Latest News

GEJALA PENYAKIT MAAG DAN PENYEBABNYA

Gejala Penyakit Maag Dan Penyebabnya - Apakah anda pernah mengalami sakit maag? Tentu rasanya sakit bukan? Maag atau sering disebut dengan tukak lambung adalah sebuah penyakit yang terjadi karena luka atau peradangan lambung, dan mengakibatkan rasa sakit, perih, mual, dan mulas. Maag bisa terjadi pada siapa saja, karena maag adalah serangan terhadap lambung yang mana kadar asam lambung meningkat.

Asam lambung akan meningkat karena beberapa faktor, di antaranya adalah telat makan, pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang menaikkan asam lambung secara berlebihan (makanan pedas, makanan asam) atau juga bisa karena faktor stress. Saat asam lambung meningkat maka penderita akan merasakan nyeri pada ulu hati. Di antara beberapa faktor penyebab maag tersebut, yang harus anda beri perhatian adalah dalam pola makan dan makanan yang anda konsumsi. 

GEJALA PENYAKIT MAAG DAN PENYEBABNYA


Pada dasarnya, maag dibedakan menjadi dua macam yaitu maag akut dan maag kronis. Maag akut adalah suatu reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing. Reaksi itulah yang disebut inflamasi. Pada saat inflamasi ini biasanya ditandai dengan rasa panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh akut pada lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Maag akut ini bisa terjadi kapan saja tanpa diketahui penyebabnya. Sedangkan Maag kronis adalah suatu reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing. Taand-tandanya adalah rasa panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Sedangkan maag menurut tingkat keparahannya / stadiumnya, dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya maag ringan, maag sedang, maag kronis, dan kanker lambung yang diakibatkan oleh bakteri helicobacter pylori, yaitu bakteri yang hidup di bawah lapisan selaput lendir di dinding bagian dalam lambung. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada dinding lambung yang disebut dengan gastritis. 

Gejala maag ditandai dengan beberapa ciri, di antaranya mual dan muntah, sakit saat buang air besar, perut kembung, sering merasa lapar, nyeri yang terasa perih pada perut dan dada, dan sering bersendawa. Adapun penyebab sakit maag adalah sebagai berikut : 

  1. Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu.
  2. Tingkat stress yang tinggi.
  3. Pola makan yang tidak teratur, seperti telat makan dan makan dengan porsi berlebihan.
  4. Konsumsi makanan pedas dan asam berlebihan.
  5. Konsumsi alkohol.
  6. Merokok aktif tanpa disertai asupan makanan bergizi.
  7. Adanya bakteri helicobacter pylori. 


Maag bisa anda hindari dengan tidak melakukan beberapa penyebab maag di atas, dan melakukan pola hidup sehat. Sayangi tubuh anda dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.