Latest News

CARA MUDAH MENGOBATI SARIAWAN PALING AMPUH

Cara Mudah Mengobati Sariawan Paling Ampuh - Sariawan adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, karena saat sariawan muncul maka akan terasa perih dan sakit. Sariawan biasanya ada di bagian dalam mulut, baik di depan maupun di samping. Sariawan adalah kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut, dengan ciri-ciri bercak berwarna putih dan sakit bila disentuh. Wanita lebih berpotensi terkena sariawan daripada pria. 

Sariawan bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah kekurangan vitamin C, kekurangan zat besi, alergi, mengkonsumsi makanan dan minuman panas, mulut tidak bersih, kondisi tubuh yang kurang fit, faktor psikis, atau bisa juga terjadi karena luka tergigit. Orang yang terkena sariawan pasti kesulitan saat makan dan minum, karena jika sariawan tersebut bersentuhan dengan makanan atau gigi maka akan terasa sakit dan perih. 

Cara Mudah Mengobati Sariawan Paling Ampuh


Pun demikian, sariawan dapat diobati dan disembuhkan dengan cara-cara yang mudah dan efektif. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan :

1. Yogurt
Untuk mengobati sariawan, anda bisa mengkonsumsi yogurt yang mengandung acidhoplius hidup. Yogurt yang mengandung acidhopilus hidup akan mempercepat penyembuhan sariawan karena mampu menstabilkan bakteri dalam mulut. Mengkonsumsi yogurt juga bisa mencegah datangnya sariawan.

2. Makanan yang mengandung Vitamin B, C, dan zat besi
Salah satu penyebab sariawan adalah karena kurangnya vitamin B, C, dan zat besi. Untuk itu, konsumsilah makanan, sayuran, dan buah-buahan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut. Misalnya mangga, jeruk, tomat, bayam, atau makanan lain yang kaya akan vitamin B, C, dan zat besi.

3. Air garam
Kandungan garam dapat menyerap cairan luka pada sariawan dan mempercepat penyembuhan. Caranya sangat mudah, berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam sebanyak tiga kali sehari. Cairan luka yang diserap oleh garam akan membuat luka sariawan cepat kering dan sembuh. 

4. Baking soda
Baking soda juga bisa dijadikan obat untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya dengan mengoleskan di luka sariawan atau berkumur dengan air yang telah dicampur dengan baking soda. Baking soda dapat membasmi bakteri dalam mulut sehingga mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

5. Obat tradisional
Jika anda ingin mengobati sariawan dengan obat tradisional, maka sebaiknya gunakan jus plum, lidah buaya, peroksida hidrogen, ekstrak biji anggur, dan juga minyak pohon teh (tea tree oil). Berkumurlah dengan bahan-bahan tersebut untuk menyembuhkan sariawan lebih cepat. Atau anda juga bisa menggunakan daun kemangi sebanyak 5 lembar, dengan cara dikunyah kemudian minum air putih. Cara lainnya adalah mengoleskan bawang merah mentah, pepaya, atau kantong teh langsung ke luka sariawan. Meskipun akan terasa perih tetapi bisa mempercepat penyembuhan sariawan.

6. Air kelapa
Air kelapa bisa anda gunakan sebagai obat alternatif untuk sariawan, caranya dengan berkumur-kumur dengan air kelapa tersebut. Ingat, jangan ditelan karena air kelapa yang telah digunakan untuk berkumur tersebut mengandung bakteri dari mulut. 

7. Kunyit 
Kunyit yang telah ditumbuk halus dicampur dengan satu sdt gliserin. Campurlah keduanya sampai berbentuk pasta dan oleskan pada luka sariawan. 

Sariawan bisa diatasi dengan beberapa cara di atas tanpa harus minum obat dari dokter. Tetapi jika sariawan tersebut tidak kunjung sembuh selama 2 minggu - 1 bulan sebaiknya periksakan ke dokter, karena ada kemungkinan gejala kanker rongga mulut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Tips Merencanakan Keuangan Keluarga Yang Tepat.