Latest News

MAKANAN TERBAIK UNTUK KESEHATAN GIGI

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Gigi - Gigi adalah salah satu bagian di dalam mulut, bertekstur keras dan berfungsi untuk mengunyah dan merobek makananan. Gigi adalah salah satu bagian penting dalam tubuh manusia, karena tanpa gigi kita akan kesulitan dalam mengunyak makanan dan juga akan mengurangi kepercayaan diri anda. Gigi terbagi atas beberapa bagian dan setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Adapun gigi manusia terdiri atas beberapa bagian, di antaranya akar gigi atau radiks, rongga gigi (pulpa), leher gigi atau kolum, tulang gigi (dentin), lapisan email, dan semen gigi. Sedangkan macam-macam gigi antara lain sebagai berikut :
  • Gigi geraham : Yaitu gigi yang memiliki 3 akar, fungsinya adalah untuk mengunyah dan melumat makanan.
  • Gigi geraham kecil : Yaitu gigi yang memiliki 2 akar, fungsinya adalah untuk mengunyah dan menggilas makanan.
  • Gigi Taring : Yaitu gigi yang memiliki 1 akar,fungsinya untuk mengoyak makanan.
  • Gigi Seri : Yaitu gigi yang memiliki 1 akar, fungsinya untuk mengerat dan memotong makanan. 

Gigi membutuhkan nutrisi tersendiri yang harus anda cukupi, agar gigi anda kuat dan bersih. Jika gigi tidak dirawat dan diberi nutrisi, maka gigi akan mejadi rusak dan keropos. Selain menggosok gigi dan flossing, perawatan gigi juga ditentukan oleh asupan makan yang kita konsumsi. 

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Gigi


Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang makanan yang menyehatkan gigi. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi anda :

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anda, karena dalam kacang-kacangan mengandung banyak protein, kalsium, vitamin, dan juga mineral. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk kesehatan gigi anda, jadi jangan takut makan kacang-kacangan. Anda bisa makan kacang almond, kacang tanah, kedelai, dan lain sebagainya.

2. Makanan hewani
Makanan yang bersumber dari hewan baik untuk kesehatan gigi anda, misalnya ikan, daging sapi, dan telur. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin D,kalsium, dan fosfor yang merupakan nutrisi terbaik untuk gigi anda. 

3. Buah-buahan dan sayuran
Dalam dunia kesehatan, konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan karena baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda secara umu, termasuk untuk menjaga kesehatan gigi anda. Buah-buahan mengandung antioksidan, serat, vitamin C, yang baik untuk kesehatan gigi anda. Selain itu, buah-buahan juga berfungsi menetralisir asam dan enzim, serta memperbanyak produksi air liur dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. Misalnya buah apel, pir, wortel, seledri, bayam, dan lain-lain.

4. Green tea / Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan polyphenols yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang, pendarahan gusi, dan juga mencegah munculnya plak gigi. Anda bisa minum teh hijau setiap pagi, selain meningkatkan kekebalan tubuh, gigi anda juga akan tetap sehat dan kuat.

5. Produk dari susu
Susu mengandung kalsium dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi, dan juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga mencegah terjadinya erosi pada gigi. Anda bisa minum susu murni (tanpa gula) atau susu yang difermentasi (yogurt) setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi anda.

6. Permen karet tanpa pemanis
Tahukah anda apa manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan gigi? Mengunyah permen karet tanpa gula / pemanis dapat menjaga kesehatan gigi, dan juga mencegah kerusakan gigi. Selain itu, mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. 

7. Air putih
Air putih atau air mineral wajib anda minum setiap hari, karena baik untuk kesehatan tubuh anda dan gigi anda. Air putih dapat membersihkan rongga mulut dan mendukung ludah untuk bekerja mendepositkan mineral penting ke dalam pori gigi.  Air juga membuat gusi menjadi lentur dan membantu membersihkan sisa makanan dari sela gigi yang dapat mengakibatkan inflamasi dan bau napas kurang sedap.

Gigi yang sehat dan kuat adalah idaman semua orang, untuk itu jagalah kesehatan gigi anda dengan cara membersihkannya dengan gosok gigi dan flossing serta mengkonsumsi makanan yang sehat untuk gigi anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Olahraga Yang Paling Cocok Untuk Ibu Hamil.