Latest News

MAKANAN PENCEGAH KANTUK PALING AMPUH

Makanan Pencegah Kantuk Paling Ampuh - Apakah anda sering mengantuk di saat bekerja atau belajar? Mengantuk merupakan hal yang manusiawi bagi manusia karena manusia membutuhkan tidur agar otak kembali segar. Tetapi apa jadinya jika anda selalu mengantuk di saat mengerjakan sesuatu? Tentu ini bukan hal yang biasa dan tidak menyenangkan. Rasa kantuk yang datang saat anda bekerja tentu akan mengurangi produktivitas dan kualitas pekerjaan anda, bahkan bisa menyebabkan anda ditegur oleh atasan anda. Bagi para pelajar tentu akan mengurangi konsentrasi sehingga pelajaran yang diajarkan tidak dipahami dengan baik.

Idealnya, tidur dilakukan pada malam hari di saat waktu istirahat sehingga tidak mengganggu pekerjaan atau kesibukan anda. Namun jika anda sering merasakan kantuk di siang hari pada saat jam kerja, ada beberapa faktor penyebab kantuk tersebut. Bisa jadi kantuk tersebut timbul akibat anda kurang tidur di malam hari, atau anda sedang stres, kurang zat besi atau terlalu banyak makan. Memang ketiga faktor tersebut bisa menyebabkan anda merasa ngantuk di siang hari, dan anda harus mencegahnya.

MAKANAN PENCEGAH KANTUK PALING AMPUH

Untuk mencegah kantuk anda pada saat bekerja atau siang hari, kami akan berbagi tips mengenai makanan pencegah kantuk paling ampuh. Berikut ini adalah makanan pencegah kantuk yang paling ampuh :

1. Kacang dan biji-bijian
Untuk pilihan pertama anda bisa mengkonsumisi kacang dan biji-bijian, misalnya kenari, almond, kismis. Kacang yang mengandung lemak omega 3 dapat mencegah depresi dan rasa kantuk.  Lemak tak jenuh yang dibakar dengan cepat melepaskan energi dalam tubuh anda, dan gula alami dalam kacang juga akan membantu anda untuk tetap bersemangat dalam beraktivitas. Dengan begitu pekerjaan anda akan lancar dan memuaskan.

2. Yogurt
Yogurt adalah susu yang difermentasi, yang selain baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh anda, yogurt juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kantuk. Yogurt mengandung probiotik bakteri yang bermanfaat bagi sistem pencernaan anda. Kandungan gula alami dan protein dalam yogurt membuat kondisi tubuh menjadi fit dan bugar. Dengan mengkonsumsi yogurt maka anda akan terbebas dari kelelahan dan kantuk.Sebaiknya anda mengkonsumsi yogurt yang dingin agar semakin cepat menghilangkan kantuk anda.

3. Bayam
Jika anda mengantuk pada siang hari bisa jadi anda kekurangan zat besi, karena kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan membuat anda lemas, ngantuk, dan tidak bersemangat bekerja. Cobalah untuk makan bayam, atau sayuran yang mengandung zat besi karena zat besi dapat meningkatkan sirkulasi, yang akan memberikan suntikan oksigen ke otak dan mengalir ke seluruh tubuh yang memberikan energi tambahan.

4. Oatmeal
Oatmeal bisa anda konsumsi di siang hari saat bekerja agar anda terhindar dari rasa kantuk, karena oatmeal mengandung magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Diet tinggi serat ini juga membuat anda kenyang lebih lama karena terdapat kombinasi serat dan karbohidrat di dalamnya. Oatmeal juga bisa menurunkan berat badan, mencegah kelesuan, dan lemas, sekaligus mengandung vitamin B yang baik untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk.

5. Vitamin C
Vitamin C dapat mengurangi hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang menyebabkan stres dan penurunan energi dalam tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsi jeruk dan parika, karena keduanya mengandung vitamin C yang cukup banyak sehingga membantu anda terjaga dari rasa kantuk dan lelah.

Saat sedang bekerja dan beraktivitas, hindarilah rasa kantuk dengan mengkonsumsi beberapa makanan di atas. Rasa kantuk akan berdampak buruk bagi kualitas pekerjaan anda, karena akan mengurangi konsentrasi dan memperlambat kerja anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.