Latest News

CARA MENGHILANGKAN BAU DAGING KAMBING TERMUDAH TERLENGKAP

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Termudah Terlengkap - Siapa di antara anda yang menyukai daging kambing tetapi tidak suka dengan baunya yang menyengat? Mungkin pertanyaan tersebut terdengar aneh, karena daging kambing akan tetap berbau prengus. Bau prengus kambing ini disebabkan oleh feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan. 

Daging kambing memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh anda, kecuali bagi anda yang mempunyai penyakit darah tinggi dan stroke. Daging kambing mempunyai bau yang khas dan cenderung bikin muntah, yaitu prengus. Namun demikian anda bisa menyiasatinya agar daging kambing yang anda konsumsi bebas dari bau prengus. 

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Termudah Terlengkap -


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing :

1. Saat memotong daging kambing
Cara yang pertama adalah saat anda memotong daging kambing. Bau prengus pada kambing bersumber dari tanduk kambing. Jadi jika tangan anda telah memegang tanduk kambing saat menyembelihnya, maka jangan gunakan tangan yang sama untuk memotong daging kambing yang akan dimasak. 

2. Saat aging
Daging kambing yang baru disembelih akan terasa alot jika langsung dimasak. Untuk itu sebaiknya anda menggantung kambing yang telah dikuliti dengan posisi kepala terbalik. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa darah dalam tubuh kambing. Untuk hasil yang maksimal gantunglah kambing tersebut selama 24 jam. 

3. Simpan di freezer
Cara lainnya adalah dengan memasukkan dan menyimpan potongan daging kambing ke dalam pendingin / freezer selama semalam dengan suhu 4 derajat celcius dan dibungkus dengan handuk bersih. 

4. Dengan mentimun
Ketimun bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing, dan cara ini cukup efektif. Caranya adalah dengan meremas-remas daging kambing yang sudah dipotong dicampur dengan beberapa iris mentimun. Lakukan cara ini selama beberapa menit agar getah mentimun meresap dalam daging kambing dan menghilangkan bau prengusnya. Cara ini tidak mengurangi cita rasa daging kambing yang khas.

5. Gunakan sedikit air
Banyak orang yang mengatakan bahwa mencuci daging kambing dengan air akan menambah bau prengusnya. Sebenarnya ini tidak salah, namun yang paling benar adalah jika mencuci daging kambing maka harus segera dikeringkan dengan handuk atau kain yang meresap. Ingat, jangan mencuci kambing jika belum akan diolah. Cucilah daging kambing jika akan segera diolah.

6. Dicampur dengan bumbu dapur
Bumbu-bumbu dapur yang dimaksud di sini antara lain jahe, kunyit, kapulaga, sere, salam, dan lengkuas. Haluskanlah terlebih dahulu bumbu-bumbu tersebut sebelum dicampur dengan daging kambing. Kemudian rebuslah daging kambing bersama dengan campuran bumbu-bumbu tersebut sampai empuk. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

7. Campuran lain
Selain cara di atas anda juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan cara-cara berikut ini :

  • Rebus 1 kilogram daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare sekitar 10 gram.
  • Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya.
  • Rebus 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kilogram daging kambing dan 50 gram cuka kemudian tiriskan.
  • Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. 
  • Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan dimasukkan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus kurang lebih selama setengah jam.


Cara-cara di atas bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau menyengat pada daging kambing, disesuaikan dengan ketersediaan perlengkapan anda. Nikmatilah daging kambing dengan aneka masakan tanpa bau prengus. Selamat mencoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.