Latest News

MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT CUACA PANAS

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Cuaca Panas - Cuaca yang terik dan panas adalah saat dimana suhu cukup panas dan sinar matahri bergitu terik. Di saat inilah biasanya kita mengalami dehidrasi karena mengeluarkan keringat yang cukup banyak akibat suhu badan yang ikut panas pula. Musim panas atau sering juga disebut musim kemarau merupakan siklus musim yang juga terjadi di indonesia, bahkan saat ini cuaca semakin panas saja akibat dari global warming (pemanasan global). Inilah yang membuat cuaca begitu panas dan membuat kita mudah jatuh sakit. 

Untuk wilayah utara bumi, musim panas umumnya terjadi pada tanggal 21 Juni - 23 September, sedangkan untuk bumi bagian selatan musim panas terjadi pada tanggal 21 Desember - 21 Maret. Namun akhir-akhir ini bumi seakan kehilangan keseimbangannya sehingga membuat cuaca tidak menentu dan sulit diprediksi. Sadar tidak sadar, bumi ini kehilangan keseimbangannya akibat ulah manusia juga yang gemar melakukan pembalakan liar dan eksploitasi berlebihan.

MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT CUACA PANAS


Nah, pada saat cuaca panas tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit seiring dengan menurunnya kondisi tubuh akibat dehidrasi atau kepanasan. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa makanan yang baik dikonsumsi pada saat cuaca panas. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat cuaca panas :

1. Buah Mangga
Buah mangga adalah buah yang mengandung banyak vitamin C, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Buah mangga juga mengandung antioksidan yang mencegah radikal bebas penyebab kanker. Saat cuaca panas, buah mangga adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi karena buah mangga dapat mencegah kelelahan, dan juga mampu menangkal heat stroke. Heat stroke adalah kondisi mengancam jiwa dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40°C atau lebih. Heat stroke dapat disebabkan karena kenaikan suhu lingkungan, atau aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Buah ini mudah didapatkan dan murah, anda bisa membelinya di toko buah terdekat.

2. Yogurt
Yogurt adalah susu yang difermentasi bakteri, tetapi yogurtbaik dikonsumsi oleh manusia karena fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik. Yogurt sangat baik dikonsumsi pada saat cuaca panas, karena yogurt mengandung kalsium dan nutrisi yang beragam yang bisa mengatasi alergi dan pembengkakan yang biasa anda alami saat musim panas. Untuk rasanya, sesuai dengan selera anda masing-masing. Anda bisa mencampurkan irisan berbagai buah segar ke dalam yogurt tawar dan dingin, dan rasakan kesegarannya.

3. Jagung
Jagung selain mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, juga sangat baik dikonsumsi saat cuaca panas karena jagung mengandung asam pantotenat yang tidak lain adalah sumber vitamin B. Pada saat cuaca panas, konsumsi jagung dapat menurunkan kolesterol dan menghilangkan stres anda. Untuk penyajiannya jagung ini baik disajikan dengan cara direbus atau dipanggang, sesuai dengan selera anda.

4. Buah Aprikot
Jenis buah yang satu ini mungkin jarang anda temukan, karena memang keberadaannya tidak sebanyak buah-buah lain. Namun tahukah anda bahwa aprikot ini mengandung carotenoids. Carotenoids adalajh sejenis aontioksidan yang berfungsi untuk mencegah serangan jantung, mengurangi kadar kolesterol, serta menjaga tubuh dari serangan kanker. Pada saat cuaca panas, risiko timbulnya jerawat sangat besar sehingga buah ini cocok anda konsumsi saat cuaca panas.

5. Kapulaga
Kapulaga adalah salah satu jenis buah yang masuk dalam suku jahe-jahean dan biasa digunakan sebagai bumbu rempah-rempah. Pada saat cuaca panas, minum teh kapulaga dapat mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh anda, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit. Silakan mencoba minum teh kapulaga agar tubuh sehat dan antipenyakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Paling Ampuh.