Latest News

GEJALA BATU GINJAL DAN PENYEBABNYA

Gejala Batu Ginjal Dan Penyebabnya - Pernahkah anda mendengar penyakit batu ginjal? Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh siapa pun yang kurang minum air putih, sehingga terdapat endapan berbentuk batu-batu kecil di saluran kencing. Dalam dunia medis, batu ginjal adalah suatu massa yang bertekstur keras seperti batu yang terdapat di sepanjang saluran kandung kemih (kalkulus uriner). 

Batu tersebut terbentuk dari mineral dan asam garam yang mengendap, dan bisa terbentuk di dalam ginjal maupun di dalam kandung kemih. Penderitanya akan merasakan rasa perih dan nyeri saat buang air kecil, karena terjadi pendarahan (infeksi) dan penyumbatan saluran aliran kencing. Dilihat dari kemungkinan terjangkit batu ginjal, laki-laki lebih berpotensi terkena penyakit batu ginjal daripada perempuan, yaitu 1:3. 

Gejala Batu Ginjal Dan Penyebabnya


Perbedaan antara batu ginjal dan kencing batu adalah, batu ginjal terbentuk di ginjal, sedangkan kencing batu terbentuk di kandung kemih. Gejala yang sering dialami oleh para penderita batu ginjal antara lain sebagai berikut :

  • Rasa nyeri di bawah pinggul dan menjalar ke paha
  • Perih dan nyeri saat buang air kecil
  • Mual
  • Demam (biasanya saat terjadi infeksi)
  • Muntah


Pada kesempatan ini kami juga akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis batu ginjal. Batu ginjal dapat dibedakan menjadi beberapa macam, tergantung dari bahan yang membatu tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis batu ginjal berdasarkan sumber bahan pembentukannya :

1. Batu Kalsium
Jenis batu ginjal yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah batu kalsium, dan biasanya dalam bentuk kalsium oxalate. Oxalate tersebut bisa dihasilkan oleh hati, dan ditemukan juga dalam beberapa buah-buahan dan sayuran. Meningkatnya konsentrasi kalsium oxalate dalam urin bisa juga terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D dan operasi saluran pencernaan. Batu kalsium ini juga bisa berbentuk kalsium fosfat.

2. Batu uric Acid
Batu jenis uric acid adalah salah satu jenis batu ginjal yang terjadi karena dehidrasi, sakit encok, karena faktor genetik (keturunan), kelainan jaringan penghasil darah, atau bisa juga terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein. 

3. Batu Struvite
Untuk batu ginjal jenis batu struvite ini biasanya terbentuk sebagai respon atas terjadinya infeksi pada saluran urin. Batu struvite awalnya berbentuk kecil, namun bisa berkembang menjadi besar dengan cepat.

4. Batu Cystine
Untuk batyu ginjal jenis ini terbentuk karena kelainan pada ginjal yang menghasilkan cystinuria (asam amino) secara berlebihan. Jenis batu ginjal ini disebabkan karena faktor genetik, tetapi sangat jarang terjadi.

Batu ginjal bisa disebabkan oleh komponen urine, cairan, mineral, dan asam yang tidak stabil. Pada kondisi tersebut uri yang seharusnya keluar saat buang air kecil justru mengendap / mengkristal sehingga menempel pada dinding saluran kencing. Endapan-endapa tersebut akan terakumulasi dan dari ke hari akan membentuk batu yang semakin besar. Maka tidak jarang orang yang mengalami penyakit batu ginjal parah akan melakukan operasi untuk mengambil batu tersebut. 

Untuk pencegahan yang alami, sebaiknya anda minum air putih yang cukup setiap hari. Cairan yang anda konsumsi akan sangat bermanfaat bagi tubuh anda, baik untuk kinerja organ tubuh maupun antisipasi terhadap penyakit batu ginjal. Usahakan anda minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari agar anda tetap sehat dan segar. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Gigi.