Latest News

CARA MENGKONSUMSI DAGING SAPI YANG SEHAT

Cara Mengkonsumsi Daging Sapi Yang Sehat - Daging sapi adalah daging yang mempunyai rasa yang lezat dan nikmat, maka tak heran jika banyak orang menyukai daging sapi. Pada dasarnya daging sapi mempunyai kandungan gizi yang cukup beragam dan bermanfaat bagi tubuh manusia, misalnya protein, omega 3, zat besi, selenium, vitamin D, vitamin B kompleks, dan masih banyak lagi. Namun masih banyak orang yang diet menghindari daging sapi dalam menu mereka, padahal jika cara pengolahannya benar dan sehat maka tidak akan menggagalkan program diet.

Mengkonsumsi daging sapi yang sehat tergantung dari cara pengolahannya, selain kualitas daging sapi itu sendiri. Daging sapi memang mengandung lemak yang cukup tinggi, namun itu bisa diatasi dengan memisahkannya dari daging sapinya. Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengkonsumsi daging sapi wajib anda ketahui agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan anda.

CARA MENGKONSUMSI DAGING SAPI YANG SEHAT


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara memasak daging sapi yang sehat. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan agar daging sapi sehat untuk dikonsumsi :

1. Memisahkan lemak
Lemak biasanya menempel pada daging sapi, dan anda harus memisahkannya agar menjadi daging sapi yang sehat. Cara memisahkan lemak dari daging sapi cukup mudah, cukup memotong bagian luar daging yang berwarna putih karena itu adalah lemak. Tetapi jangan sampai anda memotong bagian putih dalam daging, karena akan membuat potongan daging menjadi lebih kecil dan tidak sesuai dengan ukuran yang anda mau. Lemak dalam daging yang sedikit itu akan meleleh saat dipanaskan, jadi anda tidak perlu khawatir. Sedikit lemak dalam daging sapi akan membuat cita rasanya menjadi gurih.

2. Cara Memasak
Daging sapi yang sehat dan aman dikonsumsi sangat berkaitan dengan cara / metode memasak anda. Jika anda memasaknya dengan meode yang benar dan sehat, maka makanan yang dihasilakan juga akan sehat pula. Untuk mengkonsumsi daging sapi yang sehat, sebaiknya anda menggunakan sedikit minyak dan mentega karena keduanya akan menambah kadar lemak.Gunakan metode memasak seperti steam, direbus, dikukus, dipanggang, atau cara memasak lain yang tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng. Dengan begitu daging sapi olahan anda akan tetap sehat dan sehat untuk anda konsumsi.

3. Memilih Potongan Daging Sapi
Daging sapi mengandung lemak, tetapi hanya beberapa bagian saja yang mengandung banyak lemak. Sedangkan untuk bagian daging sapi yang minim lemak adalah daging sapi yang berwarna merah, misalnya tenderloin atau has atau fillet. Daging sapi yang berwarna merah kaya akan zat besi, asam lemak, protein, seng, selenium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Hindarilah mengkonsumsi daging sapi pada bagian-bagian yang mengandung banyak lemak, seperti jeroan, kulit, dan iga.

4. Gunakan Rendah Sodium
Sodium adalah bagian dari garam, dan sodium tidak boleh terlalu banyak saat anda mengolah daging sapi karena jika anda menggunakan sodium untuk membumbui daging sapi terlalu banyak maka dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa membuat tekanan darah tinggi. Sebaiknya anda gunakan bumbu-bumbu herbal, rempah-rempah, atau jeruk yang akan membuat aroma olahan daging sapi anda semakin menggoda.

5. Hindari Konsumsi Daging dalam Kaleng
Jika anda ingin makan daging sapi yang sehat dan aman dikonsumsi maka hindarilah mengkonsumsi daging sapi gilingan atau kalengan. Kenapa? Karena kebanyak daging sapi dalam kaleng tersebut sudah tidak segar lagi namun tetap diolah agar bisa tetap terjual. Selain itu daging kalengan dan daging giling mengandung banyak lemak, karena saat digiling lemak tidak disingkirkan sebelumnya. Sebaiknya anda membeli daging sapi mentah dan mengolahnya sendiri dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

Anda tidak perlu takut makan daging sapi karena pada dasarnya daging sapi tidak membuat anda gemuk. Yang membuat anda gemuk adalah lemak yang menempel pada daging, jadi bersihkanlah terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Memasak Daging Yang Benar Terlengkap.