Latest News

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA TERMUDAH TERLENGKAP

Cara Menjaga Kesehatan Mata Termudah Terlengkap - Dalam tubuh manusia terdapat lima indera yang dikenal dengan panca indera, yaitu mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Panca indera yang dimiliki oleh manusia tersebut begitu besar manfaatnya, karena itu merupakan anugerah dari Tuhan YME yang tidak akan bisa digantikan oleh indera ciptaan manusia. Setiap indera mempunyai fungsi masing-masing dan mempunyai keistimewaan, karena itulah wujud dari kesempurnaan ciptaan-Nya. 

Kita sebagai manusia wajib menjaga dan menggunakan indera pemberian Tuhan YME dengan bijak, bukan digunakan untuk sesuatu hal yang tidak bermanfaat apalagi untuk suatu hal yang buruk. Indera yang diberikan Tuhan YME bukan tanpa batas, artinya suatu saat pasti indera manusia mengalami penurunan fungsi, atau bisa juga rusak dan tidak berfungsi. Untuk itulah kita harus menjaga dan merawat anugerah tak ternilai tersebut dengan cara-cara yang bijak pula. 

Cara Menjaga Kesehatan Mata Termudah Terlengkap


Salah satu indera manusia yang harus kita perhatikan adalah mata. Mata mempunyai peran yang vital bagi kehidupan manusia, karena dengan matalah kita bisa melihat indahnya dunia ini. Kita membaca membutuhkan mata, kita melihat TV membutuhkan mata, sehingga peran mata begitu penting. Namun saat ini tentu kita sudah banyak mendengar berbagai macam penyakit mata, misalnya katarak, miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), presbiopi (tidak dapat melihat obyek / benda baik jauh maupun dekat), atau buta secara permanen. Ada sebagian penyakit yang disebabkan oleh faktor genetika dan karena kuasa Tuhan, tetapi tidak sedikit pula penyakit mata yang muncul akibat kesalahan kita sendiri. 

Berawal dari fenomena ini, alangkah baiknya jika kita senantiasa menjaga mata kita agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya, karena sungguh mata adalah salah satu harta kita yang paling berharga. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara menjaga kesehatan mata, setidaknya kita bisa mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan untuk mata kita. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana menjaga kesehatan mata :

1. Mengkonsumsi makanan sehat untuk mata
Langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkonsumsi wortel, tomat, kol, bayam, alpukat, biji bunga matahari, dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung beta karoten sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda, karena beta karoten yang masuk dalam tubuh akan dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Kita tahu bahwa vitamin A adalah nutrisi poko bagi mata. Wortel misalnya, selain mengandung beta karoten juga dapat membantu tubuh membuang radikal bebas dalam tubuh. 

2. Hindari membaca dengan cahaya redup
Sebenarnya, membaca dengan keadaan cahaya yang redup tidak merusak mata, tetapi mata akan menjadi tegang. Karena pada saat anda membaca dengan cahaya yang redup, mata akan kesulitan untuk fokus sehingga mata akan bekerja lebih keras untuk memisahkan kata yang anda baca. Inilah yang membuat mata anda menjadi tegang. Dan jika ini berlangsung cukup lama maka dapat menyebabkan mata sakit, gatal, sakit kepala, nyeri punggung dan leher serta penglihatan berkurang. Sebaiknya anda membaca dengan pencahayaan yang sedang, tidak terlalu gelap tetapi juga tidak terlalu terang.

3. Membaca dengan jarak ideal
Untuk menjaga kesehatan mata anda, sebaiknya jika anda sedang membaca buku atau tulisan jagalah jarak ideal antara mata dan obyek tersebut. Jarak yang ideal dalam membaca adalah 30 cm. Membaca dengan jarak yang ideal ini dapat menghindarkan mata anda dari miopi (rabun jauh) dan hipermetropi (rabun dekat).

