Latest News

CARA MENGHILANGKAN RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN NORMAL

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal - Seorang ibu yang sedang hamil tentu sangat menunggu kehadiran jabang bayi yang dikandungnya ke dunia dalam keadaan sehat baik fisik maupun mental, tetapi di sisi lain ada sebagian ibu yang takut saat menjelang persalinan terutama dalam persalinan secara normal. Inilah fenomena nyata yang terjadi saat ini, dimana tidak semua ibu mampu melewati saat-saat menentukan tersebut. Banyak dari ibu yang tidak mau merasakan rasa sakit saat melahirkan anaknya, sehingga dipilihlah metode melahirkan yang tidak menyakitkan.  Padahal jika setiap ibu yang melahirkan anaknya secara normal ditanya, maka mereka akan menjawab rasa sakit melahirkan normal hanya sekejap dan proses pemulihannya sangat cepat.

Melahirkan secara normal memang menjadi momok bagi sebagian ibu, terutama bagi para ibu muda atau yang baru pertama kali melahirkan. Tentu ini sangat wajar, karena dalam benak mereka para ibu yang dipikirkan adalah rasa sakit yang luar biasa, menghabiskan banyak tenaga, serta kekhawatiran-kekhawatiran lain. Padahal dalam dunia medis, seorang ibu dianjurkan melahirkan secara normal karena selain proses recovery yang cepat, juga dianggap sebagai seorang ibu sejati. Memang saat melahirkan normal rasanya sakit, melelahkan, tetapi kadar sakit setiap ibu berbeda. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah ukuran bayi yang dilahirkan, teknik melahirkan, pengalaman melahirkan, dukungan moril dari keluarga (suami), dan kesiapan mentalnya. 

CARA MENGHILANGKAN RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN NORMAL


Nah bagi anda para calon ibu yang masih takut dan enggan melahirkan secara normal, pada kesmpatan ini kami akan berbagi tips tentang cara menghilangkan rasa sakit saat melahirkan normal. Berikut adalah beberapa langkah yang harus anda lakukan agar tidak sakit saat melahirkan normal : 

1. Meminta pertolongan kepada Tuhan YME
Tak bisa dipungkiri bahwa Tuhanlah yang menciptakan alam semesta dan isinya, serta Dia-lah yang menentukan garis hidup seseorang. Maka dari itu, mintalah pertolongan kepada-Nya dengan berdoa dan berzikir serta meminta keselamatan bagi anda dan bayi yang akan anda lahirkan. Sematang apa pun rencana manusia, tidak akan berarti jika Tuhan tidak menghendaki. Sekali lagi, hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah meminta pertolongan, perlindungan, dan keselamatan kepada Tuhan YME agar proses persalina  berjalan lancar. 

2. Melahirkan itu anugerah dan tidak menyakitkan
Seorang ibu hendaknya meyakini bahwa persalinan itu adalah anugerah dari Tuhan YME yang mana tidak semua ibu diberi kesempatan untuk itu. Banyak wanita yang ingin melahirkan tetapi belum dikehendaki oleh-Nya, maka jika anda diberikan anugerah tersebut maka bersyukurlah. Melahirkan memang sakit, tetapi jika anda berkeyakinan bahwa melahirkan tidaklah sakit maka secara psikologis akan berpengaruh positif kepada anda dan anda tidak akan merasakan sakit seperti yang anda khawatirkan. Tetapi jika anda berkeyakinan dan selalu membayangkan sakitnya melahirkan maka rasa sakit yang luar biasa yang akan anda rasakan. Sekali lagi, yakinlah bahwa melahirkan itu tidak sakit, dan anda wajib percaya bahwa anda mampu melaluinya. 

