Latest News

CARA MENINGKATKAN STAMINA TUBUH PALING AMPUH

Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Paling Ampuh - Dalam melakukan segala seuatu, kita membutuhkan stamina atau energi yang harus dikeluarkan. Sedikit banyaknya stamina yang kita keluarkan tergantung dari seberapa berat aktivitas anda. Jika aktivitas anda ringan tentu anda membutuhkan sedikit stamina, tetapi jika aktivitas berat maka kebutuhan staminanya pun juga banyak. Setiap orang mempunyai stamina yang berbeda-beda, ada yang staminanya bagus tapi banyak pula yang staminanya buruk.

Stamina sendiri berarti kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik selama jangka waktu tertentu. Stamina tubuh bisa saja naik dan bisa juga menurun, ini sangat berkaitan dengan kondisi tubuh anda. Jika anda sedang sakit maka biasanya stamina anda juga ikut menurun. Tetapi jika kondisi badan anda fit dan bugar, maka staminanya pun akan ikut meningkat.

Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Paling Ampuh


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara meningkatkan stamina tubuh, agar anda yang sedang loyo dan lemas dapat segera pulih dan fit. Berikut ini beberapa cara meningkatkan stamina tubuh :

1. Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan akronim dari mengolah raga, yang artinya menggerakkan tubuh / raga dengan gerakan-gerakan tertentu. Olahraga merupakan cara meningkatkan stamina tubuh yang paling mudah dan murah, karena anda tidak banyak mengeluarkan banyak biaya untuk berolahraga. Olahraga yang paling baik untuk meningkatkan stamina adalah olahraga aerobik, seperti bersepeda, berenang, dan lari, senam, dan olahraga aerobik lainnya. Karena olahraga tersebut dapat memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi pasokan oksigen yang sampai ke tubuh. Semakin banyak oksigen yang masuk ke tubuh maka akan membuat organ-organ tubuh bekerja lebih efektif untuk meningkatkan efisiensi produksi energi / stamina.

2. Minum air putih yang cukup 
Sekali lagi, air putih sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh anda, begitu juga untuk meningkatkan stamina tubuh anda. Dengan banyak minum air putih maka pencernaan akan lancar dan peredaran darah dalam tubuh juga lancar, sehingga oksigen akan lebih mudah masuk ke dalam organ-organ tubuh anda. Tetapi jika anda kekurangan cairan / dehidrasi maka darah akan mengental yang menyebabkan kelelahan. Darah yang mengental membuat aliran darah menjadi lambat dan butuh waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen. Jadi jangan sampai anda kekurangan cairan, cukup minum 8 gelas air putih dalam sehari.

3. Menentukan makanan
Inilah yang sering dilupakan oleh sebagian besar orang yaitu dalam hal konsumsi makanan. Banyak yang percaya bahwa makan dalam porsi besar itu bisa meningkatkan stamina, padahal itu salah. Pola makan yang tidak teratur dan dalam jumlah besar justru akan berdampak buruk bagi stamina anda. Makan dalam jumlah besar akan menyebabkan gula darah menumpuk dan akan menumpuk di sel otot,sehingga banyak insulin yang dikeluarkan oleh tubuh dan kita mengalami kelelahan. Konsumsilah makanan yang syarat nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, omega 3, vitamin, zat besi, dalam porsi yang kecil saja, serta teratur.

4. Istirahat cukup
Waktu istirahat adalah saat dimana tubuh berhenti melakukan aktivitas yang berguna untuk regenarasi sel dan pemulihan stamina. Untuk itu jangan abaikan waktu istirahat anda, karena dengan istirahat itulah tubuh anda akan kembali segar dan bugar. Istirahat di malam hari dengan tidur, idealnya 6-8 jam. Jangan sering begadang karena akan menyebabkan anda lemah dan lesu.

Ada banyak cara untuk meningkatkan stamina tubuh anda, namun empat poin di atas sudah cukup mewakili apa yang harus anda lakukan agar stamina tetap bagus. Dengan stamina bagus maka pekerjaan dan aktivitas anda akan memuaskan dan tidak mengecewakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 

Baca juga artikel berikut ini : Olahraga Untuk Mengecilkan Paha Paling Ampuh.