Latest News

KANDUNGAN GIZI DALAM BUAH PISANG TERLENGKAP

Kandungan Gizi Dalam Buah Pisang Terlengkap - Buah pisang merupakan salah satu buah yang diminati oleh semua orang, karena selain rasanya yang manis pisang juga mempunyai berbagai kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Buah pisang tergolong buah yang murah dan mudah didapatkan, sehingga mayoritas warga indonesia khususnya mengkonsumsi pisang setiap hari. Buah yang berwarna kuning saat masak ini sudah seperti makanan pokok bagi semua orang, cara menanamnya pun sangat mudah. 

Pisang (Musa paradisiaca) atau banana adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Pisang mengandung kalium dan karbohidrat sehingga sangat cocok bila dikonsumsi setiap hari.

Kandungan gizi dalam buah pisang terlengkap


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan, tetapi sebelumnya kami akan menjelaskan tentang apa saja kandungan dalam buah pisang. Berikut ini adalah beberapa kandungan buah pisang :

  • Air (68%)
  • Gula (25%)
  • Protein (2%)
  • Lemak dan minyak (1%)
  • Serat selulosa (1%) 
  • Vitamin A (300 IU per seratus gram)
  • Vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram)
  • Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Kandungan vitamin dalam buah pisang yang sangat beragam tersebut membuat buah pisang menjadi primadona buah bagi sebagian besar orang karena harganya pun juga murah. Buah pisang boleh dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan lanjut usia. Kalium dalam buah pisang ambon memiliki banyak manfaat, misalnya mencegah penurunan darah, mencegah stroke, mencegah kram, menjaga fungsi otak, sebagai elektrolit, dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang sedang hamil, mengkonsumsi buah pisang juga cukup baik dan dianjurkan, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. Dalam satu buah pisang yang sudah matang mengandung sekitar 85-100 kalori, jadi dengan memakan dua pisang segar saja, kebutuhan asam folat bagi tubuh anda akan terpenuhi karena hanya 58 mikrogram setiap hari. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Nah sudah jelas apa saja kandungan dalam buah pisang? Makan buah pisang mempunyai beragam manfaat dan khasiat, untuk itu jangan sampai anda melewatkan dan mengesampingkan makan pisang. Kesehatan anda adalah tanggung jawab anda, jika anda bertanggung jawab menjaga kesehatan maka andalah yang akan mendapatkan manfaatnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.