Latest News

MANFAAT BAYAM BAGI KESEHATAN TUBUH TERLENGKAP

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap - Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang paling disukai dan diminati oleh banyak orang, karena selain segar bayam juga mengandung berbagai kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayuran yang berasal dari amerika tropik ini dikenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung zat besi, dan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Bayam mempunyai warna dasar hijau, dan dibedakan menjadi dua macam yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebih besar dan lebar serta mampu tumbuh mencapai 2 meter, daun muda bayam petik inilah yang sering digunakan sebagai lalapan. Sedangkan bayam cabut berukuran lebih kecil baik batang maupun daunnya, dan biasa ditanam selama 25 hari untuk bisa dikonsumsi. Bayam cabut ini sering digunakan sebagai bahan dasar sayur bayam atau sayur bobor. 

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap


Sayur bayam mengandung banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh, di antaranya energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, fosfor, dan air. Dengan kandungan nutrisi tersebut maka wajar jika bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang manfaatbayam bagi kesehatan tubuh. 

Berikut adalah beberapa manfaat bayam bagi tubuh :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Hipertensi atau darah tinggi disebabkan karena tekanan darah yang kuat di arteri sehingga mengharuskan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Nah bagi anda penderita hipertensi ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai salah satu solusi terbaik, karena bayam mengandung kalium dan rendah sodium. Folat dalam bayam membantu anda menurunkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga bayam dapat membantu melancarkan aliran darah ke tubuh anda. Bayam juga banyak mengandung lutein yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko hipertensi.

2. Menjaga kesehatan mata
Mata yang sehat membutuhkan vitamin A yang cukup, dan bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin A cukup banyak selain wortel. Penglihatan anda akan terjaga dengan baik jika rutin mengkonsumsi bayam, karena bayam juga mengandung lutein dan karotenoid yang ampuh melindungi kesehatan mata dari penyakit seperti katarak. 

3. Mencegah penyakit kanker
Kanker bisa terjadi pada siapa saja karena kanker dimulai dari radikal bebas dalam tubuh. Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa mencegah penyakit kanker karena vitamin A dan C ,serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam berfungsi memerangi sel kanker. Bayam mampu menangkal serangan kanker, khususnya kanker rahim, kanker kulit, kanker perut, kanker prostat, dan kanker payudara. Jadi selalu sertakan bayam dalam menu makanan anda sehari-hari.

4. Mencegah penyakit diabetes
Diabetes atau kencing manis adalah salah satu penyakit mematikan yang disebabkan karena kelainan metabolik. Bayam adalah sayuran yang baik dikonsumsi penderita diabetes, karena bayam mengandung magnesium yang mampu membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh dan mencegahnya dari fluktuasi drastis. Magnesium dalam bayam juga mampu mencegah komplikasi setelah terkena diabetes. Bayam baik dikonsumsi oleh siapa pun. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh / imun
Sistem kekebalan tubuh manusia adalah sistem pertahanan dari dalam tubuh manusia untuk melindungi tubuh dari berbagai virus, bakteri, parasit atau serangan organisme lain. Kenapa bayam bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Karena bayam mengandung vitamin A, C, E, D, dan B yang berfungsi menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memberitahu tubuh jika ada ancaman infeksi dan cepat bereaksi terhadap infeksi.

6. Mencegah anemia
Anemia adalah kekurangan darah merah yang disebabkan karena jumlah hemoglobin (hb) dalam darah merah menurun atau berada di bawah normal. Hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bayam dapat membantu anda terhindar dari anemia karena bayam mengandung zat besi. Zat besi membantu meregenerasi sel darah merah, sehingga oksigen akan beredar lancar ke seluruh tubuh. 

7. Mencegah pendarahan dan osteoporosis
Bayam sangat baik untuk mencegah terjadinya pendarahan dan osteoporosis karena bayam mengandung vitamin K yang berfungsi membekukan darah, sehingga terhindar dari pendarahan. Bayam juga menguatkan tulang anda karena mengandung fosfor, tembaga, zinc, dan magnesium yang membantu mempertahankan kalsium tulang anda. Jika kalsium dalam tulang anda cukup maka anda akan terbebas dari penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium).

Kandungan gizi dan manfaat bayam tersebut di atas seharusnya menyadarkan anda bahwa bayam adalah sayuran wajib bagi anda. Bayam selain mudah didapatkan juga sangat terjangkau harganya, karena itu hendaknya anda selalu mengkonsumsi bayam secara rutin agar kesehatan anda terjaga. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.