3. Rileks menjelang persalinan
Jika anda ingin melahirkan secara normal dan lancar, dan minim rasa sakit maka rilekslah saat menjelang persalinan. Dengan pikiran tenang dan otot-otot yang rileks maka proses persalinan anda akan lancar tanpa sakit yang berlebihan. Otot harus dalam keadaan luwes / renggang saat melahirkan khususnya di bagian pinggul, paha, dan perut. Jika keadaan otot anda kaku maka cobalah untuk rileks dan tenangkan pikiran anda. Jika anda tegang dan was-was menjelang persalinan, maka itu justru akan membuat otot anda kaku, dan menyebabkan rasa sakit. 

4. Jalan-jalan kecil menjelang melahirkan
Melakukan jalan-jalan kecil sebelum melahirkan akan membantu anda terhindar dari rasa sakit saat melahirkan, karena dengan cara ini dapat mempercepat dan memperlancar proses persalinan. Lakukan jalan santai di ruang bersalin saat kontraksi belum memuncak dan mendapatkan izin dari dokter anda. 

5. Mengatur pernapasan dengan benar
Teknik pernapasan cukup menentukan saat anda hendak melahirkan, karena dengan teknik pernapasan yang benar maka proses persalinan akan berjalan lancar dan cepat, sehingga tidak menyiksa anda. Hal ini berdasarkan penelitian ilmiah, yaitu melakukan teknik pernapasan yang benar dapat mengatur pasokan oksigen, mengatur energi, membuat rileks, membantu saat mengejan, serta mendorong respon positif terhadap kontraksi. Anda wajib mengatur pernapasan dengan benar, karena dalam proses persalinan normal anda akan membutuhkan banyak tenaga dan energi. Biasanya bidan / dokter akan memberikan aba-aba untuk mengatur napas anda.

6. Gunakan teknik melahirkan yang benar
Secara teoritis, melahirkan membutuhkan beberapa teknik yang harus dilakukan dengan baik dan benar oleh seorang ibu yang sedang melahirkan, misalnya teknik mengejan dan mendorong. Di sinilah peran penting seorang bidan atau dokter yang mendampingi anda, karena tentunya dia akan memberikan aba-aba pada anda. Jika teknik melahirkan anda pahami dan lakukan dengan benar, maka itu akan memperlancar proses persalinan anda dan anda tidak merasakan sakit. Pilihlah dokter yang berpengalaman dan lakukan saja apa instruksinya.

7. Dukungan moral dari keluarga / suami
Apakah anda peracaya dengan kekuatan cinta? Jika anda belum percaya, maka percayalah. Kekuatan cinta yang besar dapat mengubah sebagalanya, termasuk menghilangkan rasa sakit menjadi sebuah kekuatan yang tak terhingga. Memang psikologi seorang ibu yang sedang melahirkan tentu mengalami sedikit guncangan karena kekhawatiran yang berlebih, untuk itu sangat disarankan agar anggota keluarga (suami khususnya) memberikan dukungan moril kepada sang istri agar kuat dan yakin dapat melewati persalinan dengan lancar. Seorang suami bisa memberikan dukungan moril dengan berbagai cara, misalnya menemani dan memberikan semangat kepada istri, mengusap peluhnya, membetulkan posisi bantal yang salah, atau dengan cara apa pun yang menunjukkan kecintaan dan kasih sayang seorang suami kepada istri. Dengan dukungan dan perhatian tersebut, niscaya akan meningkatkan kekuatan dan keyakinan sang ibu untuk melahirkan dan rasa sakit akan hilang begitu saja. Inilah pentingnya peran suami / keluarga bagi ibu yang sedang melahirkan. Hubungan intuisi  yang kuat antara suami-istri akan begitu kuat mengalahkan rasa sakit.

Nah, apakah anda masih takut dengan persalinan normal karena rasa sakit? Jika anda berpikir anda mampu melewati persalinan normal tanpa rasa sakit, maka saat anda melahirkan anda tidak akan merasakan sakit itu. Ini adalah mindset yang harus anda yakini dan terapkan, agar anda terhindar dari rasa sakit saat melahirkan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik. 

Jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat, maka silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.