Latest News

GEJALA LEUKIMIA DAN PENYEBABNYA

Gejala Leukimia Dan Penyebabnya - Pernahkah anda mendengar penyakit kanker darah? Kanker darah dalam dunia medis disebut juga dengan leukimia. Leukimia adalah salah satu penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Leukimia berasal dari bahasa Yunani, leukos yang berarti putih, dan aima yang berarti darah, jadi leukimia berarti darah putih. Leukimia adalah keganasan yang berasal dari perubahan genetik pada satu atau banyak sel di sumsum tulang. Pertumbuhan dari sel yang normal akan tertekan pada waktu sel darah putih bertambah banyak sehingga akan menimbulkan gejala klinis. Jadi penderita leukimia memiliki sel darah putih yang banyak sehingga mengganggu proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Penyakit leukimia dibedakan menjadi dua macam, yaitu leukimia akut dan leukimia kronis. Leukimia akut adalah perjalanan penyakit yang berlangsung sangat cepat dan sangat berbahaya, karena penderitanya hanya memiliki kesempatan hidup dalam hitungan hari saja. Namun jika segera diobati maka akan memperlama waktu hidup penderita. Sedangkan leukimia kronis adalah perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat, sehingga penderita memiliki kesempatan hidup lebih lama, yaitu 1-5 tahun. 

GEJALA LEUKIMIA DAN PENYEBABNYA


Leukimia bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya faktor keturunan (genetik), radiasi zat-zat kimia seperti radio aktif dan zat kima berbahaya, dan juga karena virus. Penderita leukimia hendaknya segera memeriksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan dan terapi secara intens. Tetapi bagaimana ciri dan gejala leukimia? Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai hal tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri dan gejala penyakit leukimia :

1. Pembengkakan kelenjar getah bening
Pembengkakan nodus-nodus getah bening atau disebut juga dengan kenejar limfa sebenarnya bukan hanya terjadi karena leukimia, bisa saja terjadi karena peradangan atau infeksi. Tetapi penderita leukimia biasanya mengalami pembengkakan kelenjar limfa di bagian-bagian tertentu, seperti ketiak dan leher depan dekat jakun. Agar lebih jelas dan pasti, sebaiknya anda periksa ke dokter agar mendapatkan analisa pasti.

2. Sering sakit kepala dan tiba-tiba
Sakit kepala dengan frekuensi tinggi dan tiba-tiba adalah salah satu gejala umum penyakit leukimia? Kenapa penderita leukimia sering sakit kepala? Karena produksi sel darah putih yang meningkat drastis besar kemungkinan menyerang saraf pusat / kepala. Jika anda sering mengalami sakit kepala yang sering dan tiba-tiba, sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Lesu dan lelah berkepanjangan
Leukimia ditandai dengan jumlah sel darah putih yang berlebihan, dan ini bisa menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan. Mengapa? Karena sel darah putih yang berlebihan dapat menyerap energi tubuh kita, sehingga kita menjadi cepat lesu dan lelah berkepanjangan. 

4. Sering infeksi
Penderita leukimia mempunyai sel darah putih yang berlebihan, sehingga tidak berfungsi secara normal. Hal inilah yang mengakibatkan seringnya terjadi infeksi, misalnya infeksi paru-paru, infeksi tenggorokan, infeksi amandel, dan lain sebagainya. Infeksi pada penderita leukimia biasanyan sulit disembuhkan. Secara umum memang gejala leukimia mirip dengan demam dan typus, tetapi intensitasnya jauh lebih tinggi. 

5. Penurunan berat badan secara drastis
Gejala leukimia lain adalah berat badan yang menurun, meskipun kita makan seperti biasanya. Berat badan yang turun secara drastis ini disebabkan karena kalori yang masuk ke dalam tubuh diserap oleh sel darah putih yang menumpuk pada penderita leukimia. 

6. Pucat pasi
Umumnya, jika sel darah putih lebih banyak daripada sel darah merah maka kita akan menjadi pucat pasi. Hal ini disebabkan karena sel darah merah semakin sedikit karena tergusur oleh jumlah sel darah putih yang terlalu banyak tersebut sehingga kita kekurangan sel darah merah. Gejala ini seperti gejala penyakit typus, namun anda sebaiknya periksa ke dokter untuk diagnosa yang lebih pasti. 

7. Pendarahan dan lebam-lebam
Gejala umum leukimia bisa juga ditandai dengan pendarahan dan lebam-lebam pada tubuh. Pendarahan pada penderita leukimia terjadi secara intens dan sulit berhenti misalnya mimisan, serta pada beberapa bagian tubuh ada lebam-lebam berwarna keungu-unguan. Pembengkakan juga bisa terjadi pada penderita leukimia, misalnya pembengkakan di mulut. Biasanya juga ditemukan bintik-bintik merah di bawah lapisan kulit karena dampak dari pembengkakan hati dan limfa.

Secara umum, leukimia memiliki gejala yang hampir sama dengan saat anda demam atau typus. Saat kita demam, maka kita akan merasakan nyeri pada sendi-sendi, sakit kepala, diare, menggigil, berkeringat di malam hari, dan gejala demam lain. Tetapi jika gejala-gejala tersebut tidak kunjung sembuh maka sebaiknya anda memeriksakan ke dokter, karena mungkin saja gejala-gejala tersebut akibat dari penyakit tertentu. Dokter adalah tenaga medis yang lebih tahu secara pasti tentang sebuah penyakit, jadi jangan segan periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala di atas. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut : Gejala Penyakit Maag Dan Penyebabnya.