Latest News

CARA TERBAIK MENINGKATKAN KONSENTRASI

Cara Terbaik Meningkatkan Konsentrasi - Konsentrasi merupakan salah satu unsur utama dalam menyelesaikan suatu masalah atau saat sedang mengerjakan sesuatu, dan bagi para pelajar konsentrasi dapat menentukan masuk tidaknya ilmu yang diajarkan. Segala sesuatu membutuhkan konsentrasi yang baik, baik saat beribadah, belajar, mengerjakan soal / ujian, bekerja, dan segala sesuatu yang melibatkan otak. Jika konsentrasi seseorang bagus, maka bisa diprediksikan hasil kerjanya juga bagus. Seorang pesulap juga membuthkan konsentrasi / fokus agar berhasil dalam memainkan sulapnya. 

Secara bahasa, konsentrasi mengandung arti pemusatan perhatian, pikiran dan jiwa dan fisik pada sebuah objek. Konsentrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “Pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal.” Menurut pengertiannya tersebut, maka konsentrasi bisa diterapkan dalam berbagai aktivitas, misalnya belajar, olahraga, bekerja, bermain, dan lain sebagainya. Tetapi apakah mudah bagi anda untuk mencapai konsentrasi tersebut? Umumnya banyak orang yang tidak bisa / tidak berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu sehingga hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.

CARA TERBAIK MENINGKATKAN KONSENTRASI


Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara agar meningkatkan konsentrasi agar semua pekerjaan dan aktivitas yang anda lakukan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi :

1. Sarapan
Apakah anda selalu sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas belajar dan bekerja? Jika iya maka tentunya anda lebih mudah berkonsentrasi daripada orang yang tidak sarapan. Orang yang sarapan pagi akan mampu memaksimalkan energi dan mampu menjaga konsentrasinya. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Somer yang merupakan ahli diet dan penulis "Food & Mood : The Complete Guide to Eating Well and Feeling Your Best." Ia mengatakan bahwa 9 dari 10 orang yang tidak sarapan akan merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi. Menu sarapan yang baik untuk meningkatkan dan menjaga konsentrasi di antaranya adalah karbohidrat (nasi dan roti) dan protein. Keduanya ampuh dalam meningkatkan dan menjaga konsentrasi anda. Jadi biasakanlah sarapan pagi sebelum memulai aktivitas anda.

2. Minum Teh dan kopi
Apakah anda gemar minum teh atau kopi di pagi hari? Bergembiralah anda karena keduanya ternyata mampu meningkatkan konsentrasi pikiran anda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Suzanne Einother, peneliti dari Lipton Institute of Tea, Unilever Research and Development Vlaardingen, Belanda, menyatakan bahwa kombinasi kafein dan L-theanine yang terkandung dalam teh mambantu memudahkan otak untuk berkonsentrasi. Sedangkan untuk kopi, kandungan kafein di dalamnya mampu menstabilkan perasaan karena kafein berperan sebagai zat psikoaktif. Hmmm, ternyata keduanya selain nikmat bermanfaat juga ya. 

3. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik ternyata mampu merangsang koneksi antarneuron, karena ada bagian syaraf yang selalu dirangsang oleh musik untuk selalu berkoneksi. Koneksi neuron inilah yang mampu meningkatkan konsentrasi anda, apalagi genre musik yang didenganrkan adalah jazz dan rock. Hal ini dikemukakan oleh Dra. Tjipto Susana, M. Si. Siswa yang mendengarkan musik jazz, akan mempunyai mood yang baik sehingga mempermudah konsentrasi saat belajar. 
Sedangkan menurut Dr. Leigh Riby dan George Caldwell, Psikolog dari Glasgow Cladenian University, bagi siswa yang mendengarkan musik rock hanya membutuhkan sedikit kerja otak dalam mengerjakan soal / tugas dengan baik. Ini menunjukkan bahwa musik rock ternyata mampu meningkatkan energi sehingga akan sedikit meringankan kerja otak. 

4. Mengunyah permen karet
Anda gemar mengunyah permen karet? Permen karet atau chewing gum ternyata dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Orang yang mengunyah permen karet, baik yang mengandung gula maupun yang tidak mempunyai tingkat konsentrasi yang tinggi. Sedangkan untuk permen karet mint, efeknya dapat menghilangkan rasa kantuk. Mengunyah permen karet terbukti berdampak positif untuk daya ingat dan daya pikir seseorang. Lalu bagaimana mungkin mangunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi? Ada dua teori yang dapat menjawab pertanyaan ini. Teori yang pertama adalah saat mengunyah maka akan meningkatkan detak jantung sehingga menyerap oksigen dan nutriea lebih banyak, kemudian dipompa ke otak. Kedua, produksi insulin akan meningkat saat mengunyah sehingga merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat. 

5. Tertawa
Tertawa itu menyehatkan, karea tertawa dapat membuat anda menjadi bahagia, senang, dan pikiran lebih tenang. Hal ini disebabkan karena tertawa dapat mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin dapat menimbulkan rasa senang dan nyaman sehingga membuat seseorang kembali berenergi dan berkonsentrasi. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Jika anda sulit berkonsentrasi maka cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan segala sesuatu yang lucu, misalnya bercanda dengan teman, bercerita lucu, menonton film komedi, atau apa pun yang tujuannya agar anda dapat tertawa lepas. 

Tidak mudah memang mencapai konsentrasi karena mungkin ada banyak hal yang sedang anda pikirkan. Tetapi anda bisa mencoba melakukan tips-tips di atas untuk meningkatkan konsentrasi anda agar segala sesuatu yang anda lakukan berakir memuaskan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik. Jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat, maka silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.