Latest News

CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI TERMUDAH

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Termudah - Apakah anda memiliki keluhan dengan hipertensi? Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi merupakan sebuah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah tinggi merupakan pemicu berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, aneurisma, atau penyakit ginjal kronis. Hipertensi disebabkan oleh banyak hal misalnya kolesterol yang berlebihan, beban pikiran yang berat, atau karena genetika.

Hipertensi sulit dideteksi kecuali saat anda memeriksakan diri ke dokter. Hanya saja, penderita hipertensi biasanya mengalami sakit kepala / pusing, leher kencang, vertigo, bahkan sampai pingsan. Meskipun demikian tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang tepat. Mulailah hidup sehat dari sekarang agar anda terhindar dari hipetensi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Termudah


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah dan akurat. Berikut adalah beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi :

1. Olahraga
Olahraga adalah salah satu syarat penting untuk menurunkan tekanan darah anda. Karena Olah raga dapat menguatkan jantung sehingga ia bisa lebih efektif memompa darah, sehingga tekanan darah pada arteri tidak terlalu tinggi. Olah raga juga sangat baik menurunkan berat badan dan mengurangi stres. Jadi jangan lupa berolahraga sejenak di pagi atau sore hari.

2. Lakukan meditasi
Meditasi dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena dengan meditasi tubuh menjadi rileks sehingga dapat memicu tubuh untuk memroduksi oksida nitrat. Oksida nitrat adalah senyawa yang membantu membuka pembuluh darah sehingga darah mengalir lancar dan tekanan darah berkurang. Selain itu meditasi juga dapat meningkatkan konsentrasi anda dan menenangkan pikiran.

3. Mengontrol berat badan
Berat badan yang berlebihan bisa jadi menjadi awal dari naiknya tekanan darah anda, maka sebaiknya anda menjaga berat badan anda agar ideal. Cara mengukur berat badan ideal adalah dengan cara tinggi badan anda dikurangi 110. Misalnya tinggi badan niko 170, maka berat badan idealnya adalah 170-110 = 60 kg.

4. Berhenti merokok
Merokok bisa memicu naiknya tekanan darah dalam tubuh anda, karena nikotin yang ada dalam asap rokok masuk dan menempel ke pembuluh darah anda, sehingga menyempitkan pembuluh darah. Jauhilah rokok sejak dini agar tubuh selalu sehat dan bebas hipertensi.

5.Kurangi makanan berlemak
Makanan yang anda konsumsi cukup berpengaruh atas tekanan darah dalam tubuh anda, karena makanan yang berlemak dan kolesterol dapat menyumbat pembuluh dara. Makanlah coklat, kacang, pisang, cabai, setiuap hari agar tekanan darah anda turun. Beberapa makanan tersebut terbukti mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda. Kurangilah makanan yang mengandung garam, dan sebaiknya, konsumsi 2.300 miligram natrium per hari demi kesehatan. Jumlah itu diperuntukkan bagi orang dewasa. Sedangkan usia 50 tahun ke atas, disarankan mengonsumsi maksimal 1.500 miligram natrium.

6. Kurangi kafein dan alkohol
Minuman yang dapat memicu tekanan darah tinggi antara lain kopi dan alkohol. Kopi mengandung kafein yang dapat menyumbat pembuluh darah, begitu juga dengan alkohol. Kurangilah minum kopi dalam jumlah banyak, cukup sehari sekali saja. Hindarilah minum alkohol karena selain meningkatkan tekanan darah juga menyebabkan penyakit mematikan lain seperti obesitas, penyakit syaraf, pengerasan hati, anemia, dan lain-lain. Perbanyaklah minum air putih karena air putih dapat melancarkan peredaran darah, cukup 8 gelas dalam sehari.

Jika anda mengalami hipertensi maka anda bisa melakukan beberapa tips di atas agar tekanan darah anda normal kembali, dan jika tidak berhasil maka sebaiknya periksa ke dokter. Mulailah hidup sehat dari sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.