4. Hindari mengucek mata
Kebiasaan yang sulit dihilangkan adalah kebiasaan mengucek mata. Mengucek mata sering dilakukan saat selesai membaca, bangun tidur, di depan komputer, atau kelilipan. Padahal saat anda mengucek mata dengan tangan, belum tentu tangan anda steril dan bebas dari kuman. Jika anda mengucek mata dengan tangan yang kotor dan terdapat kuman / bakteri maka itu bisa menyebabkan infeksi mata. Tentunya ini sangat berbahaya bagi kesehatan mata anda. Jadi hindarilah mengucek mata dengan tangan, apalagi tangan yang kotor.

5. Hindari membaca sambil tiduran
Membaca sambil tiduran sering dilakukan saat akan tidur, karena mungkin malas untuk beranjak ke meja baca. Yang harus anda ketahui adalah, jika anda membaca dengan posisi tidur bisa menyebabkan rabun jauh dan mengganggu kesehatan mata anda. Membaca sebaiknya dengan posisi duduk / berdiri dengan cahaya dan jarak yang ideal.

6. Mengedipkan mata
Pada saat kita membaca atau melihat objek dengan fokus, maka seringkali kita lupa untuk mengedipkan mata. Padahal mengedipkan mata dapat membuat mata kita lebih santai dan tidak tegang. Lakukanlah sesering mungkin agar mata tidak terus tegang.

7. Mengistirahatkan mata
Mata manusia pasti akan mengalami lelah jika digunakan secara terus-menerus, untuk itu mata juga membutuhkan istirahat. Mengistirahatkan mata bisa anda lakukan dengan cara tidur, dan akan lebih baik lagi jika anda menggunakan mentimun untuk mata anda. Caranya, gunakan dua irisan mentimun segar dan dingin untuk mengompres mata anda sebelum tidur, lakukan selama 10 menit. Dengan cara ini akan membuat mata lebih santai dan terhindar dari pembengkakan.

8. Hindari memakai lensa mata berlebihan
Memakai aksesoris mata boleh saja dilakukan, namun jangan sampai berlebihan. Misalnya saja dalam menggunakan lensa kontak, sebaiknya tidak lebih dari 19 jam karena dapat mengganggu kesehatan mata anda, bahkan merusak organ mata. Contoh lain adalah memakai kacamata dan tetes mata, jangan memakai kacamata untuk waktu yang lama dan jangan terlalu sering menggunakan tetes mata.

9. Olahraga mata
Mata membutuhkan olahraga agar lebih santai dan menghilangkan mata lelah. Caranya mudah, yaitu dengan duduk tegak di depan meja dan letakkan siku di permukaan. Tutup kedua belah mata menggunakan telapak tangan dengan lembut, dan pastikan tidak ada cahaya yang dapat masuk melalui sela-sela jari. Diamkan selama 30 detik kemudian jauhkan telapak tangan dari mata anda sambil membuka mata anda.   Aksi ini berguna untuk memberikan kesempatan bagi mata untuk beristirahat dan menghilangkan mata lelah.

10. Hindari di depan komputer terlalu lama
Internetan dan bermain game dengan komputer atau laptop memang mengasyikkan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus maka akan menyebabkan mata anda lelah dan terkena radiasi. Radiasi bisa datang dari komputer, laptop. gadget, maupun hp. Untuk itu gunakanlah alat-alat tersebut seperlunya saja, dan segarkan mata anda dengan melihat jendela setiap 15 menit sekali. Radiasi dari komputer dapat membuat mata minus. 

Indera penglihatan manusia akan tetap sehat dan baik jika dirawat dan dijaga dengan baik pula. Begitu juga sebaliknya, jika digunakan terus-menerus tanpa perawatan dan istirahat maka akan mempercepat kerusakan mata anda. Lakukanlah tips-tips di atas agar mata anda tetap sehat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Gejala Batu Ginjal Dan Penyebabnya.