Latest News

CARA MUDAH MENGATASI INSOMNIA TERLENGKAP

Cara Mudah Mengatasi Insomnia Terlengkap - Insomnia adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian orang, karena dapat mengurangi waktu tidur. Insomnia adalah sebuah gejala kelainan dalam tidur, yaitu sulit untuk tidur atau mempertahankan tidur. Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang paling utama adalah faktor psikologis. Apakah anda juga mengalami insomnia? 

Insomnia pada dasarnya bisa diobati, karena insomnia timbul akibat dari kekhawatiran kita sendiri bahwa kita akan susah tidur. Pengobatan psikologi seperti terapi kognitif cukup membantu mengatasi malasah inisomnia ini. Terapi kognitif adalah terapi yang mengajarkan seseorang untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur. Tetapi ada beberapa cara praktis dan mudah yang bisa anda lakukan agar terbebas dari insomnia.

Cara Mudah Mengatasi Insomnia Terlengkap


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi susah tidur atau insomnia.Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi insomnia :

1. Mandi air hangat
Mandi dengan air hangat bisa mengatasi insomnia, karena air hangat dapat meregangkan otot-otot anda yang tegang, apalagi jika anda selesai bekerja yang tentunya capai. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh anda menjadi rileks dan nyaman sehingga anda akan merasa kantuk dan cepat tidur.

2. Hindari konsumsi kafein dan nikotin
Kafein dan nikotin adalah dua zat stimulan sistem saraf pusat (SSP), yang memiliki efek sementara menangkal mengantuk dan mengembalikan kewaspadaan. Jika anda hendak tidur maka hindarilah konsumsi kopi atau teh, dan juga merokok. Tubuh memerlukan waktu 6 jam untuk menetralisir kandungan kafein dalam tubuh. 

3. Mengatur pernapasan
Pernapasan yang baik dan teratur akan membuat anda lebih mudah tertidur, dan anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya dengan duduk bersila, lalu atur nafas anda dengan menghirup udara sedalam-dalamnya lalu dikeluarkan lewat mulut. Nafas yang dalam dan teratur akan menambah oksigen dalam tubuh anda sehingga aliran darah lancar dan membuat anda rileks kemudian mengantuk. Anda bisa melakukannya di atas tempat tidur atau di lantai.

4. Mengatur jadwal tidur
Tidur selain menjadi kebutuhan juga menjadi kebiasaan. Artinya, jika pada jam sekian anda sudah terbiasa tidur maka akan lebih baik lagi jika pada hari selanjutnya anda tidur pada jam yang sama / hampir sama. Metode pembiasaan ini cukup efektif mengatasi insomnia, karena persepsi otak anda akan terbiasa dengan hal itu. 

5. Aktivitas santai sebelum tidur
Aktivitas santai di sini maksudnya adalah aktivitas yang tidak mengeluarkan banyak energi, misalnya membaca, mendengarkan musik / radio dengan suara lirih. Hal ini akan membuat anda lebih mudah merasa kantuk sehingga bisa segera tertidur. Ada juga kebiasaan orang yang tidak bisa tidur tanpa menonton TV, hal ini bisa anda lakukan agar tidak mengalami insomnia. Pada dasarnya aktivitas ringan ini bertujuan untuk menenangkan pikiran anda agar rileks dan tidak tegang.

6. Menenangkan pikiran
Pikiran yang tenang adalah kunci dari kualitas tidur anda. Jika sebelum tidur pikiran anda dalam keadaan tenang dan rileks maka anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas tidur yang bagus. Sebaliknya jika pikiran anda kacau sebelum tidur, maka anda akan mengalami insomnia. Lupakan sejenak masalah pekerjaan dan masalah lain sebelum tidur, agar otak kita istirahat sejenak. 

7. Tempat tidur yang nyaman
Bagaimanapun, lingkungan punya peran yang vital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam tidur anda. Kondisi dan situasi tempat tidur yang aman, damai, dan nyaman akan membuat anda merasa kantuk lebih cepat daripada tempat tidur yang kotor dan acak-acakan. Buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin untuk membantu anda tidur lebih cepat.

Manusia membutuhkan tidur sebagai sarana istirahat tubuh dan organ-organ di dalamnya sehingga kembali bugar saat anda bangun. Jadi usahakan anda memperhatikan waktu tidur anda, agar tubuh anda selalu sehat dan bisa menjalani aktivitas dengan lancar. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Mengatasi Mendengkur Saat Tidur Termudah.