Latest News

KANKER PARU-PARU DAN PENCEGAHANNYA

Kanker Paru-Paru Dan Pencegahannya - Pernahkah anda mendengar kanker paru-paru? Kanker paru-paru merupakan penyakit yang bisa membunuh seseorang karena organ pernapasan manusia akan rusak sehingga tidak bisa bernapas. Kanker paru-paru dalam dunia medis disebabkan oleh serangan sel kanker yang tak terkendali dalam jaringan paru-paru, dan 90% kanker paru-paru berawal dari bronkus. Setiap orang berisiko terkena kanker paru-paru, tetapi prosentasenya lebih tinggi bagi perokok aktif, perokok pasif, dan karena polusi limbah pabrik terutama limbah tekstil. 

Perokok aktif maupun aktif mempunyai kemungkinan besar terkena serangan kanker paru-paru, maka sebaiknya anda menghindari asap rokok dan berhenti merokok secepat mungkin. Karena semakin banyak rokok yang dihisap, maka semakin besar pula risiko terkena kanker paru-paru. Kesimpulannya adalah, jika anda sadar akan kesehatan dan sayang dengan diri anda dan orang di sekeliling anda, cobalah untuk berhenti merokok. 

Kanker Paru-Paru Dan Pencegahannya


Kanker paru-paru bisa diawali dengan beberapa gejala yang kasat mata, dan pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai gejala kanker paru-paru. Berikut ini adalah gejala kanker paru-paru :

  • Batuk yang berlangsung lama dan terus-menerus.
  • Mengeluarkan dahak dan kadang berupa darah.
  • Nyeri dada,baik saat batuk maupun tertawa.
  • Sesak napas dan napas pendek.
  • Mudah lelah.
  • Terjadi pembengkakan pada leher dan wajah.
  • Suara parau / serak
  • Sakit kepala dan nyeri pada tulang.
  • Demam
  • Biasanya ujung jari akan membesar dan sakit biladisentuh
  • Sering mengalami infeksi pernapasan, baik radang paru-paru maupun bronkitis.
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun secara drastis.


Selain akibat asap rokok, kanker paru-paru juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, di antaranya sebagai berikut :

  • Faktor genetika (faktor keturunan).
  • Penyakit paru-paru, misalnya chronic obstructive pulmonary disease.
  • Terjangkit partikel abses dan bahan-bahan kimia berbahaya lain.
  • Konsumsi alkohol berlebihan dan kontinyu.
  • Menghirup gas radon berkadar tinggi. Radon adalah gas yang bersumber dari radium, dan biasanya digunakan di rumah sakit sebagai terapi.


Nah, setelah anda mengetahui gejala dan penyebab kanker paru-paru, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pencegahan. Untuk mencegah kanker paru-paru anda bisa melakukan hal-hal sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker paru-paru :

1. Konsumsi buah-buahan dan sayuran
Dalam mengkonsumsi makanan, sebaiknya anda selalu menyertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu anda sehari-hari. Karena buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker. Apel, tomat, anngur, brokoli, bayam, wortel, adalah beberapa buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Berhenti merokok dan menghindari asap rokok
Dua hal ini sebaiknya anda lakukan untuk mencegah kanker paru-paru, karena asap rokok merupakan donatur terbesar sebagai penyebab kanker paru-paru. Hilangkanlah kebiasaan merokok dengan cara apa pun, karena merokok tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung, gangguan kehamilan, impotensi, dan lain-lain. 
Dan bagi anda yang tidak merokok tapi menghirup asap rokok, maka sebisa mungkin untuk menghindari lingkungan yang banyak perokok. Karena perokok pasif juga mempunyai risiko besar terkena kanker paru-paru dan penyakit yang sama bagi para perokok aktif. Anda bisa menggunakan masker jika sedang bepergian, atau memilih tempat yang steril dari polusi asap rokok dan bahan kimia lain. 

3. Hindari konsumsi alkohol
Alkohol bisa jadi sangat berbahaya bagi organ-organ tubuh manusia, karena alkohol akan merusak organ-organ vital manusia, misalnya ginjal, paru-paru, hati, lambung dan lain-lain. Jauhkan diri anda dari mengkonsumsi alkohol agar tubuh tetap sehat.

4. Berolahraga
Olahraga adalah bagian penting dalam mencapai hidup sehat, termasuk dalam rangka menghindari kanker paru-paru. Olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan keringat, dan bersama keringat tersebut toksin-toksin dalam tubuh akan ikut keluar. Olahraga baik untuk tubuh, dan bisa mencegah kanker paru-paru.

5. Menjaga kebersihan udara
Udara yang kita hirup akan masuk dalam paru-paru, dan jika udara tersebut telah terkontaminasi zat-zat berbahaya maka otomatis juga membahayakan paru-paru anda. Jagalah kebersihan udara di rumah atau lingkungan sekeliling anda dari asap rokok, zat kimia, radioaktif, dan unsur berbahaya lainnya. 

Sayangilah paru-paru anda dengan menjaganya dari penyakit, dan itu bisa diawali dengan langkah-langkah sederhana tersebut di atas. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Mengatasi Keanduan Game Online Pada Anak.