Latest News

CARA MERAWAT KAWAT GIGI TERMUDAH TERLENGKAP

Cara Merawat Kawat Gigi Termudah Terlengkap - Saat ini banyak sekali orang-orang yang memakai kawat gigi atau behel, dan bukan hanya bertujuan untuk merapikan gigi saja tetapi sudah menjadi asesoris dan lambang status sosial. Kawat gigi atau behel pada dasarnya dipakai untuk merapikan gigi-gigi yang tidak rapi / rata, dan teknologi ini mulai digemari oleh para remaja. Behel berbentuk garis yang memanjang, menempel di sepanjang gigi bagian luar dan warnanya pun sekarang bermacam-macam.

Kawat gigi biasanya dipakai selama beberapa bulan, tergantung dari seberapa parah masalah yang dialami gigi. Dan tentunya selama memakai kawat gigi tersebut anda harus merawatnya agar gigi anda tetap sehat dan tidak menimbulkan infeksi atau masalah lain. Umumnya pemakai behel kurang memperhatikan saran-saran dari dokter, sehingga banyak pemakai behel yang mengalami masalah dengan kesehatan giginya.

CARA MERAWAT KAWAT GIGI TERMUDAH TERLENGKAP


Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat gigi yang memakai behel agar selalu sehat dan bersih. Berikut ini adalah tips sehat merawat gigi yang menggunakan behel :

1. Menyikat gigi dua kali sehari
Gigi yang terpasang behel harus tetap disikat agar kesehatan dan kebersihan gigi tetap terjaga. Untuk pengguna behel, setiap menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali. Yang pertama sikatlah gigi tanpa pasta, baru kemudian menggunakan pasta. Selain itu anda harus memakai sikat gigi yang kecil dan berbulu halus agar tidak merusak behel anda. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan sikat gigi khusus untuk menyikat sela-sela gigi anda, karena menggunakan behel mempercepat pembentukan karang gigi. Biasakanlah menyikat gigi dua kali sehari agar kebersihan dan kesehatan gigi tetap terjaga. 

2. Hindari makanan keras
Makanan yang bertekstur keras akan merubah struktur behel dan akan menggagalkan proyek behel anda, bahkan bisa merusak brecket behel tersebut. Pilihlah makanan yang lunak dan mudah mudah dikunyah seperti sup jagung, bubur, sayur bayam, selada, pisang, pepaya, atau jenis makanan lain yang lunak. Sebelum mengunyah makanan tersebut, ada baiknya anda memotongnya menjadi bagian-bagian kecil agar tidak terlalu lama mengunyah. Kunyahlah secara perlahan agar tidak melukai mulut anda akibat gesekan kawat gigi. Gunakan gigi bagian belakang saat mengunyah.

3. Hindari makanan manis berlebihan
Makanan yang manis-manis boleh anda konsumsi asalkan dalam jumlah yang wajar, tidak berlebihan. Makanan yang manis akan mengundang banyak bakteri dan menempel di kawat gigi yang bisa mengakibatkan keroposnya kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi anda. Biasakan membersihkan gigi setelah makan.

4. Hindari mengunyah permen karet
Permen karet memang lunak tetapi akan lengket ketika dikunyah dalam waktu yang lama. Hindarilah mengunyah permen karet agar tidak menempel di kawat gigi anda, karena jika menempel akan sulit dilepaskan apalagi jika di bagian-bagian yang sulit dijangkau. 

5. Banyak minum air putih
Air putih selain baik bagi kesehatan tubuh juga dapat mengurangi bau mulut anda. Para pemakai behel biasanya bermasalah dengan bau mulut. Air putih sebaiknya diminum dalam jumlah banyak karena dapat mengurangi timbulnya bakteri di mulut sehingga anda bebas dari bau mulut.

6. Konsultasi ke dokter secara rutin
Bagaimanapun jangan sampai anda mengesampingkan saran dokter gigi yang menangani anda, karena ia lah yang lebih paham tentang gigi dan behel. Konsultasilah ke dokter secara rutin dan lakukanlah apa yang dianjurkan. Mintalah dokter gigi untuk memeriksa gigi dan behel di mulut anda, dan jika ada masalah agar segera ditangani.

Menggunakan kawat gigi memang tidak bermasalah asalkan anda mampu dan mau merawatnya dengan baik sesuai dengan saran dokter. Inti dari perawatan adalah menjaga kebersihan gigi dan behel dari bakteri dan sisa-sisa makanan yang anda konsumsi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.