karena itu daun seledri dapat memicu pertumbuhan rambut agar lebih sehat,hitam berkilau, dan kuat sehingga tidak mudah rontok. Caranya, blenderlah beberapa daun seledri yang dicampur dengan telur yang sudah dikocok. Setelah terampur merata, oleskan pada bagian rambut dari akar sampai ujung secara merata diserta pijitan-pijitan pelan. Diamkan sampai kering lalu bilaslah sampai bersih. Lakukan secara rutin 2 atau 3 hari sekali.

5. Minyak zaitun
Minyak alami dapat membantu dalam mengatasi rambut rontok, karena minyak zaitun mengandung anti-inflamasi yang mencegah rambut rontok, dan menyehatkan kulit kepala. Kandungan vitamin E dan asam lamak tak jenuh juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Caranya dengan memanaskan minyak zaitun, kemudian tunggu sampai agak hangat sebelum dioleskan ke kulit kepala. Oleskan ke kulit kepala secara merata dan sedikit dipijat. Diamkan sampai kering, atau bisa menggunakan shower cap, kemudian bilas dengan air bersih atau keramas. 

Cukup mudah bukan untuk mengatasi kerontokan rambut? Memang hasilnya tidak langsung terasa, tetapi membutuhkan proses bertahap. Jika ingin lebih baik lagi anda bisa menggunakan vitamin rambut (kondisioner) yang terpercaya yang tersedia di toko kecantikan atau salon. Selamat mencoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Penyebab Telapak Tangan Berkeringat.